Cara Membaca Hasil SLIK

Pada tahun yang lalu kita pernah membahas tentang Cara membaca Hasil BI Checking di website yg lama, semoga anda mengerti dan memahami cara membacanya. Kenapa sih kita harus bisa dan paham cara baca hasil BI Checking atau saat ini sudah berubah menjadi SLIK. Ya ibarat nya Raport , masa sih kita gak mengetahui rekam jejak atau historical atau riwayat pinjaman kredit kita di bank. Kita harus padukan apakah pinjaman yang kita punya saat ini sudah sesuai belum sama di laporan BI Checking [SLIK]

Blacklist SLIK

OK kali ini kita akan mencoba kupas secara spesifikasi mengenai cara membaca hasil SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan), atau bisa kita sebut raport pinjaman kredit kita di lembaga keuangan. Banyak dari masyarakat luas yang mau mengajukan pinjaman kredit kemudian dari pihak bank ditolak alasannya karena masalah BI Checking [SLIK]. Sedangkan pihak bank sendiripun tidak mau membeberkan secara rinci titik permasalahannya dimana, kenapa sampai bisa di Tolak , masuk Collect berapakah kita, apakah ada tunggakan yang belum diselesaikan , apakah ada denda yang belum dibayarkan. Sepertinya pihak bank bungkam seribu Bahasa.

 

Seperti apa sih bentuk atau penampakan dari hasil SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) itu sendiri? SLIK merupakan pengecekan identitas dari calon debitur dan juga riwayat rekam jejak fasilitas kredit debitur yang dilakukan oleh pihak bank kepada OJK. Intinya adalah pihak bank meminta informasi pinjaman kredit melalui SLIK kepada OJK untuk dapat melihat kualitas calon debitur dari sisi riwayat pinjaman.

Apa saja yang diperlukankan untuk meminta laporan SLIK tersebut? Hanya FC KTP dan NPWP debitur.

Perlu Anda ketahui, hasil dari SLIK ini bersifat confedential atau rahasia dan personal. Yang artinya pihak bank tidak boleh secara langsung memberitahu, memperlihatkan hasil secara fisik/print out- hasil SLIK kepada calon debiturnya . Mengapa begitu? karena memang sifatnya rahasia. Akan tetapi, jika anda adalah seorang calon debitur yang hendak mengajukan aplikasi pinjaman kredit di bank, maka anda boleh secara langsung meminta info hasil SLIK tersebut kepada bank. Kalau tidak diperbolehkan itu hak dari Bank.

Memberikan informasi tentang riwayat rekam jejak pinjaman kredit seseorang kepada pihak lain atau orang lain juga bisa dianggap merupakan melanggar kode etik bank. Hal ini dapat menyebabkan bank/oknum bank bisa dituntut atas dasar pencemaran nama baik. Karena isi dari laporan SLIK contohnya punya si A punya pinjaman dimana saja, jenis nya apa, tenornya berapa lama, angsurannya berapa, kolektibilitasnya berapa, sisa outstandingnya berapa, jaminan nya apa saja, dll.

Contoh hasil tampilan dari print out SLIK

Cara Membaca SLIK

 

Print out hasil SLIK tersebut hanyanya sebuah contoh, kira-kira anda bisa gak membacanya apa tidak ya? Mungkin ada sebagian yang bisa tetapi kebanyakan masyarakat tidak bisa membacanya? Karena laporan iDeb SLIK ini tidak diajarkan dibangku sekolah ataupun bangku kuliah manapun. Kecuali jika anda sudah menjadi analis kredit bank, atau anda adalah pejabat bank karena tidak semua dari staff bank mempunyai akses dan paham laporan hasil SLIK.

Mari kita coba jabarkan bagaimana cara membacanya

Informasi Pencarian
Bagian ini menjelaskan dari kata kunci yang akan digunakan dalam pencarian. Contohnya, pencarian disamping menggunakan KTP atau NPWP.

Data Pokok debitur
Bagian ini menjelaskan data pokok debitur yang disampaikan oleh kreditur kepada OJK. Jumlah dari data pokok Debitur yang muncul akan sesuai dengan jumlah kreditur yang memberikan fasilitas kredit.

Pemilik/Pengurus
Dalam hal ini debitur adalah merupakan pemilik/badan usaha, Informasi Debitur juga akan menampilkan data pokok pengurus dan/atau pemilik badan usaha tersebut

Ringkasan fasilitas
Bagian ini menerangkan semua ringkasan fasilitas yang telah didapat oleh Debitur dari seluruh kreditur, antara lain jumlah Baki Debet, Plafon, Kreditur, dan Kualitas Terburuk (Kolektibilitas) yang pernah didapatkan.

Kredit/Pembiayaan
Bagian ini menerangkan rincian fasilitas kredit yang telah diberikan oleh masing-masing kreditur

1.Baki debet adalah merupakan besarnya sisa pokok pinjaman pada waktu tertentu, di luar bunga dan denda atau penalti.

2.Kolom disamping berisi k u a l i t a s f a s i l i t a s penyediaan dana Debitur beserta jumlah hari tunggakan pada kurun waktu 12 bulan terakhir. Kode kualitas kredit/ pembiayaan :

  1. Lancar : angsuran yang dibayarkan sebelum masa jatuh tempo. Tidak ada tunggakan pokok ataupun tunggakan bunga
  2. Dalam Perhatian Khusus : apabila tertera ada tunggakan angsuran pokok atau angsuran bunga sampai dengan 90 hari kalender
  3. Kurang Lancar : apabila tertera ada tunggakan angsuran baik pokok ataupun angsuran bunga, terhitung dari 91 hari s.d 120 hari kalender
  4. Diragukan : apabila ada tunggakan angsuran pokok ataupun angsuran bunga, dari 121 hari s.d 180 hari kalender
  5. Macet : apabila mempunyai tunggakan angsuran pokok atau angsuran bunga, melewati jangka waktu diatas 180 hari kalender.

Contoh: pada bulan Juli 2017 Debitur mempunyai kualitas fasilitas penyediaan dana 2 (Dalam Perhatian Khusus) dengan jumlah hari tunggakan selama 30 hari.

Agunan
Bagian ini menerangkan rincian agunan yang dijaminkan Debitur kepada kreditur dalam rangka p e m b e r i a n f a s i l i t a s terhadap penyediaan dana

3.Status paripasu akan terisi “Ya” jika agunan yang digunakan lebih dari satu fasilitas pada satu kreditur.

4.Nilai agunan berdasarkan penilaian kreditur.

Penjamin
Bagian ini berisi rincian penjamin fasilitas penyediaan data yang diperoleh Debitur. Tidak termasuk penjamin yang tergolong asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kerugian ataupun yang sejenisnya.

Sebagai informasi tambahan, kalian juga bisa lho meminta atau mengecek historical riwayat kredit anda. Gratis , Caranya silahkan kunjungi atau datang langsung ke OJK wilayah / provinsi domisili anda. Untuk pengecekan laporan tersebut bisa dengan online lewat situs OJK. Akan tetapi jika dengan online untuk pengambilan hasil SLIKnya harus diambil ke OJK wilayah / provinsi domisili anda dengan membawa kartu identitas diri (KTP) asli, dan juga harus yang bersangkutan sendiri yang hadir / tidak boleh diwakilkan.

Mau cara yang simple dan mudah gak ribet harus datang ke OJK langsung untuk pemesanan SLIKnya, di jasa kita pun bisa loh, silahkan yang mau cek SLIKnya baca dulu syarat dan ketentuan disini

Berikut Ringkasan Review hasil SLIK dari Collect 1 s.d Collect 5 :

Kesimpulannya :

  • Jika Masuk Collet 1 tidak ada masalah yg cukup serius untuk kolektibilitas, pengajuan ke Bank bisa di Approve
  • Jika Masuk Collet 2 Segera selesaikan angsuran yg tertunggak , pengajuan ke Bank bisa di Approve bisa di Reject
  • Jika Masuk Collet 3 Segera selesaikan angsuran yg tertunggak (tunggakan pokok & tunggakan bunga) , pengajuan ke Bank langsung di Reject
  • Jika Masuk Collet 4 Segera selesaikan angsuran yg tertunggak (tunggakan pokok , tunggakan bunga dan denda jika ada) , pengajuan ke Bank langsung di Reject
  • Jika Masuk Collet 5 Segera selesaikan angsuran yg tertunggak (tunggakan pokok , tunggakan bunga dan denda) , pengajuan ke Bank langsung di Reject

Semoga bermanfaat buat semuannya , jadikan hasil SLIK sebagai cerminan diri kita dalam segi keuangan , apakah kita sebagai pribadi yang disiplin dalam membayar angsuran atau sebaliknya menjadi pribadi yang acuh bahkan sampai teledor tidak bisa memanage waktu supaya bisa lancar dalam pembayaran angsuran, semoga dikemudian hari bisa lebih baik lagi jika sudah bercermin dan koreksi diri.

Cara Pemesanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *