Cara Mengatur Keuangan Pribadi untuk Pelajar / Mahasiswa

Cara Mengatur Keuangan Pribadi untuk Pelajar Mahasiswa

 Cara mengatur keuangan pribadi – siapa pun pasti senang menghabiskan uang untuk keperluan tertentu atau untuk sekedar bersenang – senang. Bukan hanya orang yang sudah bekerja saja yang suka menghabiskan uang untuk keperluan tidak penting. Kadang, anak muda yang masih di bangku kuliah pun juga ada yang gemar menghabiskan uang sakunya untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terlalu penting. Alasannya sederhana, jika tidak melakukan hal itu maka belum bisa mendapatkan banyak teman. Itu sebenarnya alasan klasik yang bahkan sudah tidak keren lagi untuk diterapkan. Kini eranya di mana perubahan menjadi lebih baik dengan cara cerdas harus digemakan ke seluruh kalangan anak muda. Apalagi pemuda yang masih sering  menerima uang saku dari orang tua, seharusnya malu dong jika tidak bisa menggunakannya dengan cerdas dan bijak.

Cara mengatur keuangan pribadi

Yuk ikuti petunjuk di bawah ini tentang cara mengatur keuangan pribadi untuk kalangan anak muda mahasiswa.

Buat catatan pengeluaran setiap hari

Berapa pun uang saku yang kamu terima, jangan langsung membelanjakannya untuk memenuhi hasrat kamu untuk belanja membeli ini itu atau jalan – jalan ke sana sini dengan teman untuk sekedar bersenang – senang saja. Setiap kali menerima uang, langsung hitung berapa jumlah yang kamu dapatkan. Lalu tulis di buku catatan kamu. Selanjutnya, gunakan uang kamu dengan bijak dan jangan sembarangan dalam membeli barang terutama yang tidak begitu penting. Apa saja yang harus dibayar dengan uang tersebut? simak ulasan berikutnya di nomor 2.

Lunasi semua tagihan terlebih dahulu

Uang memang alat untuk memenuhi kebutuhan. Tetapi tidak semua kebutuhan boleh seenaknya langsung dibayar atau dibeli begitu saja. Dalam ilmu ekonomi, kita belajar untuk memenuhi kebutuhan yang paling prioritas terlebih dahulu. Nah, bagi anak muda seperti mahasiswa tentunya kebutuhan utama yang harus dipenuhi ialah bayar biaya SPP kampus. Kemudian bagi yang tinggal di asrama atau kost maka juga perlu untuk membayar tagihan kost terlebih dahulu. Kebutuhan belajar juga harus dipenuhi setelahnya karena hal itu juga penting dan termasuk alat pendukung untuk aktifitas belajar. Baru jika semua sudah terpenuhi dengan baik, sisa uang yang masih ada boleh digunakan untuk membeli keperluan yang lainnya.

Memiliki kebiasan boros dalam hal keuangan ? lakukan tips sederhana ini

Sisihkan uang walau sedikit

Jangan meremehkan poin nomor 3 ini. Menyisihkan uang itu penting untuk kamu sebagai salah satu manajemen keuangan yang baik bagi anak muda terutama pelajar. Uang saku yang sudah digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan mulai dari kebutuhan tagihan hingga pembayaran biaya kuliah, pasti menyisakan beberapa untuk digunakan sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan  hidup lainnya. sisihkan saja sebagian untuk ditabung. Menabung pun tidak harus dengan memasukkan uang ke rekening bank kamu. Toh menabung di bank juga ada biaya administrasi per bulannya sehingga tabungan kamu juga akan rutin dipotong per bulan oleh bank. Sebagai alternatifnya, kamu bisa membeli kotak atau wadah penyimpan uang untuk kamu menabung uang – uang kecil mulai dari nominal 500 rupiah hingga 10 ribu rupiah. Kumpulkan saja seadanya sedikit demi sedikit dan gunakan ketika sedang ada keperluan mendesak saja. Bagi kamu yang ingin menabung di bank pun juga boleh, tetapi dengan catatan harus bijak menggunakan fasilitas ATM yang diberikan oleh bank.

Jangan gampangan menggunakan ATM

ATM merupakan salah satu fasilitas yang diberikan oleh bank bagi nasabah yang memiliki akun rekening di bank tersebut. ATM memiliki banyak sekali kegunaan mulai dari penarikan uang secara tunai, transfer ke bank sesama atau bank lain, membayar tagihan listrik, pulsa, dan lain – lain. keberadaan ATM ini memang mudah untuk dipakai oleh nasabah dalam memenuhi kebutuhan. Tetapi jangan berlebihan menggunakan ATM. Salah satu fasilitas ATM ialah bisa digunakan untuk membayar belanja di pusat perbelanjaan. Kemudahan inilah yang kemudian banyak dimanfaatkan orang – orang untuk membayar belanjaannya dengan menggunakan kartu debet ini. Memang lebih praktis dan yang pasti tidak perlu membawa lebih banyak uang ke sana sini. Akan tetapi, bagi anak muda yang masih dalam status pelajar lebih baik tidak terlalu sering menggunakan ATM untuk belanja seperti ini. Jika terlalu sering, bisa – bisa uang yang ditabung dalam rekening terkikis pelan – pelan.

Lakukan kerja paruh waktu

Ini dia cara mengatur keuangan pribadi yang ke-5. Bagi anak muda yang masih belajar, melakukan pekerjaan paruh waktu itu sangat dianjurkan karena selain untuk menambah uang saku bisa juga untuk mencari pengalaman baru. Tetapi harus dengan catatan bahwa kerja paruh waktu yang dilakukan tidaklah mengganggu belajar. Misalnya ialah mengajar les privat. Peluang ini sangat banyak bagi mahasiswa untuk mengajari anak – anak yang masih sekolah.

Itulah 5 cara mengatur keuangan pribadi untuk anak muda yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa.

Gaya Hidup Sederhana Minimalis di Indonesia dengan Sedikit Barang

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *