Cara Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Kesulitan Keuangan

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Kesulitan Keuangan

Dalam menempuh hidup di dunia ini tak terasa waktu berjalan dengan cepat. Dari masa muda beralih ke masa dewasa. Hingga ke masa pensiun. Pada masa dewasa ini banyak hal penting yang perlu dipikirkan. Salah satunya adalah masalah keuangan. Dengan penghasilan yang dimiliki saat ini harus mencukupi membiayai kebutuhan hidup sehari-hari. Apalagi jika sobat telah mempunyai keluarga. Penghasilan yang didapatkan terkadang tidak memadai lagi ditengah banyaknya kebutuhan hidup yang harus dipenuhi dan naiknya harga barang kebutuhan pokok.

Jika anda mengalami masalah kesulitan keuangan seperti di atas maka jangan pernah menganggap sepele masalah ini. Dan jangan pernah membiarkan masalah ini berlarut-larut begitu saja tanpa solusi sehingga bertambah buruk keadaan dan menjadi masalah keuangan yang sangat besar. Sobat perlu mengetahui penyebab kesulitan keuangan yang anda hadapi saat ini dan mencari jalan keluarnya.

masalah kesulitan keuangan

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Kesulitan Keuangan

Untuk mengetahui lebih lengkap dan jelas, berikut ini kumpulan penyebab terbesar yang membuat sobat kesulitan keuangan dan cara mengatasi dan memperbaiki masalah kesulitan keuangan pribadi dan rumah tangga, antara lain :

1.Bersikap hidup konsumtif

Sebuah kata bijak mengatakan : “Seberapa besar penghasilan anda dapatkan maka akan tidak mencukupi selama anda bersikap konsumtif”. Pertanyaan sekarang apa yang dimaksud dengan sikap konsumtif? Yaitu sebuah prilaku atau gaya hidup yang sifatnya boros dan berfoya-foya. Dimana ia membeli berbagai barang padahal tidak ia butuhkan.  Dan tak terasa uang pun habis. Hal ini tentu saja menjadi salah satu penyebab kesulitan keuangan seseorang. Cara mengatasinya dengan membuat skala prioritas. Dimana hanya membeli barang-barang yang penting atau sangat dibutuhkan.

2.Keinginan untuk berfoya-foya

Sebagai orang yang masih muda pastinya mempunyai keinginan besar untuk hidup berfoya-foya menikmati gaji hasil kerja keras selama ini dengan cara membelanjakannya. Namun jika anda membelanjakan uang secara berlebihan pastinya akan membuat kesulitan keuangan bagi anda. Apalagi membeli berbagai barang yang sobat tak butuhkan. Oleh karena itu, saran penulis untuk memperbaiki keuangan yang sulit maka anda perlu menahan diri dalam membeli barang. Pastikan anda membeli barang kebutuhan pokok dahulu yang sangat penting bagi anda.

Tidak membuat pos anggaran dana darurat

3.Tidak membuat pos anggaran dana darurat

Hal lain yang bisa menjadi penyebab kesulitan keuangan bagi anda adalah anda tidak membuat pos anggaran dana darurat. Hal ini biasanya anda merasa tidak merasa begitu penting terhadap dana darurat. Sehingga setiap gajian maka gajian anda selalu habis untuk dibelanjakan. Padahal  alangkah baiknya anda secara rutin menyisihkan sebagian gaji anda untuk pos anggaran dana darurat. Cara ini dinilai efektif untuk mengatasi dan memperbaiki masalah kesulitan keuangan pribadi dan keluarga. Sebab pada suatu waktu bisa saja anda membutuhkan uang dalam jumlah besar untuk keperluan yang sangat penting dan mendesak. Di sinilah letak pentingnya dana darurat untuk menyelamatkan kondisi keuangan pribadi dan keluarga.

Baca Juga : Prinsip Keuangan Dengan Pola 10-20-30-40 Cara Unik Mengelola Keuangan

4.Tak menabung

Penyebab lainnya yang membuat anda mengalami kesulitan keuangan pribadi dan keluarga adalah tidak rutin menabung. Fungsi menabung sangat penting untuk memenuhi kebutuhan tertentu di masa depan. Sebab tidak semua kebutuhan dapat dengan gampang dipenuhi dalam kurun waktu yang sangat dekat. Ada sejumlah barang yang bisa dipenuhi dengan jangka waktu cukup lama. Misalkan kebutuhan untuk membeli tanah, rumah, ponsel android, dana pendidikan dan dana liburan maka anda perlu uang dalam jumlah besar. Semua kebutuhan itu bisa dicapai dengan cara anda selalu rutin menabung uang dalam jangka waktu menengah dan lama.

Memiliki utang

5.Memiliki utang

Salah satu penyebab kesuitan keuangan terbesar adalah utang. Seringkali seseorang berutang dalam jumlah besar tanpa memikirkan resiko di masa depan. Dengan demikian gaji yang selama ini mereka dapatkan selalu habis untuk membayar utang. Belum lagi untuk keperluan kebutuhan hidup sehari-hari membuat kondisi keuangan semakin sulit. Oleh karena itu, untuk memperbaiki kondisi kesulitan keuangan pribadi apabila sobat mempunyai utang saat ini maka cobalah untuk segera melunasinya. Dan jangan pernah mencoba berhutang lagi.

Cara mengatasi dan memperbaiki masalah kesulitan keuangan di atas semoga bisa memberikan manfaat yang sebesar besarnya bagi para pembaca semua. Anda bisa mempraktekannya dengan tetap bersikap hemat, menambah pemasukan dan bersikap cerdas mengelola keuangan.

Cara Menghemat Pengeluaran Sehari-Hari Dengan Bijaksana

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *