Daftar Jenis Investasi Syariah Terbaik 2018 Paling Menguntungkan

Negara Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk beragama Islam terbanyak di dunia. Di Indonesia sendiri mayoritas penduduknya memeluk agama Islam sekitar 96 persen. Sedangkan sisanya beragama Kristen, Budha, Hindu, dan Konghucu. Melihat betapa besarnya penduduk muslim di tanah air membuat kesadaran masyarakat sangat tinggi untuk menjalankan ajaran agama Islam secara kaffah dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam berinvestasi dan muamalah, ajaran agama Islam mensyariatkan bahwa setiap transaksi investasi harus terbebas dari riba dan gharar. Sebagaimana tercantum dalam Al Qur’an bahwa Allah SWT menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Jenis investasi yang terkadang masih terdapat unsur riba di Indonesia masih banyak seperti deposito, tabungan dll yang bersifat konvensional. Hal itulah yang membuat banyak orang yang beragama Islam ketakutan berinvestasi di lembaga perbankan saat ini.

Namun seiring bermunculan bank-bank syariah di Indonesia dengan layanan produk investasi syariah terbaik membuat banyak muslim tidak takut lagi dalam berinvestasi. Mereka bisa melakukan investasi secara halal, berkah dan sesuai prinsip-prinsip syariah. Sebab mereka percaya dengan melakukan investasi syariah maka keuntungan yang didapatkan bukan hanya di dunia tapi juga di akhirat.

Daftar Jenis Investasi Syariah Terbaik 2018 Paling Menguntungkan

Untuk mengetahui secara lengkap, berikut ini daftar jenis investasi syariah terbaik 2018 paling menguntungkan, antara lain :

1.Saham Syariah

Saham Syariah

Secara sederhana, saham syariah yaitu sebuah saham yang dijalankan sesuai prinsip-prinsip syariah. Dimana usaha yang dijalankan tidak berlawanan dengan syariat Islam. Tidak mengandung unsur riba, judi, dan penipuan. Namun usaha yang halal dan dijalankan secara halal pula. Anda bisa membeli saham syariah dengan melihat terlebih dulu Daftar Efek Syariah di Bursa Efek Indonesia.

2.Obligasi Syariah

Obligasi Syariah

Investasi syariah ini sering disebut Sukuk atau Surat Utang. Sebuah bukti kepemilikan secara bersama-sama atas sebuah proyek atau aset. Dana yang bergulir dalam obligasi syariah dipergunakan untuk kegiatan usaha yang halal. Dengan berinvestasi obligasi syariah maka anda akan mendapatkan keuntungan berupa bagi hasil sesuai nisbah yang telah ditetapkan sesuai kesepakatan sebelumnya.

3.Reksadana Syariah

Reksadana

Investasi ini berupa penyertaan modal yang diberikan oleh investor pada perusahaan investasi. Uang yang disetorkan kemudian dikelola oleh manajer investasi untuk diinvestasikan dalam produk investasi di pasar modal. Misalnya pasar uang, obligasi, dan saham yang dijalankan sesuai prinsip syariah dan termasuk kategori Daftar Efek Syariah.

Hal yang paling menggembirakan saat ini untuk berinvestasi reksadana syariah tidak memerlukan modal besar. Di beberapa perusahaan manajemen aset dengan modal Rp 100 ribu seseorang sudah bisa memulai investasi reksadana syariah. Untuk berinvestasi reksadana syariah maka anda bisa mendatangi kantor pusat bank syariah terdekat.

4.Emas syariah

Emas syariah

Sekarang ini sedang trend berinvestasi emas di tanah air. Ada banyak jenis emas yang bisa dijadikan sarana investasi seperti emas antam, emas batangan dan emas perhiasan. Emas murni batangan merupakan salah satu benda berharga yang bisa dijadikan sarana investasi dalam jangka panjang. Karena harga emas mengalami kenaikan setiap tahunnya. Keuntungan yang didapatkan dari berinvestasi emas sangat banyak. Salah satunya harga emas yang cenderung naik setiap tahun, mudah dijual kembali, bisa mengimbangi laju inflasi dan lain sebagainya.

5.Deposito Syariah

Deposito Syariah

Hampir semua bank syariah di Indonesia menyediakan layanan produk investasi deposito syariah. Seperti Bank Muamalat, bank Syariah Mandiri, bank BRI Syariah, BJB Syariah, Bank Mega Syariah dan lain-lain. Untuk melakukan investasi deposito syariah maka anda bisa mendatangi kantor bank syariah terdekat. Kemudian mengutarakan niat untuk berinvestasi deposito dengan nilai nominal uang yang ditentukan. Kemudian anda diwajibkan mengisi formulir deposito dan menandatangani di atas materai.Untuk deposito syariah bisa memilih jangka waktu dari satu bulan, tiga bulan, satu tahun hingga dua tahun. Pembagian bagi hasil dilakukan secara otomatis melalui rekening tabungan di bank syariah bersangkutan.

6.Investasi properti

Investasi properti

Daftar jenis investasi syariah terbaik 2018 paling menguntungkan lainnya adalah investasi dalam sektor properti. Seperti rumah, tanah atau apartemen. Setelah anda membeli properti tersebut bisa disewakan atau dijual kembali secara tunai. Dan kalaupun harus dijual secara kredit maka mesti menghindari unsur riba dan bunga dalam cicilannya.

Dengan berinvestasi pada daftar jenis investasi syariah terbaik 2018 paling menguntungkan di atas diharapkan para pembaca mempunyai masa depan yang lebih baik, berkah dan selamat dunia akhirat.

Beberapa Jenis Investasi Yang Paling Aman Dan Menguntungkan

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *