Mengungkap Cara Kerja Kartu Kredit Yang Begitu Komplek

Cara Kerja Kartu Kredit Yang Begitu Komplek

Seperti yang telah kita ketahui bersama, kartu kredit digunakan sebagai alat bantu transaksi dalam berbelanja atau membayar tagihan bulanan. Setiap bank setelah menyediakan kartu kredit sesuatu dengan kebijakan masing-masing. Namun apakah anda sudah memahami bagaimana cara kerja kartu kredit yang biasa anda gunakan?

Memang kartu kredit memudahkan anda dalam melakukan transaksi, namun perlu anda ingat bahwa kartu kredit hanya membantu anda dalam jangka pendek saja dan anda wajib bayar diakhir bulannya. Dan sebenarnya cara kerja kartu kredit sangatlah komplek, hanya saja kita tidak mengetahui secara langsung. Berikut penjelasannya :

Cara Kerja Kartu Kredit

Pada dasarnya kartu kredit membantu anda dalam melakukan transaksi dengan jangka waktu dan limit tertentu. Limit tersebut ditentukan berdasarkan kemampuan anda untuk membayar, biasanya dengan jangka waktu setiap bulan dalam arti anda harus membayar tagihan kartu kredit setiap bulannya. Cara kerja kartu kredit secara umum adalah sebagai berikut :

1. Menyerahkan Kartu Kredit Pada Pihak Penjual

Dalam melakukan transaksi, anda wajib menyerahkan kartu kredit kepada pihak penjual. Kemudian pihak penjual menggesekkannya pada mesin pembaca kartu kredit yang disebut mesin EDC (Elektronic Data Capture) yang akan membaca semua data yang terdapat dalam kartu kredit anda. Setelah itu mesin EDC akan membaca garis-garis magnetik di balik kartu kredit anda dan mengirimkan kunci seperti plafon, nomer kartu kredit, dan tanggal kadaluarsa kepada pihak bank yang melayani toko tersebut (Bank toko).

2. Proses Validasi Oleh Pihak Bank

Di waktu yang sama, Pihak akan menerima semua informasi yang terdapat dalam kartu kredit anda dan pada saat itu juga pihak Bank akan melakukan proses pengecekan validasi transaksi. Setelah pihak Bank melakukan pengecekan validasi transaksi, pihak bank akan mengirimkan informasi mengenai transaksi yang sedang dilakukan kepada pihak perusahaan penerbit kartu kredit anda. Misalnya Visa, American Express, dan MasterCard.

3. Pengecekan Oleh Pihak Perusahaan Kartu Kredit

Setelah mendapatkan informasi dari pihak bank mengenai transaksi yang sedang dilakukan, pihak perusahaan kartu kredit akan melakukan pengecekan validasi. Pengecekan validasi kartu kredit anda kemudian diteruskan kepada pihak Bank yang menerbitkan kartu kredit yang anda gunakan. Misalnya Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BCA, atau Bank BRI.

4. Persetujuan Transaksi

Kemudian pihak Bank yang menerbitkan kartu kredit (Bank yang anda gunakan) akan melanjutkan informasi tersebut kepada pihak Bank yang digunakan oleh toko tempat anda melakukan transaksi. Kemudian transaksi anda bisa disetujui oleh Bank tersebut.

5. Penandatanganan Slip Pembayaran

Ketika melakukan transaksi, anda akan diminta untuk menandatangani slip pembayaran yang dikeluarkan oleh mesin EDC. Kemudian slip pembayaran tersebut akan diberikan kepada pihak Bank, dan Bank akan membayar semua tagihan anda.

6. Pengiriman Tagihan Pembayaran Dari Pihak Bank Kepada Pihak Perusahaan Penerbit Kartu Kredit

Setelah membayar semua tagihan anda, pihak Bank kemudian akan mengirimkan tagihan pembayaran tersebut kepada pihak perusahaan penerbit kartu kredit anda. Kemudian perusahaan penerbit kartu kredit akan melakukan pembayaran.

7. Pengiriman Tagihan Kepada Nasabah

Setelah pihak perusahaan penerbit kartu kredit akan melakukan pembayaran, kemudian melakukan penagihan kepada pihak Bank yang anda gunakan. Dan pihak Bank yang anda gunakan akan membayar semua tagihan transaksi anda kepada pihak perusahaan penerbit kartu kredit. Dan kemudian pihak bank akan mengirimkan tagihan tersebut kepada anda yang harus anda bayar setiap bulannya.

begitulah yang sangat komplek. Setelah mengetahui hal itu, semoga kita menjadi lebih bijak dalam menggunakan cara kerja kartu kredit kartu kredit. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *