Cara Membersihkan dan Menghilangkan Jamur Pada Jas Hujan

Apabila anda mendengar kata jas hujan apa yang anda bayangkan? Tentu saja busana luar yang digunakan oleh manusia supaya badannya tidak basah oleh air hujan. Jas hujan mempunyai peranan yang sangat penting bagi manusia ketika musim hujan. Peralatan ini selalu dipersiapkan oleh pengendara sepeda motor dengan menyimpannya di bawah jok sepeda motor untuk mengantisipasi terjadinya hujan ketika dalam perjalanan.

Indonesia mengenal dua musim yakni musim panas dan musim hujan. Pada musim hujan maka anda harus mempersiapkan jas hujan untuk mengantisipasi jika terjadi hujan di tengah jalan. Ada berbagai jenis jas hujan di Indonesia seperti jas hujan axioo, ponco-ponco dan lain sebagainya. Pada waktu musim hujan, anda bisa mendapatkan jas hujan di toko-toko kebutuhan sehari-hari terdekat dengan harga yang bervariasi dari mulai Rp 10000 sampai Rp 200 ribu untuk jas hujan murah.

Membersihkan dan Menghilangkan Jamur Pada Jas Hujan

Namun seiring dengan berjalan waktu, jas hujan yang disimpan terlalu lama di dalam jok motor bisa menimbulkan jamur atau bintik hitam maupun noda. Karena bekas percikan air hujan yang tidak dibersihkan bisa menjadi noda hitam yang menempel kuat pada jas hujan. Yang kemudian muncul jamur dan menimbulkan bau apek atau masam. Hal ini biasanya disebabkan kelembapan udara dalam jok motor dan jarangnya dibersihkan.

Cara Membersihkan dan Menghilangkan Jamur  Pada Jas Hujan

Oleh sebab itu, berikut ini penulis sampaikan cara membersihkan dan menghilangkan jamur pada jas hujan secara mudah dan sukses 100 persen, antara lain :

1.Mempersiapkan alat dan bahan

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membersihkan jas hujan dari kotoran jamur dan noda kotoran hitam yang melekat adalah sikat pakaian, sabun cair, ember, air bersih dan sitrun atau cuka.

2.Selanjutnya basahi jas hujan dengan air bersih secara menyeluruh. Kalau bisa pembasahan jas hujan di bawah kucuran kran air dengan aliran air yang keras. Sehingga kotoran dan pasir yang melekat bisa hanyut terbawa air.

3.Untuk memastikan benar-benar jas hujan lebih bersih lagi maka anda bisa memakai sabun cair. Oleskan sabun cair pada permukaan jas hujan lalu gosok menggunakan sikat hingga bersih. Dengan demikian, jas hujan bukan hanya hilang dari noda bandel dan jamur tapi menimbulkan kesegaran dan wangi yang harum dari sabun cair tersebut.

4.Cara membersihkan jas hujan bahan parasit tidak boleh dikucek-kucek. Sebab dapat merusak jas hujan itu sendiri. Anda bisa mengusapnya memakai tangan untuk membersihkan jamur dan kotoran yang membandel di atas permukaan jas hujan.

5.Selepas jas hujan dibersihkan sebaik mungkin. Langkah selanjutnya adalah membersihkannya di bawah kucuran air kran atau di bilas sampai bersih

6.Untuk mengeringkan jas hujan dapat dilakukan dengan cara mengibas-ngibaskan jas hujan. Sehingga air di atas permukaan jas hujan hilang. Kemudian menjemurnya di bawah sinar matahari yang tidak terlalu panas.

Namun setelah melakukan semua itu, jas hujan sobat masih terdapat noda bandel dan jamur maka dipastikan kotoran yang melekat sudah sangat kuat. Anda bisa melakukan cara yang lebih kuat untuk membersihkan jamur pada jas hujan. Berikut ini bahan yang harus dipersiapkan dalam rangka membersihkan noda kotoran dan jamur pada jas hujan dengan cara yang lebih mujarab yaitu alkohol dan sikat gigi.

Setelah bahan tersedia, langkah berikutnya membentangkan jas hujan selebar mungkin. Lalu mencari wilayah yang ada jamur dan noda membandel. Berikutnya menuangkan alkohol pada daerah yang ada jamur dan noda hitam. Kemudian sikat secara perlahan-lahan hingga bersih. Selanjutnya bilaslah menggunakan air bersih. Sehingga jas hujan anda tampak bersih, wangi dan baru kembali seperti sedia kala. Selain menggunakan alkohol, anda bisa menghilangkan noda bandel dan jamur di jas hujan secara efektif dan ampuh menggunakan citrun dan cuka.

Demikianlah cara membersihkan dan menghilangkan jamur pada jas hujan yang tidak hanya bisa diterapkan pada jas hujan. Tapi bisa juga diterapkan pada cara mencuci jaket dan tas kulit yang sudah berjamur. Untuk menghindarkan jamur pada jas hujan maka anda bisa menyimpan jas hujan pada tempat yang kering dan sejuk. Sebab penyebab jas hujan, tas kulit, dompet kulit  dan jaket kulit berjamur adalah terlalu lama disimpan dalam tempat yang lembap.

Perlu Kamu Ketahui, Ini 8 Kebiasaan Yang Membuat Kita Sukses

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *