Jumlah Nominal Yang Harus Dibayar Ketika Terkena Denda Kartu Kredit

Jumlah Nominal Yang Harus Dibayar Ketika Terkena Denda Kartu Kredit

Kartu kredit merupakan alat yang digunakan untuk transaksi dengan sistem kredit. Kartu kredit dapat dimiliki oleh siapapun yang ingin memilikinya dengan memenuhi syarat dan ketetapan yang telah ditetapkan oleh Bank. Salah satu yang telah ditetapkan oleh Bank adalah jumlah denda kartu kredit yang dikenakan ketika terlambat membayar tagihan kartu kredit.

Jika tidak ingin terkena denda kartu kredit, harus melakukan pembayaran tagihan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan oleh pihak Bank. Berapa jumlah nominal yang harus dibayar ketika terkena denda? Tentu kebijakan setiap Bank berbeda-beda sesuai dengan jenis denda kartu kredit yang anda miliki. Berikut jenis denda kartu kredit beserta besaran nominalnya :

Denda Keterlambatan Pembayaran

Denda keterlambatan pembayaran wajib dibayar oleh pengguna kartu kredit apabila melewati batas jatuh tempo pembayaran yang telah ditetapkan. Sesuai  dengan surat edaran yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia No. 14/ 17/DASP terkait keterlambatan nasabah dalam membayar tagihan kartu kredit. Jumlah denda yang dikenakan kepada pemegang kartu kredit, maksimal dikenakan 3% dari total tagihannya. Besarnya pembayaran denda kartu kredit berkisar antara Rp.25.000,- hingga Rp.150.000,- dipengaruhi oleh jenis kartu kredit yang anda miliki.

Denda Keterlambatan Pembayaran

Misalnya, tagihan anda sebesar Rp.500.000 dan telah jatuh tempo. Maka anda arus membayar denda sebesar Rp.15.000 (3% dari Rp.500.00). namun jika tagihan Rp.5.000.000 ke atas, Rp.10.000 misalnya maka anda harus membayar denda sebesar Rp.150.000. 3% dari Rp.10.000.000 adalah Rp.300.000 (melebihi batas maksimal Rp.150.000), jadi anda membayar dengan jumlah denda maksimal.

Denda keterlambatan pembayaran hanya berlaku pada saat pembayaran di jam kerja. Jika tanggal jatuh tempo bertepatan pada hari libur, maka anda dapat membayar satu hari setelah hari libur tanpa dikenakan denda keterlambatan pembayaran. Misalnya jatuh tempo tagihan anda setiap tanggal 15 perbulannya, pada bulan ini tanggal 15 merupakan hari libur. Anda bisa melakukan pembayaran tagihan pada tanggal 16 tanpa dikenai denda kartu kredit atau biaya tambahan.

Denda Over Limit

Denda Over Limit

Denda over limit dikenakan kepada anda pada saat anda menggunkan kartu kredit melibihi limitnya. Misalnya limit katu Rp.4.500.000, dan anda membeli barang seharga Rp.6.000.000, penerbit kartu kredit bisa mendenda anda karena menggunakan kartu kredit melebihi limit, yaitu lebih Rp.1.000.000. Biaya denda berbeda-beda tergantung kebijakan Bank, biasanya berkisar antara 4%-5% dari kelebihan limit. Namun terdapat juga kartu kredit yang bebas denda. Ada juga Bank yang benar-benar membatsasi limit, jadi sistem akan otomati menolak pemakaian ketika melebihi limit.

Baca Juga : Pembahasan Lengkap Tentang Kolektibilitas Kartu Kredit Menurut Bank Indonesia

Denda Pembatalan Cicilan

Pembatalan cicilan di sini maksudnya adalah pelunasan lebih cepat dari waktu cicilan yang telah di tetapkan. Denda pembatalan cicilan dikenakan apabila anda menggunakan fitur kartu kredit yang berupa cicilan tetap, namun anda melunasi pembayaran sebelum waktu cicilan berakhir. Karena semua cicilan tetap, maka suku bunga yang dimiliki terbilang ringan. Berkisar antara 1%-1,25%, bahkan ada beberapa bank yang tidak memakai suku bunga, artinya cicilan tetap 0% pada produk tertentu.

Denda Pembatalan Cicilan

Misalnya, anda membeli sebuah barang seharga Rp.6.000.000. Anda menghubungi pihak kartu kredit dan mengajukan pembayaran cicilan tetap selama 5 bulan dengan suku bunga 1% perbulan. Pada cicilan ketiga anda ingin melunasi pembayaran barang tersebut, sedangkan anda masih tercatat sebagai transaksi pembayaran cicilan tetap. Maka anda mendapat denda pembatalan cicilan (jumlah nominal denda tergantung kebijakan dari masing-masing Bank). Ada baiknya anda menanyakan terlebih dahulu nominal denda pembatalan cicilan sebelum mengajukan permohonan cicilan tetap.

Baca Juga : Cara Rescheduling Untuk Tagihan Kartu Kredit

Besaran nominal denda kartu kredit tergantung pada jenis kartu kredit yang anda miliki dan fitur kartu kredit yang anda pilih. Jangan lupa membiasakan diri membayar tagihan tepat waktu. Semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Jumlah Nominal Yang Harus Dibayar Ketika Terkena Denda Kartu Kredit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *