Gaya Hidup Sederhana Minimalis di Indonesia dengan Sedikit Barang

Gaya Hidup Sederhana Minimalis di Indonesia dengan Sedikit Barang

Salah satu hal yang sering dipikirkan banyak orang adalah cara memperbaiki keuangan. Sebab mereka menderita kesulitan keuangan. Hal tersebut tak terlepas dari gaya hidup yang mereka miliki saat ini boros, konsumtif dll yang tak mereka sadari. Jika anda ingin keuangan anda tetap sehat maka anda mesti menjalani gaya hidup minimalis yang saat ini sedang booming. Lalu apa itu gaya hidup minimalis?

Gaya Hidup minimalis merupakan sebuah gaya hidup yang diperkenalkan oleh penulis asal Jepang, Marie Kondo  kepada publik. Saat ini pengikut gaya hidup minimalis dari hari ke hari terus bertambah banyak. Hal tersebut tak terlepas dari manfaat dan kenyamanan yang dirasakannya. Salah satu konsep gaya hidup  minimalis adalah membuang benda dan barang yang tak terpakai atau tidak akan digunakan lagi termasuk barang kenangan, merapikan benda benda yang masih berharga, dan tidak menambah atau membeli barang baru.

Gaya Hidup Sederhana Minimalis

Sebetulnya, lifestyle minimalis telah ada sejak lama. Contohnya di Jepang ada sekelompok orang yang berpaham Budhisme Zen yang menjalankan gaya hidup yang berlawanan dengan gaya hidup konsumtif saat itu. Mereka menjalankan secara ekstrim gaya hidup yang minimalis, sangat sederhana dengan memperkecil jumlah barang yang mereka punyai dan tidak menambah barang baru. Mereka merasa cukup dengan barang yang ada selama ini yang masih dipergunakan.

Gaya Hidup Sederhana Minimalis di Indonesia dengan Sedikit Barang

Bagi anda yang tertarik menjalankan gaya hidup minimalis maka berikut ini langkah-langkah dalam menerapkan gaya hidup sederhana minimalis di Indonesia dengan sedikit barang, antara lain :

  1. Menyeleksi barang yang dibutuhkan dan yang tidak. Kemudian memisahkannya
  2. Untuk barang-barang yang sudah tak dibutuhkan lagi hendaknya dijual langsung kepada masyarakat atau melalui situs jual beli barang bekas seperti olx.
  3. Untuk barang yang masih dibutuhkan hendaknya disimpan baik baik secara rapi.
  4. Memperkecil belanja barang-barang apalagi barang yang tak diperlukan sama sekali. Kecuali barang baru yang sangat benar benar diperlukan.
  5. Membeli barang yang benar benar berkualitas terbaik. Sehingga barang jarang rusak dan awet serta tak terlalu sering belanja.

Dengan melakukan gaya hidup minimalis akan terasa dampak baiknya antara lain hidup lebih nikmat dan teratur, suasana rumah jadi rapi, mampu menghemat pengeluaran, membuat semakin kaya, membuat seseorang jauh dari penyakit stres dan lain sebagainya. Hal tersebut terbukti dengan sejumlah orang kaya telah menjalani gaya hidup minimalis seperti Bob Sadino dan Mark Zuckenberg yang selalu tampil sederhana.

Manfaat Gaya Hidup Sederhana Minimalis

Untuk lebih jelas, berikut ini manfaat bagi orang yang menjalankan gaya hidup minimalis, antara lain:

1.Memperkecil resiko stres

Dengan mempunyai barang dalam jumlah sedikit tentu akan mempermudah dalam penataan. Sebaliknya dengan memiliki barang jumlah banyak di rumah pastinya akan merepotkan dalam penataan dan kerapian. Tak jarang barang tampak berantakan. Apalagi tak mempunyai ruangan gudang. Oleh sebab itu, dengan menerapkan gaya hidup minimalis yang mengurangi jumlah barang di rumah maka dapat mengurangi tingkat resiko stres. Karena tidak terlalu banyak barang yang harus dirawat dan ditata dengan baik serta mudah dalam mendapatkan barang yang sedang dibutuhkan saat itu. Rumah beserta isinya tampil rapi sehingga memperkecil tingkat stres.

2.Memiliki waktu luang yang banyak untuk melakukan kegiatan positif

Dengan memiliki barang dalam jumlah sedikit membuat tidak terlalu banyak waktu tersedot untuk membereskan dan merapikan barang. Hal ini tentu saja berdampak pada waktu luang  Anda lebih banyak dan dapat digunakan untuk kegiatan positif dan produktif. Misalkan melakukan pekerjaan sampingan yang bisa menghasilkan uang.

3.Memiliki banyak waktu untuk beristirahat

Dikarenakan barang yang harus dibereskan sedikit maka akan banyak waktu luang yang bisa sobat gunakan untuk beristirahat. Mengingat istirahat itu penting untuk meningkatkan kebugaran dan produktivitas.

4.Berhemat

Penerapan gaya hidup minimalis saat ini mampu menghemat pengeluaran karena membeli atas barang yang anda butuhkan. Pembelian barang atas dasar kebutuhan bukan keinginan. Yang disebut pula skala prioritas. Orang kaya saja menerapkan gaya hidup minimalis apalagi orang miskin. Semua itu dilakukan untuk kebaikan kita yaitu sehat secara finansial dan fisik.

Manfaat Gaya Hidup Sederhana Minimalis

Dengan melakukan gaya hidup sederhana minimalis di Indonesia dengan sedikit barang maka anda akan jauh dari sikap konsumtif dan membandingkan benda yang dimiliki dengan tetangga. Misalkan tetangga membeli hp dan mobil baru maka anda tak ambil pusing. Karena anda tak membutuhkannya. Jadi jika anda mendapatkan sebuah rumah yang agak longgar, sedikit jumlah barang di dalamnya bukan karena mereka miskin. Bisa saja mereka menerapkan gaya hidup minimalis.

Tips Mengisi Waktu Luang Sebagai Umat Islam Yang Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *