3 Hal Salah dan Benar Dalam Membayar Setiap Tagihan Kartu Kredit

Meskipun sudah lama dalam menggunakan kartu kredit, namun belum tentu langkah yang kamu lakukan saat membayar tagihan sudah tepat. Akibatnya menjadi tidak sepele.

Utang kamu dapat menumpuk karena bunga yang semakin membengkak. Nah agar tidak keliru saat membayar semua tagihan kartu kredit, ada kalanya kamu wajib mengetahui tiga hal yang salah dan yang benar dalam membayar setiap Tagihan kartu kredit. Berikut ini ulasannya :

3 hal Salah

Bayar tagihan dengan utang kantor. Maksudnya adalah meskipun beberapa kantor memberikan fasilitas berupa soft loan pada setiap karyawannya, jangan pernah ambil risiko membayar tagihan kartu kredit dengan cara seperti ini. Menutup utang lama dengan utang baru adalah hal yang salah dan sangat buruk.

Belum lagi jika pihak kantor mengetahui alasan pinjaman agar melunasi tagihan kartu kredit. Sebagai karyawan kamu dapat kehilangan sebuah kepercayaan dari atasan karena kamu tidak dapat mengelola keuangan kamu dengan baik.

Bayar tagihan dengan tabungan pensiun. Meskipun sumbernya bukanlah dari utang, kamu akan berisiko mengorbankan masa pensiun anda yang tenang dan makmur.

Ingatlah, ketika kamu tua nanti, kamu tidak akan lagi seproduktif saat ini. Kesempatan untuk mendapatkan pendapatan tetap juga akan semakin kecil. Jangan sampai kesalahan yang dilakukan saat ini akan membuat anak dan cucu jadi kerepotan dalam mengurus kamu di hari tua nanti.

Selalu bayar minimum. Bank penerbit kartu kredit biasanya selalu menyediakan fasilitas untuk pembayaran minimum supaya nasabah tidak terkena denda keterlambatan. Besarnya nilai yang harus dibayar biasanya kisaran di level 10% dari setiap total tagihan sebelum jatuh tempo.

Meskipun sudah ada peraturan yang melarang bank untuk mengenakan penghitungan bunga berbunga, fasilitas ini bisa membuat kamu akan terlena. Akibatnya, tagihan kartu kredit kamu semakin lama semakin membengkak.

Mengungkap Cara Kerja Kartu Kredit Yang Begitu Komplek

3 hal benar

Selalu lunasi setiap tagihan kartu kredit. Cara yang paling benar dalam membayar setiap tagihan kartu kredit adalah selalu melunasi jumlah utang. Dengan cara seperti ini kamu dapat terhindar dari biaya keterlambatan dan bunga-bunga yang menjerat. Jika diperlukan, juallah aset yang ada saat ini supaya dapat melunasi tagihan. Hidup akan terasa lebih indah jika kamu tidak mempunyai utang.

Utamakan bayar tagihan dengan bunga yang paling besar. Jika kamu mempunyai lebih dari satu kartu kredit, sedangkan dana yang kamu punya saat ini untuk membayar utang terbatasi, sebaiknya buatlah skala prioritas.

Bayar tagihan kartu kredit dengan bunga yang paling besar. Hal ini dapat menghindarkan kamu dari hidup miskin karena utang yang semakin besar. Setelah tagihan dengan bunga paling besar beres, kamu bisa fokus untuk melunasi tagihan kartu kredit selanjutnya.

Carilah pemasukan tambahan. Bila utang kartu kredit lebih besar dibandingkan dengan penghasilan sekarang, solusi satu satunya adalah mencari sumber pemasukan tambahan.

Carilah pekerjaan sampingan yang dapat menghasilkan uang. Contohnya seperti freelance, web designer, broker kendaraan atau broker properti.

Pengertian Kartu Kredit, Kegunaan, Ciri-ciri dan Jenis-Jenis Kartu Kredit

One thought on “3 Hal Salah dan Benar Dalam Membayar Setiap Tagihan Kartu Kredit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *