Cara Rescheduling Untuk Tagihan Kartu Kredit

Cara Rescheduling Untuk Tagihan Kartu Kredit

Makna Rescheduling Tagihan kartu kredit
Sama seperti arti dari bahasa untuk terjemahan reschedule itu sendiri yaitu Menjadwal Ulang. Maka Untuk pemahaman tentang Rescheduling tagihan pada kartu kredit yaitu pengaturan system pembayaran total tagihan ke dalam bentuk angsuran tetap. Sederhananya adalah menjadikan seluruh total tagihan kartu kredit menjadi angsuran tetap.

Syarat Untuk dapat Mengajukan Rescheduling Tagihan kartu kredit
Hampir disemua Bank Di seluruh Indonesia mempunyai suatu program rescheduling tagihan dengan ketentuan dan syarat adalah kartu kredit tersebut adalah sudah bermasalah dengan pembayaran cicilan, Seperti Terlambat Satu bulan , dua bulan bahkan lebih dari tiga bulan, Kartu kredit tersebut sudah diblokir karena tidak ada pembayaran, atau bisa saja karena adanya program penutupan kartu kredit sepihak oleh bank penerbit.

Untuk kartu kredit yang tidak mempunya masalah, kalau mau mengajukan program rescheduling silahkan dicoba terlebih dahulu untuk menghubungi pihak collection bank penerbit masing-masing. Silahkan lakukan diskusi terlebih dahulu kenapa anda ingin mengajukan program reschedule tagihan ini, biasanya dengan pertimbagan yang masuk akal pihak bank penerbit akan dapat membantu.

Kondisi Kartu Kredit Setelah program Rescheduling
Setelah tagihan kartu kredit disetujui untuk masuk program reschedule maka kartu kredit tersebut otomatis akan terblokir dan tidak dapat digunakan kembali. Bila tagihan cicilan sudah lunas, Pengajuan aktivasi kartu kredit tetap dapat dilakukan, Tapi jarang sekali bank penerbit untuk menyetujui aktivasi kartu kredit kembali untuk kartu yang terblokir karena masalah pembayaran angsuran.

Program Rescheduling
Program rescheduling hampir sama disemua Bank, Baik itu Bank Mandir, BRI , BNI, BCA, ataupun bank penerbit lainnya. Yaitu memberikan suatu kemudahan pembayaran dengan pilihan angsuran tetap, mulai dari 3, 6, 12, 18, sampai 24 bulan. Program rescheduling tagihan tetap mengenal yang namanya bunga walaupun jauh lebih ringan dari bunga reguler kartu kredit. Misalkan 0.5% atau 1% dibandingkan dengan bunga reguler pada persentase 2.95%.

Tagihan kartu kredit yang mengikuti program rescheduling harus tetap dibayarkan sesuai dengan perjanjian sebelum jatuh tempo. Karena walaupun sudah mengikuti program rescheduling, untuk setiap tagihan yang terlambat atau kurang bayar akan tetap dikenakan denda keterlambatan dan bunga reguler.

Nominal Tagihan yang direschedule
Banyak Kartu Kredit yang mempunyai Tagihan di atas batas limit kartu kredit yang diberikan oleh bank penerbit. Contohnya Limit kartu kredit hanya 15 Juta tetapi tagihan sudah di angka 19 Juta. Kebanyakan Bank penerbit yang ada di Indonesia tidak akan menghitungkan seluruhan tagihan yang tertulis pada lembar tagihan. Yang dianggap sebagai utang hanyalah sebesar limit kartu kredit anda meskipun hal demikian ini tentunya adalah program yang harus digali dan dicermati oleh para nasabah.

Program yang harus dicermati oleh nasabah itu maksudnya adalah dengan bernegoisasi atau berpintar-pintar menawar saat sedang berdiskusi dengan pihak collection. Ketika nominal billing tagihan kartu kredit yang tercatat pada lembar tagihan adalah 20 juta sementara limit yang anda punya hanya 15 juta, maka mintalah dan mohon keringanan kepada pihak collection, biasanya mereka akan mengurangi tagihan atau cicilan dan hanya akan menagihkan sebesar limit kartu kredit anda saja. Jadi denda keterlambatan, bunga, biaya over limit yang telah muncul setelah bermasalah dengan pembayaran akan dihapuskan.

Bagaimana Cara mengetahui Nomor collection bank BCA BNI Mandiri
Informasi Nomor collection tidak sepopuler nomor call center Bank, Untuk mengetahui Nomor collection bank anda dapat menghubungi call center. Jadi Untuk mengetahui Nomor collection bank, silahkan menghubungi bank penerbit anda.

Keuntungan Mengikuti Program Rescheduling Tagihan :

  • Bunga berjalan jauh lebih ringan
  • Terhindar dari denda keterlambatan
  • Dianggap mempunyai itikad niat baik oleh bank
  • Tidak menjadi suatu beban pikiran lagi
  • Adanya potongan atau keringan nominal hutang sampai mencapai batas limit
  • Tidak selalu dikejar-kejar oleh collection

Tips dalam mengikuti program Rescheduling

  • Hubungi collection dengan niatan untuk berdiskusi
  • Bayar tagihan cicilan setelah program rescheduling dengan nominal yang sesuai perjanjian tertulis secara tepat waktu

Demikianlah informasi yang dapat kami sajikan mengenai Cara Rescheduling Untuk Tagihan Kartu Kredit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *