5 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Pasangan Yang Baru Menikah

5 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Pasangan Yang Baru Menikah

 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga – Sudah tidak dapat dipungkiri bahwa uang telah menjadi kebutuhan dasar bagi setiap orang yang hidup di dunia ini. Uang bukan lagi hanya sekedar untuk membeli kebutuhan sehari-hari saja.  Terlebih bagi pasangan yang berumah tangga, uang merupakan factor penting yang sangat berpegaruh terhadap kelangsungan keluaga. Bahkan, uang juga dapat menjadi factor kebahagiaan dan kelanggengan suatu kehidupan pasangan suami istri dalam mengarugi bahtera kehidupan rumah tangga bersama-sama.

Namun demikian, uang juga kerap kali menjadi sumber masalah dalam pernikahan atau dalam keluarga. Banyak penelitian membuktikan bahwa masalah moneter adalah salah satu penyebab paling umum dari konflik perkawinan dan perceraian. Banyak pasangan yang bercerai karena perselisihan dalam anggaran keuangan mereka.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa penganggaran atau pengelolaan keuangan bukanlah tugas yang mudah. Sebagian besar istri yang menjalankan peran sebagai manager keuangan rumah tangga sering kali disalahkan ketika sang suami merasa aneh setelah mengetahui bahwa mereka kekurangan uang atau utang mereka terakumulasi dari waktu ke waktu.

tips mengatur keuangan rumah tangga

Konflik juga terjadi ketika dua individu dalam pernikahan memiliki pandangan yang berbeda tentang penanganan keuangan. Ini bisa dimengerti karena mereka tidak berasal dari latar belakang keluarga yang sama. Setiap individu dibesarkan secara berbeda termasuk dalam aspek pengelolaan keuangan.

Terutama, pasangan yang baru menikah umumnya merasa sedikit kewalahan pada masa awal mengelola keuangan mereka sebagai suami istri. Untuk pasangan yang baru menikah, menggabungkan cara pengelolaan finansial mereka tentu saja tidak mudah karena setiap individu tentu saja memiliki metode masing-masing. Karenanya, banyak pasangan baru menikah yang sering kali bertengkar karena masalah keuangan dan berujung pada perceraian.

Oleh sebab itu, beberapa dari mereka mungkin menjadi takut tidak akan bisa mengatur keuangan rumah tangga dengan benar. Sebagian mungkin juga sedikit bingung bagaimana untuk memulai. Tetapi anda tidak perlu merasa cemas karena kami akan memberikan tips mengatur keuangan rumah tangga, agar anda tahu cara untuk mengelola uang Anda dengan baik.

Mengelola Keuangan Rumah Tangga Bagi Pasangan Yang Baru Menikah

Berikut ini merupakan tips mengatur keuangan rumah tangga pasangan yang baru menikah yang harus anda simak dan praktikan dengan keluarga.

  1. Saling jujur

Pada saat memulai kehidupan rumah tangga, anda harus saling jujur dan saling percaya. Anda harus membahas masalah keuangan satu sama lain dengan cara yang paling jujur ​​dan sopan, serta hindari argumen emosional sebanyak mungkin agar tidak berujung pada pertengkaran. Untuk pasangan yang keduanya bekerja atau dalam keluarga di mana hanya satu orang yang bekerja, bersikap terbuka tentang penghasilan dan pengeluaran satu sama lain adalah awal yang baik.

Mendapati Kartu Kredit Milik Orang lain – Benar Selingkuh Apa Tidak

  1. Tetapkan Tujuan Bersama

Menetapkan tujuan yang realistis jangka pendek ataupun jangka panjang adalah langkah penting tips mengatur keuangan rumah tangga anda. Dalam berkeluarga, pasti setiap pasangan menginginkan kehidupan yang stabil dan berbahagia bersama dengan suami/istri dan anak-anak bukan? Maka, sejak masa awal pernikahan anda perlu menentukan tujuan anda kedepan, sehingga anda bisa mengatur keuangan anda agar bisa mencapai target yang telah anda atur bersama pasangan, entah itu menabung untuk pembayaran uang muka rumah, liburan, pendidikan anak, atau yang lainnya.

  1. Buat Anggaran

Anggaran adalah alat yang paling penting untuk mengelola keuangan Anda. Masukkan tujuan anda dalam anggaran sehingga setelah anda memenuhi kewajiban anda untuk memenuhi tjuan tersebut, anda bisa memakai sisanya untuk keperluan bulanan anda. Pastikan anda membuat daftar kebutuhan bulanan agar uang yang anda keluarkan dapat deketahui kemana perginya dan pola belanja anda selalu terkendali dalam list yang tepat.

Persiapan Menikah , Problematika Masalah Keuangan serta Cek SLIK

  1. Gunakan Alat yang Tersedia

Ada banyak alat yang tersedia di luar sana untuk membantu Anda mengelola dan melacak keuangan Anda. Gunakan perbankan online sehingga Anda dapat sering memeriksa akun Anda. Gunakan perangkat lunak seperti Quicken, Microsoft Money, atau bahkan Excel untuk membuat anggaran Anda dan menghitung pengeluaran bulanan anda dengan tepat agar tidak terjadi miss antara pemasukan dan pengeluaran.

  1. Mikro-Kelola

Tips mengatur keuangan rumah tangga yang selanjutnya adalah menyimpan semua tanda terima pembayaran, tulis semua transaksi dalam daftar cek Anda (termasuk transaksi tunai) atau lacak semua transaksi pengeuaran dalam perangkat lunak manajemen keuangan. Kategorikan semua item dan lacak pengeluaran Anda di setiap kategori. Evaluasi anggaran Anda setiap minggu untuk memastikan bahawa Anda masih di jalur yang wajar dan tidak menghabiskan uang untuk hal yang tidak penting.

Memiliki kebiasan boros dalam hal keuangan ? lakukan tips sederhana ini

Nah, itulah tips mengatur keuangan rumah tangga bagi pasangan yang baru menikah. Dengan tips-tips tersebut, anda tidak perlu takut memulai peran sebagai manajer keuangan keluarga anda, selama Anda sadar akan kewajiban keuangan dan kebutuhan keluarga maka keuangan keluarga anda pasti terkelola dengan baik. Demikian artikel tips mengatur keuangan ini, semoga bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *