Jangan Lupa Lakukan BI Checking Terlebih Dahulu Sebelum Mengajukan Kredit Di Bank

Cek BI Checking 6 bulan sekali

Anda mungkin pernah mengalami suatu momen dimana anda sudah melengkapi semua persyaratan tetapi masih gagal mendapatkan kredit dari sebuah bank? Anda tidak harus merasa kesal dengan pihak bank, akan lebih baik anda mengetahui masalah pokok yang mungkin pernah anda lakukan baik dengan bank tersebut atau lembaga keuangan lain. Anda dapat mengecek terlebih dahulu mengenai apa yang menjadi penyebab kegagalan dalam pengajuan kredit anda, apakah anda pernah mengalami masalah dengan pihak bank sebelumnya. Atau bahkan anda masih memiliki hutang dengan bank yang belum lunas. Hal ini tentunya menambah dapat menambah poin kegagalan anda dalam mengajukan kredit.

Bisa jadi penyebab kegagalan pengajuan kredit dikarenakan status pemohon yang sudah masuk dalam daftar hitam atau “Blacklist” Bank Indonesia. Dikarenakan nama pemohon sudah masuk ke dalam SID (Sistem Informasi Debitur) yang dimiliki bank sentral. Istilah yang dikenal adalah BI Checking. Pada dasarnya, Bank Indonesia mempunyai daftar nama baik nasabah individu atau perusahaan yang terkena sanksi dikarenakan merugikan pihak bank. Boleh jadi pada tahap ini anda mengira bahwa permasalahan anda tidak akan diketahui dengan mudah, nyatanya semua informasi anda dapat diketahui dengan lebih mudah.

Seperti yang tercantum dalam Peraturan Bank Indonesia dengan Nomor 9/14/PBI/2007 Tentang Sistem Informasi Debitur, mengatur tentang SID diselenggarakan dalam rangka untuk memperlancar proses penyediaan dana, mengidentifikasi kualitas debitur, menerapkan manajemen risiko serta diharapkan dapat meningkatkan disiplin pasar.

SID dapat dikelola oleh pihak BIK (Biro Informasi Kredit) yang dibentuk untuk meningkatkan dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dengan adanya penyaluran kredit. Sejak tahun 2006, BI mendukung adanya pelaksanaan fungsi dari intermediasi perbankan.

Untuk nasabah individu, SID mempunyai daftar lengkap nama yang menunggak hutangnya atau tidak memenuhi tanggung jawabnya untuk melunasi kredit rumah atau kendaraan. Tidak hanya identitas mereka yang tercantum, tetapi juga pinjaman yang telah mereka terima sebelumnya, serta kondisi pembayaran selama 2 tahun terakhir dan tenor.

Hal tersebut juga merupakan asal muasal mengapa anda gagal dalam mengajukan kredit ke bank. Berdasarkan prosedur yang sesuai, bank akan mengecek terlebih dahulu calon krediturnya dengan cara mengakses SID sebagai bahan pertimbangan. SID dapat diakses oleh bank atau beberapa lembaga keuangan lainnya.

Jadi anda tidak perlu heran jika kebetulan anda mempunyai permasalahan hutang dengan institusi keuangan lain, tetapi bank tersebut mengetahuinya, atau bahkan bank atau lembaga keuangan lain juga mengetahuinya. Jangan pernah berpikir bahwa kegagalan membayar kewajiban merupakan rahasia antara pemohon dan bank. SID dapat membantu dan mendukung masyarakat untuk lebih bertanggung jawab dengan kredit yang diakukan. Masyarakat  juga perlu mengontrol keakuratan data yang telah disampaikan kepada pihak bank.

Dengan pemahaman ini, akan lebih baik jika saat mengajukan kredit ke bank, anda perlu mengecek melalui BI Checking terlebih dahulu. Anda dapat mendatangi langsung kantor bank terdekat. Jika anda ingin mengaksesnya secara online, anda dapat mengunjungi situs resmi BI. Anda akan diarahkan menuju sebuah tautan dan anda perlu memasukkan beberapa data informasi yang diperlukan. Anda tentu dapat memilih alternatif lainnya dengan cara menggunakan layanan tanpa perlu mendatangi Bank Indonesia secara langsung dengan cara Like fanpage yang sudah tertera di https://www.facebook.com/CekBIChecking, untuk informasi lebih lanjut, anda dapat mengajukan pertanyaan melalui pesan.

Bagi anda yang ingin melakukan BI Checking, anda silahkan mengirim langsung foto KTP beserta NPWP melalui WA: 087870794200. Diproses selama 1-3 hari kerja dan Sabtu-Minggu tutup.

Untuk mengetahui cara order, anda dapat mengunjungi link ini

Terdapat 2 cara pembayaran :

  1. Via Paypal dengan mengunjungi http://destyy.com/wqYdOl atau dengan
  2. Melalui isi pulsa sebesar 150 ribu ke nomor XL ini 087870794200

Jika sudah mengerti, anda dapat langsung melakukan order via WA 087870794200

Ada beberapa hal yang perlu diingat :

  • Kami hanya bisa melakukan pengecekan BI Checking
  • Kami tidak bisa melakukan pembersihan atau pemulihan pada BI Checking
  • Yang merasa sudah melakukan pembayaran lunas tetapi masih terdapat collect 5 yang tertera pada BI Checking, silahkan hubungi http://destyy.com/wqYhOj
  • Yang merasa sudah berada pada collect 5 sampai 3, tapi masih tetap ditolak pengajuan kreditnya, berikut daftar KTA tanpa BI Checking http://destyy.com/wqYhOj

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *