Bagaimana Cara Supaya Tak Kalah Bersaing Dengan Tenaga Kerja Asing

Saat ini pemberitaan di berbagai media massa cetak dan elektronik sangat gencar mengenai masuknya banyak tenaga kerja asing khususnya dari Tiongkok ke Indonesia. Hingga jadi komoditas politik. Tenaga kerja asing disingkat TKA merupakan isu sensitif yang terjadi secara otomatis dampak globalisasi dan era MEA sekarang ini. Namun yang menjadi pembahasan bukan soal masuknya tenaga kerja asing di Indonesia sebagai ladang politik. Tapi bagaimana cara supaya tak kalah bersaing dengan tenaga kerja asing, strategi apa yang harus kita lakukan?

Banyak orang yang mengkhawatirkan masuknya banyak tenaga kerja asing ke Indonesia yang membuat perekonomian Indonesia bertambah buruk. Semakin menambah jumlah pengangguran baru dan membuat lapangan kerja semakin sempit. Bukannya menambah lapangan kerja baru. Justeru kebijakan pemerintah ini bisa menambah jumlah pengangguran baru. Daripada anda menyalahkan keadaan demikian lebih baik mempersiapkan diri untuk bisa bersaing dengan tenaga kerja asing.

Tenaga kerja asing yang bekerja di tanah air sama halnya dengan tenaga kerja Indonesia yang bekerja di luar negeri sebagai TKI atau TKW. Seperti di Arab Saudi, Malaysia, Amerika Serikat dan lain sebagainya. Tak ada yang salah dengan semua itu. Bahkan jumlah tenaga kerja Indonesia di luar negeri sangat besar. Semua ini terjadi merupakan dampak dari globalisasi yang tidak terelakkan sekarang ini dan negara Indonesia telah memasuki jaman Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Cara Supaya Tak Kalah Bersaing Dengan Tenaga Kerja Asing

Dengan jaman globalisasi dan era MEA saat ini maka SDM dan berbagai produk dari luar negeri dapat bebas masuk ke tanah air. Begitupula produk dan sumber daya manusia Indonesia dapat pula memasuki negara lain. Namun karena tingkat pengangguran di Indonesia sangat besar jumlahnya sehingga persoalan masuknya banyak tenaga kerja asing di tanah air menjadi persoalan tersendiri. Sebab bisa berdampak pada menambah jumlah pengangguran baru di Indonesia.

Pemerintah tidak tinggal diam. Berbagai upaya telah dilakukan untuk menanggulangi dan mengatasi banyak tenaga kerja asing di Indonesia. Salah satu caranya dengan menerapkan aturan bahwa tenaga kerja asing yang bekerja di Indonesia itu mereka yang mempunyai keterampilan khusus dan bukan buruh kasar. Sehingga tidak mengancam tenaga kerja lokal di tanah air.

Bagaimana Cara Supaya Tak Kalah Bersaing dengan Tenaga Kerja Asing

Ketimbang anda menyalahkan keadaan dengan masuknya banyak tenaga kerja asing di Indonesia lebih baik anda mempersiapkan diri untuk bisa bersaing dengan mereka. Berikut ini tips bagaimana cara supaya tak kalah bersaing dengan tenaga kerja asing, antara lain :

1.Mendalami keahlian yang dimiliki

Anda bekerja di bidang pekerjaan yang anda ahli di dalamnya. Untuk dapat bersaing dengan tenaga kerja asing maka anda harus meningkatkan keahlian tersebut dengan cara bersikap fokus dan mendalami bidang tersebut sehingga menjadi karyawan yang expert di dalam bidang tersebut. Hal inilah yang menjadi pembeda dan nilai jual anda lebih bagus dari tenaga kerja asing yang datang ke Indonesia. Untuk mendalami keahlian bisa dilakukan dengan mengikuti pelatihan atau kursus maupun sekolah lagi.

2.Memperbanyak jam terbang

Cara lain agar bisa bersaing dengan tenaga kerja asing adalah dengan memperbanyak jam terbang atau pengalaman atas keterampilan yang anda miliki. Dengan demikian anda bisa mendapatkan pengalaman dan ilmu baru yang berguna dalam menghadapi dunia kerja yang saat ini sangat dinamis.

3.Belajar menguasai bahasa Inggris

Di tengah era globalisasi saat ini sangat penting bagi seseorang untuk menguasai bahasa asing khususnya bahasa Inggris sebagai bahasa pergaulan dunia untuk berkomunikasi dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Salah satu cara bersaing dengan tenaga kerja asing yaitu dengan menguasai bahasa Inggris baik tulisan maupun percakapan.

4.Terus belajar

Menuntut ilmu atau belajar tidak mengenal batas usia. Anda harus belajar untuk meningkatkan keterampilan yang anda miliki agar dapat bersaing dengan tenaga kerja asing di level Indonesia dan umumnya tingkat global. Karena saat ini perkembangan ilmu berkembang sangat cepat dan terus berubah-ubah sesuai kondisi jaman. Sehingga orang yang tidak meningkatkan keterampilan diri akan menjadi tertinggal dari pekerja lain.

Bagaimana cara supaya tak kalah bersaing dengan tenaga kerja asing sudah terjawab dengan baik. Dengan melakukan beberapa strategi dan hal-hal di atas. Diharapkan SDM Indonesia bisa bersaing dengan bangsa lain. Sehingga masuknya tenaga kerja asing ke Indonesia tidak berpengaruh sangat besar.

Jangan Lupa Sebelum melamar pekerjaan Cek BI Checking [SLIK] terlebih dahulu, PENTING !!!!!!

Penting Untuk Melakukan BI Checking Dalam Perekrutan Karyawan

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *