Cara Menghemat Pengeluaran Sehari-Hari Dengan Bijaksana

Cara Menghemat Pengeluaran Sehari-Hari Dengan Bijaksana

Ditengah kesulitan ekonomi yang melanda sebagian masyarakat di tanah air. Disebabkan beberapa hal. Salah satunya naiknya berbagai harga barang dan kebutuhan pokok serta meningkatnya biaya hidup di kota terkadang membuat penghasilan yang didapatkan selama ini tidak mencukupi lagi. Oleh sebab itu tak ada pilihan lain bagi kita. Ada dua pilihan yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan keuangan yakni berhemat dan mencari penghasilan tambahan.

Namun cara yang paling cepat untuk dilakukan dan mudah adalah melakukan penghematan. Dengan berhemat diharapkan penghasilan yang dimiliki saat ini bisa mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Karena penyebab kesulitan keuangan mayoritas karena banyaknya pengeluaran padahal pemasukan sangat sedikit. Lalu apakah sama pelit atau kikir itu dengan berhemat? Tentu saja sangat berbeda.

Hemat Uang

Berhemat merupakan suatu aktifitas untuk menjaga agar pengeluaran tidak sia-sia dan berlebihan  tapi sesuai  dengan peruntukannya. Dengan melakukan penghematan keuangan berarti kita memikirkan hidup bukan hanya hari ini tapi juga masa mendatang. Ada banyak manfaat yang dapat kita ambil dari kegiatan berhemat terutama mewujudkan masa depan yang lebih baik. Dengan berhemat sedini mungkin maka di masa mendatang kita bisa melakukan investasi, membeli mobil, membeli rumah, membiayai masa pensiun, membiayai pendidikan anak dan lain sebagainya.

Cara Menghemat Pengeluaran Sehari-Hari dengan Bijaksana

Bagi anda yang saat ini sedang mengalami kesulitan keuangan atau ingin mewujudkan masa depan yang lebih baik maka anda perlu melakukan pola hidup hemat saat ini. Berikut ini cara menghemat pengeluaran sehari-hari dengan bijaksana, antara lain :

1.Mengurangi makan dan minum di luar

Pola hidup seseorang sangat berdampak pada kesehatan keuangan. Jika anda termasuk tipe orang yang suka jajan dan makan di luar pada waktu jam istirahat atau sepulang kerja maka anda bisa memperhitungkan kembali kebiasaan ini. Sebab kebiasaan ini jika sering dilakukan bisa disebut pemborosan keuangan. Anda bisa berhemat dengan cara membawa bekal makanan di rumah. Bandingkan sekali makan di cafe atau restoran sebesar Rp 50 ribu. Sedangkan apabila anda membawa makanan di rumah maka biaya tidak sebesar itu. Sehingga penghematan bisa dilakukan.

Pada suatu surat kabar tercantum seorang pria yang menghabiskan uang Rp 10 juta hanya untuk sekedar minum kopi. Hal ini tentu saja sebuah pemborosan. Ia bisa melakukan penghematan dengan cara tidak minum kopi di luar. Tapi membuat kopi sendiri di rumah yang biayanya jauh lebih murah. Dari penghematan ini bisa didapatkan uang dalam jumlah besar untuk investasi di masa depan.

Baca Juga : Prinsip Keuangan Dengan Pola 10-20-30-40

2.Belanja di mal apabila ada kebutuhan

Coba kalkulasikan berapa sering anda belanja ke mall atau pusat perbelanjaan dalam satu bulan? Hitung berapa biaya parkir, biaya makan di mall, biaya membeli barang yang tidak begitu dibutuhkan dan lain sebagainya. Oleh sebab itu salah satu cara untuk menghemat pengeluaran adalah tidak mengunjungi mall terlalu sering. Tapi berkunjunglah ke mall apabila ada suatu kebutuhan bagi anda yang sangat mendesak dan penting.

3.Bayar angsuran hutang secara tepat waktu

Jika anda mempunyai keinginan untuk membeli sesuatu barang elektronik atau otomotif pastikan anda membelinya secara tunai. Namun apabila anda terpaksa membelinya secara kredit maka pastikan anda membayar cicilan secara tepat waktu. Supaya anda terhindar dari denda dan penalti. Dengan demikian bisa dilakukan penghematan yang cukup berarti. Lunasilah segala cicilan kredit secepat mungkin.

4.Memakai satu kendaraan bermotor bersama

Apabila anda mempunyai rekan kerja yang pergi ke kantor pada waktu jam yang sama dengan anda dan rute yang sama maka alangkah baiknya untuk pergi bersama-sama dengan satu alat transportasi. Sehingga bisa mengurangi biaya pengeluaran untuk sarana transportasi.

5.Mengurangi kegiatan liburan

Jika anda sering mengadakan acara liburan satu minggu sekali maka anda bisa mencoba untuk mengadakan acara liburan satu bulan sekali. Atau jika anda sering liburan ke luar negeri maka saat ini mulailah untuk berlibur dengan biaya murah ke daerah wisata yang dekat dengan tempat tinggal anda. Karena ini salah satu cara untuk menghemat pengeluaran sehari-hari.

6.Menghemat pemakaian listrik

Salah satu cara menghemat pengeluaran sehari-hari adalah menghentikan pemborosan listrik dari perangkat elektronik di rumah yang digunakan. Misalkan membiarkan stop kontak atau kabel tersambung dengan listrik bisa menjadikan sebuah pemborosan. Sebab listrik masih tersedot walaupun alat elektronik mati. Pendek kata, matikan semua perangkat elektronik dengan cara mencabut kabelnya langsung dari sumber listrik.

Itulah beberapa cara menghemat pengeluaran sehari-hari dengan bijaksana. Anda bisa mencobanya sendiri. Selamat mencoba!

Gaya Hidup Sederhana Minimalis di Indonesia dengan Sedikit Barang

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *