Bagaimana Kalau Tidak Bisa Bayar Penuh Untuk Tagihan Kartu Kredit

Pembayaran Minimal Tagihan Kartu Kredit

Bagaimana Kalau Tidak Bisa Bayar Penuh Untuk Tagihan Kartu Kredit? Mungkin anda merasakan bahwa manfaat kartu kredit adalah supaya memudahkan dalam bertransaksi sehari-harinya. Tetapi, pernahkah Anda membiarkan kesanggupan finansial sehingga anda tidak dapat membayar tagihan kartu kredit secara maksimal? Mari coba kita simak Bagaimana Kalau Tidak Bisa Bayar Penuh Untuk Tagihan Kartu Kredit.

Fasilitas Bayar Minimum Tagihan Kartu Kredit

Walaupun kartu kredit memberikan banyak sekali manfaat bagi kehidupan Anda, penggunaan kartu kredit di luar kemampuan finansial Anda dapat menjadi pemicu membengkaknya utang kartu kredit. Perlu diingat, walaupun pihak bank menawarkan untuk fasilitas bayar minimum tagihan kartu kredit, hal yang demikian seperti ini sangatlah tidak dianjurkan kecuali jika Anda mau menumpuk hutang kartu kredit. Melalui artikel ini, JasaBIC akan memberi solusi bagaimana jika tidak bisa bayar penuh untuk tagihan kartu kredit.

Efeknya Jika Melunasi Tagihan Kartu Kredit Tidak secara Full Payment

Setiap orang mempunyai potensi untuk terlilit utang kartu kredit jika tidak mampu memagari pengeluaran dan tidak menyeimbangkan pengeluaran dengan pemasukannya. Lalu apakah efek negatif apa saja yang akan timbul jika tagihan kartu kredit Anda membengkak dan bagaimana kalau Anda tidak bisa membayarnya secara penuh atau dalam skenario terburuknya Anda samasekali tidak sanggup untuk membayarnya sama sekali? Berikut ini adalah beberapa dampak penggunaan kartu kredit yang berlebihan yang akan Anda lalui :

1 Utang Semakin Menumpuk dan Bunga Sangat Tinggi

Tujuan dari membayar tagihan kartu kredit secara penuh adalah untuk menghindari suku bunga yang tinggi yang akan dikenakan pada sisa tagihan utang kartu kredit Anda. Namun demikian, jika Anda lupa untuk membayar tagihan kartu kredit secara full, maka akan muncul tagihan utang yang semakin lama semakin banyak jumlahnya.

2 Potensi Melampaui Limit Kredit Tinggi

Standart limit kartu kredit biasanya mencapai 3 sampai 4 kali pendapatan Anda perbulannya. Ini tentunya sangatlah berbahaya jika Anda memanfaatkan limit kartu kredit dengan maksimal tanpa mempertimbangkan kemampuan finansial Anda. Memang benar, Anda masih mempunyai sisa limit kartu kredit, dan Anda dapat terus melakukannya sambil terus membayar batas minimum kartu kredit, tetapi ini adalah merupakan keputusan yang cukup berbahaya untuk menuju batas limit kredit kartu kredit Anda.

Jalan Keluarnya Jika Tidak Bisa Bayar Penuh Tagihan Kartu Kredit

Melalui efek tersebut, tentunya Anda sudah dapat menyimpulkan bahwa dengan cara membayar penuh tagihan kartu kredit maka lebih baik daripada bayar secara minimum. Perlu Anda ketahui juga bahwa bunga kartu kredit umumnya sekitar 2,95% per bulan bahkan sampai 35,40% per tahun. Lalu jika Anda terlanjur melakukannya dan terlilit utang kartu kredit, terapkanlah beberapa solusi alternatif ini agar terhindar dari malapetakan keuangan :

1 Stop Penggunaan Kartu Kredit

Jika Anda terbiasa membayar tagihan kartu kredit secara tidak penuh atau minimum, maka sepertinya Anda bukanlah individu yang layak untuk dapat menggunakan kartu kredit. Jalan keluar yang terbaik adalah dengan menghentikan penggunaan dari kartu kredit sepenuhnya. Anda bisa memanfaatkan produk perbankan lainnya dalam mempermudah transaksi Anda, seperti halnya kartu debit yang sudah terbukti lebih savty dan aman karena terbatasnya penggunaan kartu debit berdasarkan jumlah nominal saldo yang ada saat itu.

2 Atur Pengeluaran Anda Setiap Bulan

Solusi alternatif lainnya yang patut dipertimbangkan adalah dengan membatasi pengeluaran sehari hari atau penggunaan kartu kredit Anda. Jangan menggunakan kartu kredit sesuai limit kartu kredit, namun batasilah sesuai kemampuan keuangan Anda. Anda bisa memulainya dengan mencatat apa saja penggunaan kartu kredit rutin harian atau bulanan Anda, dan tahap selanjutnya adalah dengan menghilangkan kebutuhan yang tidak terlalu vital.

3 Negosiasi dengan Pihak Bank

Bila Anda terlanjur menggunakan kartu kredit dan tidak sanggup membayar tagihannya secara penuh, atau jika utang kartu kredit Anda sudah menumpuk seperti bukit, maka cobalah bernegosiasi dan meminta keringanan dari pihak bank sehingga Anda mempunyai waktu lebih agar dapat melunasinya. Memang cara ini bukan cara yang biasa untuk dilakukan, tetapi apa salahnya untuk mencoba daripada tidak sama sekali.

Baca Juga : Cara Rescheduling untuk Tagihan Kartu Kredit

4 Lakukan Penutupan Kartu Kredit

Langkah yang terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara melunasi seluruh utang kartu kredit dan segera menutup kartu kredit Anda. Karena tentunya, kondisi keuangan Anda sedang tidak sehat dan Anda perlu menghentikan dari penyebab dari utang tersebut. Perbaikilah untuk kondisi keuangan Anda dengan awal yang baru dan stop penggunaan kartu kredit untuk selamanya.

Biasakan Bayar Tagihan Kartu Kredit secara tepat waktu dan full payment

Melalui artikel ini, Anda tentunya sudah banyak mengetahui betapa berbahayanya penggunaan kartu kredit yang melampaui kesanggupan Anda. Anda akan berjalan menuju gulungan utang yang entah sampai kapan selesai. Oleh karenanya, sepatutnya gunakanlah kartu kredit dengan bijak dengan membayar tagihan secaraa tepat waktu dan full payment. Jika Anda memang tidak sanggup membatasi diri dalam penggunaan kartu kredit, maka stop penggunaannya dan beralihlah ke produk perbankan lainnya yang lebih aman dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga : Cara Menjaga Reputasi BI Checking Dengan Cara ini

Apakah Anda pernah mengalami Tidak Bisa Bayar Penuh Untuk Tagihan Kartu Kredit? Apakah jalan keluar yang akan anda gunakan? Tinggalkan komentar di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan pada kolom di bawah ini.

2 thoughts on “Bagaimana Kalau Tidak Bisa Bayar Penuh Untuk Tagihan Kartu Kredit

  1. Jumlah utang saya 8jt. Padahal 1 bulan yg lalu hanya 6jt. Sekarang limitnya jadi 2jt dr 6rb. Tp saya tidak bisa bayar sebesar limitnya itu. Bagaimana solusinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *