Baca ini Dijamin Punya Rumah , Mau Banget Punya Rumah?

Punya Rumah Sendiri

Mau pake “banget” punya rumah? Sudah punyakah anda tabungan untuk biaya uang muka atau DPnya? Ini sangat penting, loh! Bagaimana bisa Anda dapat membayar DP rumah jika tabungan saja belum punya. Belum lagi nanti untuk bayar angsuran cicilan kredit rumah setiap bulannya.

Supaya mimpi Anda segera terwujud untuk punya rumah sendiri, jangan cuma sekadar berangan-angan, jangan lupa barengi juga dengan ikhtiar dan usaha. Dimulai saat ini berhentilah untuk bergalau ria gak ada gunanya di zaman now ini. Baca artikel ini, dan kemudian segera praktikkan ya, maka Anda dijamin akan segera memiliki rumah. aminnnn.

Jangan mengikuti hawa nafsu

Pilih Rumah atau HP
Pilih Rumah atau HP

Gunakanlah uang Anda berbelanja berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan. Kemudian hindari juga suatu kebiasaan berbelanja barang-barang yang nilainya akan habis begitu digunakan seperti sepatu, pakaian, atau yang nilainya terus menurun seperti barang elektronik.

Jika Anda telah mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan, maka pengeluaran seharusnya dikeluarkan untuk kebutuhan saja, bukan sekedar anda lapar mata saja.

Jangan remehkan recehan

Seringkali kita tidak merasa keluar uang banyak untuk beli cemilan, beli rokok, atau sekedar ngopi-ngopi di warung kopi. Wajar saja kalau Anda lupa karena nominalnya kecil dan mungkin juga sudah jadi rutinitas sehari-hari. Yang jadi bahayanya adalah, karena sudah menjadi kebiasaan sehari-hari maka Anda bisa terlena jadinya.

Jangan anggap remeh recehan
Jangan anggap remeh recehan

Padahal meskipun jumlahnya kecil tetapi jika diakumulasi dalam setahun maka jumlah tersebut akan terasa besar juga loh. Coba bayangkan andai saja uangnya diinvestasikan atau ditabung? Lumayankan untuk tambahan saldo tabungan membeli rumah, loh!

Baca Juga : Pengertian Manajemen Risiko Keuangan Pribadi

Kendalikan segala bentuk cicilan utang

Pada umumnya orang menggunakan hampir 90% dari pendapatan perbulannya untuk membiayai kebutuhan hidup sehari-hari untuk belanja rumahtangga. Kemudian Apa yang akan terjadi jika Anda punya cicilan utang kartu kredit atau cicilan mobil yang mencapai lebih dari 50% dari pendapatan per bulannya?

Kendalikan segala bentuk cicilan utang Kartu kredit
Kendalikan segala bentuk cicilan utang Kartu kredit

Bisa-bisa Anda gali lubang tutup lubang mencari pinjaman lagi sana-sini untuk menutupi kebutuhan hidup yang lainnya. Maka dari itu usahakan agar cicilan utang per bulan tidak melebihi dari 30% dari pendapatan Anda, sehingga untuk sisanya dapat digunakan untuk mencukupi kebutuhan serta untuk tabungan DP rumah.

Baca Juga : Dampak Negatif Kartu kredit ada 7

Usahakan sebelum pengajuan KPR agar segala bentuk cicilan utang tersebut sudah tidak ada tunggakan lagi atau sudah Lunas karena hal yang demikian akan sangat memengaruhi proses di BI checking. Dan tentunya sangat riskan bila Anda masih memiliki cicilan utang dan juga harus membayar cicilan KPR per bulannya.

Gunakanlah kalkulator keuangan untuk mengetahui hitungan cicilan KPR Anda perbulannya.

Kartu kredit bukanlah uang Yang Turun dari langit

Selembar Kartu kredit seringkali bisa membuat Anda beranggapan lebih kaya daripada kenyataannya. Ingat, limit dari kartu kredit yang telah diberikan tidaklah gratis. Begitu sekali pakai maka Anda wajib mengembalikan, beserta bunganya.

Simpan saja kartu kredit Anda tersebut untuk keperluan darurat saja, sebagai sumber dana cepat jika dalam keadaan mendesak di saat uang tunai benar-benar belum tersedia.

Aplikasikanlah poin-poin tersebut di atas secara konsisten maka dijamin Anda pasti memiliki rumah. Tak perlu yang mewah pilihlah opsi rumah Anda sesuaikan dengan kemampuan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *