Cara Mendapatkan Bantuan Modal Uang Untuk Usaha

Cara Mendapatkan Bantuan Modal Uang Untuk Usaha

Setiap jenis usaha pastinya membutuhkan modal uang untuk mendirikannya dari awal sampai siap beroperasi. Namun bagi orang yang tak mempunyai modal keuangan sama sekali atau memiliki modal terbatas, kadang menjadi sebuah halangan untuk membuka sebuah usaha. Mereka menjadi galau dan stres karena tidak bisa membiayai usahanya berdiri. Oleh sebab itu, pada kali ini penulis akan membahas cara mendapatkan bantuan modal uang untuk usaha bagi pemula baik dalam skala mahasiswa, pelajar maupun karyawan dan ibu rumahtangga.

Memang harus diakui untuk membuka suatu bisnis bukan perkara enteng. Dimana bukan hanya uang yang diperlukan. Tapi juga aspek penting lainnya seperti modal keterampilan, ide kreatif, wawasan, relasi dan pengalaman. Hal ini sama-sama disebut modal. Namun dalam bentuk tak nyata atau disebut juga modal tak berwujud fisik. Tapi kebanyakan orang lebih melihat dalam membuka usaha dari segi modal yang fisik yakni uang untuk dijadikan biaya operasional, biaya belanja, biaya promosi dan lain-lain.

Cara Mendapatkan Modal Uang Untuk Usaha

Semua bisnis pastinya memerlukan modal uang untuk menjalankannya. Apalagi dalam fase merintis usaha. Tanpa modal mustahil sebuah usaha bisa berdiri dan berjalan lancar. Paling banter, usaha bisa dijalankan dengan modal keuangan yang sangat kecil. Namun demikian, untuk sukses sebuah usaha modal uang kecil memerlukan kerja keras yang sangat tinggi dari pelaku usaha itu sendiri.

Cara Mendapatkan Bantuan Modal Uang Untuk Usaha

Bagi anda yang ingin mempunyai suatu usaha. Namun terbentur oleh modal keuangan yang anda miliki sangat terbatas. Berikut ini kumpulan cara mendapatkan bantuan modal uang untuk usaha bagi pemula, antara lain :

1.Menjual Aset

Apabila anda tidak mempunyai modal keuangan yang cukup baik. Seperti tidak mempunyai uang di kantong atau dompet sepeser pun. Padahal anda ingin buka suatu usaha dengan modal besar apa yang anda lakukan? Caranya sangat mudah. Anda coba melihat aset berharga yang anda miliki. Daripada aset anda tidak produktif lebih baik dijual dan dijadikan sebagai modal usaha.  Contohnya aset berharga yang bisa anda jual dan uangnya dijadikan modal usaha antara lain : tanah, rumah, emas, sepeda motor, mobil, dan aset lainnya.

Hal ini banyak dilakukan oleh para pengusaha pemula. Dengan menjual aset berharga maka anda akan mempunyai modal uang untuk membuka sebuah usaha. Dan tak berlangsung lama, dengan kerja keras, ketekukan, fokus dan pantang menyerah bisnis anda akan mampu menghasilkan keuntungan yang sangat besar. Sehingga anda bisa membeli lagi aset yang telah anda jual tersebut dengan lebih baik dan dalam jumlah banyak dari keuntungan bisnis dan usaha anda.

2.Uang Tabungan

Selama anda bekerja sebagai karyawan pastinya anda mendapatkan gaji. Yang kemudian gaji tersebut sebagian ditabung untuk biaya investasi di masa depan. Dan tak terasa ketika anda mengundurkan diri atau berhenti sebagai karyawan, hasil tabungan anda sudah sangat besar. Hasil tabungan itu bisa sobat jadikan sebagai modal untuk membuka suatu usaha. Inilah cara paling mudah untuk mendapatkan bantuan modal usaha bagi pemula tanpa bantuan siapapun.

3.Pinjaman uang dari orangtua, keluarga dan teman

Apabila anda membutuhkan suatu bantuan siapa orang yang pertama kali anda hubungi? Tentu saja orangtua, keluarga besar dan teman. Begitulah ketika anda membutuhkan modal uang untuk membuka suatu bisnis. Anda bisa meminta bantuan orangtua, keluarga dekat dan teman dalam soal permodalan. Utarakan niat baik anda untuk memulai sebuah usaha dan memerlukan dana dengan nilai sekian. Katakan sejujurnya bahwa anda hendak meminjam uang pada mereka untuk modal usaha. Pastinya dengan sukarela, mereka akan membantu anda dalam segi permodalan. Asalkan anda jujur dan mengembalikan uang secara tepat waktu.

Baca Juga : Mau Berhutang Pinjam Ke Orang Tua atau Ke Bank

4.Pinjam uang kepada perbankan atau koperasi

Meminjam modal uang untuk usaha bisa dilakukan ke berbagai orang dan lembaga. Salah satunya lembaga perbankan atau bank yang mempunyai modal keuangan tak terbatas. Anda bisa memilih bank syariah atau konvensional. Tapi pastikan bunganya sangat rendah sehingga tidak terlalu memberatkan dalam pembayaran. Namun untuk mengajukan pinjaman uang tunai di bank untuk modal usaha memerlukan persyaratan administrasi yang cukup ketat. Seperti mempunyai usaha yang telah berjalan satu tahun lebih, melampirkan proposal usaha, melampirkan jaminan atau agunan, dan lainnya.

Itulah beberapa cara mendapatkan bantuan modal uang untuk usaha. Sehingga jika anda memutuskan untuk memulai bisnis maka tak ada lagi alasan tidak melakukannnya. Karena untuk mencari modal usaha berupa uang sangat mudah. Seperti yang telah penulis uraikan di atas.

Kolektibilitas 5 Yang Tidak Disukai Bank – Macet

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *