Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebagai Pengguna Kartu Kredit Pertama Kali

Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebagai Pengguna Kartu Kredit Pertama Kali

Di era digital dan otomatis seperti saat ini, pembayaran tunai perlahan menurun. Apapun atau dimanapun berbelanja, naik taksi, makan di restoran, membayar toko kelontong, atau bahkan layanan pengiriman, kita bisa melakukan pembayaran dengan kartu kredit.

Mendapatkan kartu kredit begitu Anda mulai bekerja dan menerima penghasilan tetap sangat bagus untuk kenyamanan ini. Jika Anda berencana mengajukan kartu kredit untuk pertama kalinya atau relatif baru dengan konsep plastik microchip ini, ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui.

1. Pahami pernyataan kartu kredit bulanan Anda

Sebagai nasabah kartu kredit, Anda berhak menanyakan detail tagihan yang tidak Anda mengerti. Cara termudah adalah dengan menelepon call center yang biasanya tersedia 24 jam sehari. Jangan abaikan pernyataan kartu kredit Anda, namun cobalah untuk memahami setiap detail cetak di dalamnya. Baca Dasar-dasar buku pedoman kartu kredit untuk mendapatkan pemahaman yang jelas tentang saldo penutupan, plafon kredit, pembayaran minimum, dll.

“Pada tahun pertama memiliki kartu kredit atas nama saya sendiri, saya melihat ada perisai kredit yang dibebankan ke rekening saya. Ketika saya menelepon customer service, mereka dengan senang hati menjelaskan keuntungannya. Jika saya tidak ingin melanjutkannya, mereka bisa melakukan penyesuaian pada siklus penagihan berikutnya, “kata Sinta, yang bekerja untuk perusahaan swasta.

2. Kartu kredit Anda bukan kartu ATM Anda

Setelah menerima kartu kredit Anda untuk pertama kalinya, bank akan memberi Anda nomor identifikasi pribadi (PIN) yang Anda butuhkan saat melakukan pembayaran di merchant, dan dapat digunakan untuk mengakses ATM.

Kartu kredit Anda bukan kartu ATM Anda

Sementara naluri pertama Anda saat memasuki ATM adalah dengan menarik uang tunai, Anda perlu tahu bahwa kartu kredit mengenakan bunga yang lebih tinggi untuk penarikan tunai, dibandingkan dengan transaksi reguler. Jadi, jika Anda benar-benar kehabisan uang tunai, lebih baik menggunakan kartu kredit Anda untuk melakukan pembayaran daripada menarik uang tunai – sadar bahwa Anda perlu melunasinya sebelum tanggal jatuh tempo pembayaran berikutnya.

3. Pembayaran minimum
Seperti banyak pengguna kartu kredit pemula, saat melihat kolom “Pembayaran Minimum”, Sinta berpikir bahwa dia hanya perlu membayar jumlah itu setiap bulannya. Setelah beberapa bulan berlalu, dia menyadari bahwa jumlah tagihan kartu kreditnya tidak berkurang.

Dengan melakukan pembayaran minimum, Anda secara sadar menjaga hutang kartu kredit Anda. Sayangnya, biaya bank bunga 3% per bulan atau hampir 40% per tahun! Kuncinya adalah mengendalikan penggunaan kartu kredit Anda sesuai anggaran Anda dan menjadikannya prioritas untuk melunasi kartu kredit Anda secara penuh segera setelah Anda menerima gaji bulanan Anda. Pastikan Anda tidak meninggalkan keseimbangan.

4. Maksimalkan keuntungan kartu kredit anda

Kartu kredit ini dibuat untuk memanjakan para pelanggannya. Beberapa fasilitas yang bisa Anda dapatkan dari kartu kredit:  Belanja online dengan kartu kredit, lebih mudah bagi Anda untuk melakukan pembelian online, terutama untuk tiket penerbangan dan liburan.
akomodasi. Untuk keamanan yang meningkat, gunakan gateway pembayaran online seperti PayPal. Anda bahkan bisa mendapatkan Perlindungan Pembeli PayPal jika item yang Anda beli online tidak cocok dengan deskripsi penjual

  • cash back
    Beberapa kartu kredit sekarang menawarkan cashback untuk pembelian minimal dalam jangka waktu tertentu, entah itu untuk semua transaksi atau hanya untuk pedagang tertentu, mis. pembelian bahan bakar di pom bensin
  • Buy one get one
    Promo ini adalah yang termudah untuk mencari tiket film dan restoran, biasanya untuk hari-hari tertentu. Jika Anda dan pasangan memiliki kartu kredit yang berbeda, mintalah pedagang tentang promo yang tersedia untuk bulan itu.

Menggunakan kartu kredit dengan bijak tidak hanya akan memudahkan transaksi Anda, tapi juga memberi diskon untuk hal-hal yang Anda sukai.

Dampak Negatif Kartu Kredit Ada 7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *