Belajar Cara Mengatur Tagihan Kartu Kredit, Sebelum Hidup Kita Diatur Pengadilan

Belajar Cara Mengatur Tagihan Kartu Kredit, Sebelum Hidup Kita Diatur Pengadilan

Kamu pernah dengar tentang kasus utang tagihan kartu kredit ke bank yang gagal dilunasi lalu harus berakhir di meja pengadilan? Gak cuma sekali pastinya. Apakah Kamu mau masalah tersebut menimpa kita? Kalau saya sih, ogah.
Bank merupakan suatu lembaga resmi yang diatur dalam hukum undang-undang. Jadi jika kita mempunyai masalah dengan bank, ya siap-siap berhadapan dengan hukum.

Karena itu, sudah sepantasnya kita untuk menepati segala perjanjian dengan bank, termasuk pelunasan tagihan kartu kredit. Gak sedikit yang ngeluh terjebak utang kartu kredit, padahal dia sendiri yang letoy.

Gagal mengatur tagihan kartu kredit, kok yang disalahin bank? Kan sudah jelas saat apply kartu kredit bahwa keterlambatan pembayaran tagihan dikenai denda dan terus berbunga kalau gak lunas-lunas.
Setelah kasus tunggakan kamu dibawa ke meja pengadilan, baru kamu menyesal kemudian. Begitu kasus tunggakan ini sudah mulai masuk ke dalam ranah hukum, siap-siap lah hidup kamu diatur oleh pengadilan.

Belajar Cara Mengatur Tagihan Kartu Kredit

Sebab bukan mustahil ketokan dari palu pak hakim bisa mengubah 180 derajat total kehidupan kamu lantaran mendapatkan hukuman yaitu memberikan aset, misalnya kendaraan atau rumah untuk dapat disita oleh pihak bank untuk tujuan melunasi seluruh tunggakan. Belum lagi kalau ada debt collector yang turut ikut campur. nahhh seremm kan.

Baca Juga : Terlilit Utang KTA atau Kartu Kredit pakai pihak ke 3 atau Program Managemen Utang

Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu kamu dapat mengatur tagihan kartu kredit sebaik mungkin. Beberapa tips dibawah ini bisa dijadikan acuan dalam mengatur tagihan kartu kredit kamu :

  1. Catatlah pengeluaran dari setiap transaksi kartu kredit dalam sebulan diselembar kertas atau bisa juga disave dismartphone masing masing. Jadi kita akan dapat mengetahui kemana saja uang tersebut berkeliaran. Untuk dapat mencatatnya bisa pakai applikasi yang ada dismartphone seperti Notes , Evernotes atau Google Keep
  2. Catatanlah setiap pengeluaran yang telah dibuat, didalam point pertama diatas karena akan menjadi acuan buat pengeluaran kamu dibulan selanjutnya. Contohnya bulan depan harus bisa lebih hemat lagi, jadi tidak boleh ngelebihin tagihan sebelumnya.
    Atau bisa juga catatan tersebut dipakai untuk membandingkan harga dari suatu barang/jasa yang dibayar dibulan sebelumnya dengan harga barang/jasa yang akan dibayar dibulan ini. Kalau sekiranya ada kenaikan harga, kamu bisa mencari solusi contohnya carilah barang lain yang serupa tetapi harganya lebih terjangkau.
  3. Tetapkan batas untuk setiap penggunaan dari transaksi kartu kredit yang dibawah limit yang telah ditentukan pihak bank. Contohnya limit kartu kredit Rp 5 juta, bisa kita tetapin sendiri batasnya yaitu Rp 4 juta. Ini salah satu contoh untuk dapat menghindari munculnya biaya overlimit dalam tagihan kartu kredit dikemudian hari.
    Setelah sudah menetapkan limit, kita dapat membuat point yang penting buat bayar apa saja kartu kredit dalam bulan ini. Misalnya akan dibuat untuk bayar tagihan listrik, Internet , telepon, TV kabel, Pulsa, belanja, dan lain-lain.
  4. Daftar notifikasi setiap transaksi kartu kredit via e-mail ataupun SMS. Ini juga sangat berguna untuk dapat meremainder kita jenis transaksi apa saja yang sudah pernah kita lakukan. Juga agar mengurangi dampak dari pencurian kartu kredit kita.
  5. Mempunyai banyak kartu kredit memang semakin banyak beberapa manfaat yang akan didapat. Tetapi jika tidak diimbangi dengan pengaturan yang bijak, pasti akan jebol finansial keuangan kamu. Lebih baik kartu kredit punya satu tetapi tagihan lunas di tiap bulannya.
  6. Daripada mengambil cicilan baru, lebih baik jika buat nabung untuk membeli barang yang diimpikan. Ketimbang nantinya malah susah ngelunasinya jika ambil cicilan baru, lebih baik prihatin terlebih dahulu tetapi bebas dari ancaman utang.
    Misalnya kamu mempunyai cicilan mobil yang akan lunas dalam 3 bulan lagi, sementara kredit Smartphone Apple iPhone keluaran terbaru begitu menggoda. Daripada tidak sanggup dalam 3 bulan kedepan karena harus membayar 2 cicilan sekaligus, sebaiknya bersabar dan prihatin dulu tunggulah sampai 3 bulan.
    Toh, dalam jangka waktu 3 bulan kedepan Smartphone iPhone tersebut akan tetap produksi kok. Tidak mungkin Smartphone Apple rilis 2 produk terbaru sekaligus dalam jangka waktu 3 bulan doang. Program cicilan kartu kredit barang elektronik juga tersedia di situs e-commerce kenamaan di Indonesia disepanjang tahunnya.
  7. Yakinlah dengan kemampuan finansial Kamu untuk dapat melunasi setiap tagihan kartu kredit secara tepat waktu. Kalau tidak yakin lebih baik tidak usah buat kartu kredit.
    Sudah telanjur punya kartu kredit? Ya Tutup saja.
  8. Telitilah dan cek terlebih dahulu setiap tagihan kartu kredit sebelum membayarnya. Kalau sudah punya catatan transaksi, bakal lebih mempermudah dalam mencocokkan besaran tagihan di setiap transaksi yang sudah kita lakukan sebelumnya. Di poin inilah catatan pengeluaran di poin pertama yang di atas akan sangat berguna.
  9. Naik gaji bukanlah berarti bisa naik juga untuk pengeluaran bulanan kamu. Kalau dua-duanya sama naik, Tidak ngaruh untuk kenaikan gaji. Lebih baik pengeluaran ditekan sama seperti sebelum naik gaji, supaya selisih penghasilan yang baru dapat ditabung atau diinvestasikan.
  10. Bayar tagihan kartu kredit via autodebet, pasti tidak ada tunggakan. Tetapi harus mempunyai rekening di bank tersebut yang menerbitkan kartu kredit itu.
    Cara yang demikian akan sangat berisiko jika terjadi suatu kegagalan sistem autodebet. Jadinya kita akan dikenakan bunga karena kita dianggap belum bayar tagihan. Sebab yang namanya sistem mesin, pastinya bisa error juga.

Dampak Negatif Kartu Kredit Ada 7

Itulah 10 poin bagaimana cara mengatur tagihan kartu kredit yang direkomendasikan agar terhindar dari masalah gagal bayar. Kalau kamu belum memulai mengatur tagihan, segeralah lakukan saat ini jangan ditunda tunda. Kecuali sudah siap rugi akibat tidak disiplin bayar tagihan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *