Cara Enteng Melunasi Hutang Kartu Kredit

Cara Mudah Melunasi Hutang Kartu Kredit

Penggunaan kartu kredit sudah menjadi gaya hidup masyarakat modern saat ini. Sangat mudah kita jumpai orang yang memiliki kartu kredit. Bukan hanya satu kartu kredit tapi banyak kartu kredit. Dan jika semua kartu kredit digunakan maka tak terasa penggunanya akan dibebani hutang kartu kredit dalam jumlah yang sangat besar. Kalau hal ini terlanjur anda lakukan maka janganlah anda panik. Tetaplah bersikap tenang. Selama mempunyai niat untuk membayar hutang kartu kredit maka jalan keluar pasti akan anda dapatkan.

Akhir-akhir ini di berbagai media cetak dan internet seringkali penulis menemukan iklan biro jasa melunasi hutang kartu kredit tanpa masalah. Ternyata itu hanyalah modus penipuan. Untuk membayar lunas hutang kartu kredit harus dilakukan atas tanggung jawab sendiri. Karena anda telah keliru maka anda harus bertanggung jawab. Salah satu penyebab utama menumpuknya hutang kartu kredit yang dialami oleh seseorang adalah minimnya pengetahuan orang tersebut mengenai cara cerdas memakai kartu kredit yang baik dan benar.

Cara Enteng Melunasi Hutang Kartu Kredit

Bahkan Robert T Kiyosaki menggolongkan kartu kredit ke dalam liabilitas atau sesuatu yang menguras uang dan perlu dihindari supaya kaya raya di usia muda. Hal ini tak terlepas adanya beban bunga yang sangat tinggi terhadap penggunaan kartu kredit tersebut. Jika hutang kartu kredit belum lunas dan dibiarkan terus menerus maka bunga akan terus menumpuk dan bertambah besar. Inilah yang perlu diketahui dari dampak penggunaan kartu kredit yang salah.

Cara Enteng Melunasi Hutang Kartu Kredit

Berikut ini cara enteng melunasi hutang kartu kredit bagi anda, antara lain :

1.Menghentikan sesaat penggunaan kartu kredit

Budaya penggunaan kartu kredit sangat enak dan nyaman di depannya. Namun di belakangnya atau ketika waktu jatuh tempo pembayaran sangat tidak mengenakkan. Anda harus melakukan pembayaran hutang kartu kredit beserta bunganya yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, jika anda saat ini sedang mengalami hutang yang banyak akibat penggunaan kartu kredit yang banyak maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghentikan penggunaan kartu kredit untuk sementara. Karena jika anda terus menerus menggunakan kartu kredit maka hutang kartu kredit akan semakin menumpuk dan akan sulit dibayar.

Baca Juga : Cara Melunasi atau Mengatasi Tagujan Kartu Kredit

Penghentian penggunaan kartu kredit sangat penting supaya anda dapat fokus untuk melunasi hutang kartu kredit yang telah anda gunakan sebelumnya. Dengan demikian sangat mudah untuk melunasi utang kartu kredit selagi dengan nilai nominal uang yang masih kecil. Namun jika anda masih bersikeras untuk menggunakan kartu kredit padahal hutang sebelumnya belum lunas maka semakin sulit rasanya bagi anda untuk melunasi hutang kartu kredit. Bukannya hutang lunas atau berkurang justeru semakin bertambah besar dan semakin sulit untuk dilunaskan.

2.Membuat skala prioritas

Seandainya sobat mempunyai kartu kredit yang banyak atau lebih dari 2 kartu kredit yang keduanya sama-sama menunggak hutang maka anda harus memprioritaskan mana yang harus dilunasi terlebih dulu. Biasanya yang harus diprioritaskan untuk dibayar terlebih dahulu adalah kartu kredit yang mempunyai bunga yang paling tinggi yang bisa menguras keuangan anda. Selain itu, opsi lain anda bisa membayar lunas terlebih dahulu kartu kredit yang mempunyai tunggakan hutang terkecil. Sesudah lunas maka anda bisa fokus untuk membayar hutang kartu kredit dengan tunggakan sedikit lebih besar.

3.Gali lubang tutup lubang besar

Cara lain yang bisa ditempuh untuk melunasi hutang kartu kredit yang sudah membengkak adalah dengan mencari pinjaman baru untuk membayar hutang kartu kredit yang sangat besar. Namun pastikan pinjaman baru tidak adanya beban bunga. Biasanya anda meminjam uang kepada teman, sahabat, orangtua, sanak kerabat, anggota keluarga dan lain sebagainya. Kalau tak ada usahakan mempunyai bunga yang lebih rendah ketimbang bunga hutang kartu kredit yang akan anda lunasi.

Baca Juga : Langkah Langkah Dalam Melunasi Hutang

4.Melunasi memakai tabungan

Jika anda mempunyai tabungan dalam jumlah cukup besar  di rekening bank atau dalam bentuk deposito maka anda bisa menggunakannya untuk membayar tunggakan hutang kartu kredit. Cara ini terbilang sangat mudah, efektif dan cepat. Ketimbang anda meminjam pinjaman lain dengan bunga rendah untuk membayar lunas hutang kartu kredit yang menumpuk.

5.Menjual aset berharga

Langkah terakhir jika anda tidak mempunyai sama sekali uang tabungan dalam jumlah besar untuk melunasi tunggakan hutang kartu kredit maka anda bisa menjual aset berharga yang anda punyai. Misalkan tanah, emas, rumah, kendaran bermotor dan aset lainnya.

Baca Juga : Denda Kartu Kredit

Demikianlah cara enteng melunasi hutang kartu kredit. Dengan melunasi hutang kartu kredit secepat mungkin akan membuat hidup anda tenang. Lebih baik anda tidak memiliki apa-apa ketimbang mempunyai hutang kartu kredit yang membikin sobat sulit tidur nyenyak. Apalagi kartu kredit menggunakan sistem bunga yang terus berbunga. Kalau tak diselesaikan secara cepat hutang akan bertambah besar.

 

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Kesulitan Keuangan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *