Daftar Kartu Kredit Syariah Terbaik dan Keuntungannya

Daftar Kartu Kredit Syariah Terbaik dan Keuntungannya

Produk syariah sudah mulai diminati para penduduk Indonesia. Hal ini tak terlepas dari mayoritas penduduk di tanah air yang beragama Islam. Apalagi tingkat kesadaran masyarakat muslim sudah cukup tinggi untuk melaksanakan semua ajaran agama Islam secara kaffah termasuk dalam bermuamalah. Sehingga berbagai produk syariah seperti saham syariah, reksadana syariah, deposito syariah, hingga kartu kredit syariah mulai dilirik banyak orang. Bahkan popularitas produk syariah terus semakin meningkat pesat dan kian diminati banyak orang di tanah air.

Mekanisme dan Hukum Kartu Kredit Syariah

Pangsa pasar yang sangat besar dari produk syariah membuat bisnis produk syariah laris manis dan tumbuh subur di Indonesia. Salah satunya kartu kredit. Di Indonesia mengenal kartu kredit konvensional dan kartu kredit syariah. Walaupun namanya sama kartu kredit tapi dari segi hukum dan mekanisme sangat berbeda. Kartu kredit syariah dijalankan sesuai dengan prinsip dan ketentuan syariah yang bersumber pada al Qur’an dan hadits.

Mekanisme dan Hukum Kartu Kredit Syariah

Untuk hukum dan mekanisme kartu kredit syariah mengacu pada peraturan Dewan Syariah Nasional Nomor 54 tahun 2006 mengenai tatacara pelaksanaan dan sistem kartu kredit syariah. Dijabarkan bahwa kartu kredit syariah mempunyai kegunaan yang sama seperti kartu kredit konvensional. Namun dalam tatacara pelaksanaan, sistem mekanisme dan akad sangat berbeda. Saat ini ada dua bank yang sudah menerbitkan kartu kredit syariah yakni Bank BNI Syariah dan CIMB Niaga Syariah.

Keuntungan Kartu Kredit Syariah

Berikut ini beberapa keuntungan kartu kredit syariah, antara lain :

1.Dilaksanakan sesuai prinsip dan kaidah syariah

Akad yang dijalankan sebagai pengganti bunga sesuai prinsip syariah dan sangat jelas serta transparan. Tidak adanya unsur penipuan maupun kecurangan.

2.Tak ada bunga

Jika pada kartu kredit konvensional diterapkan sistem bunga berbunga apabila terjadi keterlambatan dalam pembayaran hutang kartu kredit. Tapi pada kartu kredit syariah tidak menerapkan sistem bunga berbunga. Namun yang diterapkan sebagai pengganti sistem bunga adalah sistem akad yang sesuai dengan kaidah syariat.

3.Biaya administrasi lebih rendah

Selain mendapatkan keuntungan dari akad, kartu kredit syariah memperoleh laba dari biaya administrasi. Namun biaya administrasi kartu kredit syariah lebih kecil ketimbang biaya administrasi di kartu kredit bank konvensional.

4.Jangkauan luas

Kartu kredit syariah bisa dipergunakan untuk memenuhi segala kebutuhan anda. Seperti menarik uang secara cash di ATM, membeli tiket pesawat, membeli tiket kereta api untuk mudik, membayar biaya listrik dan air bulanan, membayar tagihan telepon atau pulsa dan lain sebagainya. Selain bisa dipergunakan di dalam negeri, kartu kredit syariah dapat pula dipergunakan di luar negeri. Dengan adanya support langsung dari Master Card International.

5.Sistem amal bukan denda

Pada bank konvensional jika seseorang terlambat dalam melunasi tagihan kartu kredit maka akan kena denda atau bunga berbunga. Dan itu merupakan keuntungan utama dari kartu kredit konvensional. Hal ini berbeda sekali dengan kartu kredit syariah yang jika seseorang terlambat dalam membayar tagihan maka tetap dikenakan denda. Namun denda ini diberikan kepada lembaga sosial.

6.Tarik tunai via ATM

Sama seperti kartu kredit konvensional, kartu kredit syariah menyediakan fasilitas tarik tunai di ATM. Tapi yang menjadi kelebihannya, biaya tarik tunai memakai kartu kredit syariah lebih kecil ketimbang biaya tarik tunai menggunakan kartu kredit konvensional.

Tips dan Pilihan Pinjaman Tanpa Riba Dengan Mudah

Daftar Kartu Kredit Syariah Terbaik dan Keuntungannya

Jika anda ingin membuat kartu kredit syariah sangat mudah. Berikut ini beberapa kartu kredit syariah terbaik yang bisa anda pilih, antara lain :

1.CIMB Niaga Syariah Mastercard Gold Card

CIMB Niaga Syariah Mastercard Gold Card

Kartu kredit yang dterbitkan oleh bank CIMB Niaga Syariah yang memberikan layanan gratis biaya iuran tahunan, setiap transaksi sebesar Rp 5000 memperoleh cashback dan reward, memberikan potongan harga sampai 30 persen di sejumlah restoran di tanah air, dan lain sebagainya. Untuk mengajukan pembuatan kartu kredit syariah ini, anda diwajibkan mempunyai pendapatan perbulan minimal Rp 3 juta.

2.CIMB Niaga Syariah Gold

CIMB Niaga Syariah Gold

Kartu kredit ini diperuntukan bagi semua kalangan. Untuk mendapatkan kartu kredit syariah ini, seseorang mesti mempunyai penghasilan paling kecil Rp 3 juta perbulan atau minimal penghasilan Rp 36 juta pertahun. Fasilitas yang tersedia adalah adanya point reward. Dengan biaya iuran tahunan sekitar Rp 3 juta.

Demikian kumpulan atau daftar kartu kredit syariah terbaik dan keuntungannya yang dapat saya sampaikan pada kali ini. Mudah-mudahan bisa memberikan inspirasi dan manfaat bagi anda khususnya bagi penulis.

Perbedaan Kartu Kredit Syariah VS Kartu Kredit Konvensional

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *