Cara Mencari Uang Tambahan Bagi Karyawan Bergaji Kecil

Cara Mencari Uang Tambahan Bagi Karyawan Bergaji Kecil

Salah satu cara mendapatkan uang adalah berprofesi menjadi seorang karyawan. Namun kadangkala gaji seorang karyawan sangat kecil padahal beban kerja sangat berat. Itulah resiko seorang karyawan di kantor yakni dibebankan suatu pekerjaan dan gaji yang didapatkan kadang tidak mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Kalau hal ini terjadi maka anda harus mendapatkan penghasilan tambahan. Supaya kebutuhan hidup sehari-hari anda dan keluarga tercukupi dengan baik.

Banyak sebab yang membuat gaji seorang karyawan di kantor sudah tidak mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Salah satu yang utama adalah kebutuhan hidup yang semakin besar. Apalagi biaya hidup di kota besar. Dimana harga berbagai barang kebutuhan pokok semakin mahal saat ini. Sehingga gaji bulanan di kantor yang pas-pasan sudah tak mencukupi lagi. Hal ini membuat seorang karyawan harus berpikir kreatif dalam mendapatkan sumber penghasilan tambahan.

Mencari Uang Tambahan Bagi Karyawan Bergaji Kecil

Cara Mencari Uang Tambahan Bagi Karyawan Bergaji Kecil

Bagi anda yang penasaran, berikut ini kumpulan cara mencari uang tambahan bagi karyawan bergaji kecil, antara lain :

1.Menjadi karyawan freelance

Apa sih karyawan freelance itu? Suatu profesi karyawan yang diberikan tugas tertentu tanpa terikat dengan perusahaan tersebut. Dalam arti, tugas pekerjaan bisa dilakukan di waktu luang dan tanpa mengganggu pekerjaan utama di kantor. Cara ini sangat efektif bagi seorang karyawan gaji kecil untuk memperoleh tambahan uang. Seperti yang pernah dilakukan oleh penulis yang mempunyai pekerjaan utama sebagai karyawan administrasi di Perusahaan Sale Pisang. Untuk menambah pendapatan maka penulis bekerja sebagai content writer freelance di berbagai situs.

Namun untuk menjadi karyawan freelance tidak mudah. Anda mesti mempunyai bakat atau keterampilan yang bisa dijual. Misalkan jika sobat terampil menulis artikel maka anda bisa membuka usaha jasa penulisan artikel di internet. Apabila ahli menggambar maka anda bisa menawarkan diri menjadi desainer paruh waktu kepada berbagai perusahaan dan pihak yang membutuhkan jasa anda. Jika anda mempunyai keterampilan dalam membuat dan mendesain website maka anda bisa menjual jasa desain blog kepada orang lain. Ada berbagai blog atau forum yang bisa dijadikan alat promosi untuk menjual keterampilan anda. Seperti Projects.co.id, Upwork, Fiverr, dll.

2.Membangun Blog

Cara lain yang bisa dilakukan oleh seorang pegawai bergaji kecil untuk menambah pemasukan tambahan adalah dengan membangun blog. Atau bekerja sampingan menjadi seorang blogger. Sekarang ini profesi seorang blogger tidak lagi dipandang sebelah mata. Seiring dengan banyak blogger di tanah air dan dunia yang mampu menghasilkan uang perbulan hingga miliaran rupiah. Jika anda berprofesi sebagai karyawan saat ini dan memiliki hobi menulis maka tak ada salahnya untuk menjadi seorang blogger paruh waktu.

Penghasilan dari ngeblog bersifat pasiv income.  Sehingga ketika anda sedang tidur dan tidak bekerja sekalipun maka anda akan tetap menghasilkan uang dari blog. Ada banyak hal yang bisa anda bagikan di blog seperti soal teknologi, traveling, ekonomi, kuliner, otomotif, kesehatan dan niche lainnya yang sobat sukai untuk dibagikan. Seperti yang dilakukan oleh teman penulis yang bernama Zaldi. Saat ini ia bekerja sebagai karyawan tetap di Panasonic Indonesia di Bogor. Namun ia mempunyai penghasilan pasif dari blog yang telah dibangunnya. Dalam satu bulan, ia mampu menghasilkan uang tambahan dari blog sebesar Rp 1 juta.

Baca Juga : Kebiasaan Yang Membuat Kita Sukses

3.Buka Toko Online

Untuk menghasilkan uang tambahan, cara lain yang bisa ditempuh oleh seorang karyawan adalah dengan membuka toko online. Seiring dengan kemajuan teknologi, saat ini sangat mudah bagi anda untuk membuka toko online baik melalui marketplace maupun blog serta media sosial. Supaya toko online anda ramai pembeli maka anda hendaknya memilih barang atau produk yang sedang trend dan laris manis. Banyak karyawan yang bergaji kecil bisa memperoleh penghasilan tambahan yang lebih besar dengan membuka toko online di internet.

4.Investasi

Cara mendapatkan penghasilan tambahan lainnya bagi seorang karyawan adalah dengan berinvestasi. Seperti berinvestasi deposito. Misalkan seorang pegawai mendapatkan uang THR sebesar Rp 20 juta maka uang THR Itu diinvestasikan dalam bentuk deposito, reksadana, properti, emas maupun saham. Hal itu akan memberikan penghasilan tambahan karena profit yang didapatkan dari investasi tersebut.

Demikianlah beberapa cara mencari uang tambahan bagi karyawan bergaji kecil. Sebenarnya masih banyak lagi. Silahkan anda cari dan tambahkan sendiri.

Cara Menghemat Pengeluaran Sehari-Hari Dengan Bijaksana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *