Cara Sederhana Mengelola Gaji Bulanan Kecil Untuk Karyawan

Cara Sederhana Mengelola Gaji Bulanan Kecil Untuk Karyawan

Topik keuangan merupakan topik yang tidak akan pernah habis untuk dibahas. Karena tema keuangan adalah hal paling penting yang harus dikuasai seseorang. Supaya hidupnya tidak melarat dan sengsara. Tapi ia bisa hidup sejahtera dan tercukupi dengan baik sehari-hari. Apalah artinya gaji besar kalau tidak mampu mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Di sinilah letak pentingnya manajemen keuangan yang sering disebut dengan pendidikan finansial.

Setiap karyawan pastinya mempunyai gaji dari upah atas pekerjaannya. Namun tak aneh jika banyak karyawan yang gajinya habis setiap bulan sebelum gajian lagi. Bahkan harus berutang. Kemudian setelah gajian maka hutang dibayar. Lalu gaji tidak cukup dan berhutang lagi. Itulah yang dikenal dengan peribahasa Gali Lubang Tutup Lubang. Kehidupan karyawan hanya seputar itu. Gaji habis lalu berutang. Dan gaji sebesar apapun tidak mencukupi kebutuhan hidup.

Gaji Bulanan Kecil Untuk Karyawan

Apabila anda saat ini mengalami hal di atas berarti ada yang salah dengan manajemen keuangan anda. Anda harus belajar mengelola gaji bulanan agar mencukupi setiap bulan. Bagi seorang pemula atau kawula muda tentu akan merasakan kesulitan di tengah banyaknya kebutuhan hidup yang diperlukan. Oleh sebab itulah, penulis akan menjelaskan cara sederhana mengelola gaji bulanan kecil untuk karyawan. Diharapkan dengan gaji kecil seorang karyawan bisa hidup makmur dan sejahtera.

Pengertian Manajemen Risiko Keuangan Pribadi

Cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil sebenarnya sangat mudah. Jika anda sudah terbiasa mengelola keuangan dengan baik sejak dini. Seperti membuat anggaran, mencatat pengeluaran, bersikap hemat, bersikap dermawan, suka menyisihkan sebagian gaji untuk ditabung dan dijadikan investasi dan kebiasaan baik lainnya. Dengan demikian, masa depan akan diraih dengan gemilang. Seperti bisa pensiun muda dan pensiun kaya, berinvestasi saham, properti, membeli sepeda motor, mobil, rumah,  dan lain sebagainya.

Cara Sederhana Mengelola Gaji Bulanan Kecil Untuk Karyawan

Penulis merupakan salah seorang pakar manajemen keuangan yang baik. Yang mengetahui cara mengatur gaji mingguan, rumus mengatur gaji, cara mengelola gaji 3 juta dan lain-lain. Bagi anda yang ingin mengatur keuangan dengan baik maka berikut ini cara sederhana mengelola gaji bulanan kecil untuk karyawan yaitu yang utama adalah membuat pos anggaran pengeluaran. Untuk pos anggaran sendiri terbagi berbagai macam, antara lain :

1.Pos Kebutuhan Hidup

Pos keuangan untuk kebutuhan hidup mencakup biaya makan sehari-hari, biaya pulsa atau biaya komunikasi, bayar air PAM dan listrik bulanan, biaya sewa kontrakan, biaya transportasi dan biaya sejenisnya.

2.Pos Tabungan

Hal selanjutnya setelah mengambil sebagian gaji untuk pos kebutuhan hidup sehari-hari adalah untuk pos tabungan. Anda bisa menyisihkan sebagian gaji untuk ditabung. Besarannya tergantung kemampuan anda. Semakin besar maka semakin bagus. Pos tabungan ini sangat bermanfaat bagi kehidupan anda di masa mendatang baik untuk keperluan dana darurat atau sarana investasi. Sehingga harta yang anda miliki bertambah banyak.

3.Pos Kesehatan

Kesehatan adalah hal penting dalam kehidupan seseorang. Dengan tubuh sehat akan bisa bekerja dengan baik. Biaya kesehatan adalah pos keuangan yang harus anda siapkan. Karena biaya kesehatan yang setiap hari semakin mahal. Apalagi seseorang tidak selamanya sakit. Suatu saat bisa terjadi mengalami sakit. Oleh sebab itu, untuk menjaga keselamatan keuangan maka anda perlu menyiapkan pos pengeluaran kesehatan. Anda bisa mengikuti asuransi kesehatan swasta komersial atau BPJS Kesehatan.

Ekonomi Gokil Zaman Now

Namun jika perusahaan anda menanggung biaya proteksi kesehatan seratus persen dengan memberikan asuransi kesehatan swasta atau BPJS gratis maka uang dari pos kesehatan ini bisa ditambahkan kepada pos lain yang penting. Seperti pos tabungan, pos investasi, pos rekreasi, pos hobi, pos amal sosial, pos pengembangan diri atau pendidikan dan lain sebagainya.

4.Pos Dana Darurat

Jika anda belum mempunyai pos dana darurat maka segeralah untuk membuat anggaran bagi dana darurat. Berbeda sekali dana darurat dengan pos tabungan. Dana darurat dipergunakan untuk sebuah keperluan yang tiba-tiba ada dan darurat. Sedangkan pos tabungan adalah sebuah pos anggaran untuk investasi. Pada gajian pertama usahakan seluruhnya dijadikan dana darurat.

Cara sederhana mengelola gaji bulanan kecil untuk karyawan di atas akan menjadi percuma jika tidak dilaksanakan dengan baik dan disiplin. Semoga apa yang penulis sampaikan bisa sedikit membantu anda dalam mengelola keuangan yang baik untuk kesejahteraan di masa depan. Silahkan untuk mempraktekkan!!

Bisakah Uang Membeli Kebahagiaan?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *