Inilah 9 Hal Yang Harus Anda Ketahui Untuk Membuat Kartu Kredit

Inilah 9 Hal Yang Harus Anda Ketahui Untuk Membuat Kartu Kredit

Kartu kredit dilengkapi dengan sejumlah fitur dan beberapa manfaat, inilah alasan yang tepat mengapa kartu kredit merupakan fenomena yang populer. Jika Anda ingin mengajukan permohonan kartu kredit dalam waktu dekat, berikut adalah 10 hal yang perlu diketahui. Poin-poin ini akan memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana cara kartu kredit bekerja dan apa yang dapat Anda harapkan dari kartu kredit.

Biaya tahunan untuk kartu kredit

Semua kartu kredit yang ditawarkan oleh bank (setidaknya sebagian besar dari mereka), datang dengan biaya tahunan. Biaya tahunan sebagian besar bervariasi dari satu kartu ke kartu lainnya, bahkan dalam kasus kartu yang ditawarkan oleh bank yang sama. Biasanya, kartu perdana yang menawarkan keuntungan lebih baik daripada kartu biasa datang dengan biaya tahunan yang lebih tinggi.

Biaya tahunan untuk kartu kredit

Sementara kartu Primer hampir pasti hadir dengan biaya tahunan, kartu tambahan juga dikenai biaya tahunan dalam banyak kasus. Terkadang, biaya tahunan untuk kartu tambahan dihapuskan untuk tahun pertama atau lebih – ini untuk menjaga agar kartu tetap lebih kompetitif dan sesuai permintaan. Beberapa bank juga mengeluarkan biaya tahunan untuk kartu utama – untuk tahun pertama, atau dua tahun pertama, atau lebih lama lagi.

Tingkat bunga tahunan

Semua transaksi yang Anda lakukan dengan menggunakan kartu kredit Anda menarik tingkat bunga tertentu yang dikenal sebagai tingkat bunga tahunan (APR). Suku bunga tergantung pada bank yang menawarkan kartu dan jenis kartu. Suku bunga untuk sebagian besar kartu kredit di Indonesia adalah antara 33% p.a. dan 36% p.a.

Tingkat bunga tahunan

Bank mengizinkan periode bebas bunga sekitar 21 hari sejak dikeluarkannya pernyataan tersebut (sekali lagi, ini tergantung pada bank dan jenis kartu) dan tidak mengenakan bunga jika jumlah tersebut dilunasi seluruhnya dalam jendela bebas bunga ini. . Jika jumlahnya tidak dibayar sebelum akhir periode bebas bunga, biaya bunga akan tetap berlaku.

Tarik Tunai Kartu Kredit

Tarik Tunai Kartu Kredit

Kartu kredit memungkinkan pelanggan melakukan penarikan tunai darurat dari ATM. Uang muka ini membawa biaya penanganan sekitar 2,25% perbulan dari jumlah yang ditarik, di samping biaya bunga yang berkisar antara 23% dan 28% p.a. Bunga uang muka dihitung setiap hari pada tingkat compounding sampai jumlah tersebut dilunasi secara penuh. Uang muka tunai biasanya merupakan fenomena berisiko, kebanyakan mempertimbangkan tingginya biaya bunga. Jadi jika Anda menarik uang dengan menggunakan kartu kredit Anda, disarankan agar Anda melunasi jumlah tersebut sepenuhnya sejak awal.

Pembayaran bulanan minimum

Pembayaran bulanan minimum

Sebagai nasabah kartu kredit, Anda diharuskan membayar jumlah minimum setiap bulan – atau keseluruhan jumlah jika mungkin – sebesar 10% dari jumlah saldo bulanan. Pembayaran minimum harus dilakukan pada tanggal jatuh tempo pembayaran jika biaya keterlambatan harus dihindari. Pembayaran minimum dalam laporan bulanan kartu kredit Anda juga dapat mencakup pembayaran minimum yang tertunda dari bulan sebelumnya, biaya keterlambatan pembayaran, biaya uang muka, dan biaya yang terlalu tinggi, jika berlaku.

Baca Juga : Bagaimana Kalau  Tidak Bisa Bayar Penuh Untuk Tagihan Kartu Kredit

Biaya keterlambatan

Jika jumlah minimum tidak dibayar pada saat jatuh tempo pembayaran, bank memungut biaya tertentu, biasa disebut sebagai biaya keterlambatan pembayaran. Biaya keterlambatan pembayaran untuk kartu kredit di Indonesia bisa berkisar antara 3% dari total tagihan, tergantung pada bank yang menawarkan kartu tersebut.

Baca juga : Denda Kartu Kredit

Overlimit biaya

Overlimit biaya

Overlimit biaya berlaku dan dikenakan oleh bank jika batas kredit yang dialokasikan terlampaui. Overlimit biaya dapat berkisar antara 3% sampai 5% untuk kartu kredit di Indonesia.

Cashback dan reward points

Cashback dan reward points

Aspek yang membuat kartu kredit menjadi fenomena yang cukup mengasyikkan adalah poin reward / cashback yang bisa didapat dari pembelian. Kartu yang berbeda disusun secara berbeda dan memungkinkan Anda mendapatkan uang tunai atau poin reward atau keduanya, atas pembelian Anda. Beberapa kartu memungkinkan Anda memperoleh poin reward pada belanjaan, sementara beberapa lainnya membiarkan Anda memperoleh uang tunai atau poin reward untuk pemesanan tiket pesawat, pembelian eceran, dll. Uang tunai dan poin reward adalah fitur yang spesifik untuk kartu kredit tertentu dan tingkat manfaatnya tergantung pada jenis kartu dan bank yang menawarkan kartu tersebut. Poin reward yang diperoleh dari pembelian dapat dikonversi menjadi voucher menarik, diskon dan penawaran belanja / pembelian eceran / transaksi online yang menarik dari katalog hadiah kartu.

Transfer Balance

Transfer Balance

Kartu kredit tertentu memungkinkan Anda mentransfer seluruh saldo kartu kredit ke rekening kartu kredit yang lainnya, ini memungkinkan Anda mengkonsolidasikan hutang Anda. Transfer balance kartu kredit datang dengan masa bebas bunga 6 bulan – 1 tahun, tergantung pada kartu yang telah Anda ajukan. Dalam kasus kartu transfer balance, bank mengenakan biaya pemrosesan dan mungkin juga mengenakan bunga (tidak mungkin pada sebagian besar kasus). Setelah periode bebas bunga (6 bulan – 1 tahun tergantung kartu), biaya bunga normal pada kartu berlaku untuk transaksi dan uang muka.

Nilai kredit /SLIK

Singkatnya, nilai kredit Anda adalah proyeksi seberapa baik Anda mengelola hutang Anda di masa lalu. Ini memperhitungkan pola pembayaran dan catatan Anda tentang pembayaran terlambat, overlimits kredit, default pinjaman, riwayat pembayaran reguler / tepat waktu, dan lain-lain, dan memberi bank gagasan tentang seberapa bagus Anda bisa menangani hutang di masa depan. Skor kredit yang baik pada SLIK sangat penting untuk mendapatkan aplikasi pinjaman dan aplikasi kartu kredit yang disetujui.

Sistem Layanan Informasi Keuangan [SLIK]

Hal-hal yang disebutkan di atas akan sangat berguna jika Anda merenungkan mengajukan permohonan kartu kredit. Aspek ini akan memberi Anda pemahaman menyeluruh tentang bagaimana kartu kredit bekerja di Indonesia, memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang apa yang dapat Anda harapkan. Ini juga akan bekerja jika Anda tidak puas dengan kartu Anda saat ini dan juga ingin beralih ke kartu kredit lain.

5 Manfaat Kartu Kredit Bagi Nasabah Yang Perlu Diketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *