Langkah Langkah Dalam Melunasi Hutang

Langkah Langkah Dalam Melunasi Hutang

Kamu pasti pernah berhutang kan, apapun pertimbangannya hutang itu wajib dibayar. Sangat tidak enak jika mempunyai hutang dimana-mana. Untuk terlepas dari jeratan hutang yang udah kronis pasti sangat membutuhkan trik-trik yang khusus supaya benar-benar bebas dari lilitan hutang, oleh karena itu harus ada wujud nyata serta tindakan nyata pula

Dalam sudut pandang Islam ada beberapa cara supaya kita dapat terlepas dari lilitan hutang yang sudah berkepanjangan, mari kita bahas satu persatu langkah langkah dalam melunasi hutang.

Sadari akan Hutang diri sendiri
Disaat kita berhutang maka sadarilah hutang anda sendiri yang harus segera dibayar sebelum datang ajal tiba. Tentunya tidak bakal tenang hidup anda jika dikejar-kejar hutang. Jika anda sadar akan hutang diri sendiri maka akan segera terpacu untuk cepet-cepat melunasinya. Buatlah list hutang mana saja yang harus segera dilunasi, catat mana yang harus didahulukan , jangan disepelekan hutang yang kecil juga dan jangan pernah pura-pura acuh tak acuh sama hutang diri sendiri ya.

Berdoa Kepada Allah Swt
Berikut doa yang telah dianjurkan oleh baginda Rasulullah Saw supaya segera melunasi hutang hutang kita :
Ya Allah yang maha pemberi Rizki aku berlindung dari kedukaan dan kesusahan, serta dari kelemahan dan juga rasa malas, dari sifat yang bakhil dan pengecu, dari belenggu hutang piutang dan tekanan manusia

Berdoa kepada Allah SWT dengan niat yang sungguh-sungguh, insyaAllah didengar dan diijabah oleh Allah SWT.

Tetaplah Bersedekah
Sedekah bisa memperlancar proses hutang anda, gak percaya , karena didalam harta yang anda sedekahkan maka akan dibalas oleh ALLAH SWT dengan 7 kali lipat balasannya. Apalagi anda sedang dalam kesusahan pasti lebih berat mengeluarkan sedekah karena uang yang ada sangat dibutuhkan oleh kebutuhan sehari-hari dan juga untuk membayar hutang yang ada, oleh karena itu Allah SWT akan melipatgandakan harta yang anda sedekahkan. Jika memang tidak mempunyai harta yang dapat disedekahkan maka sangat dianjurkan bersedekah dengan ilmu yang anda punya serta dengan berbuat baik.

Janganlah Bersedih
Mempunyai hutang segunung memang membuat hati merasa tidak tenang. Pikiran jadi tidak jernih untuk diajak berfikir. Makin rumit jika anda terus terusan bersedih dan meratapi keadaan yang ada. Lebih baik tetap tenang dan luangkan waktu untuk mencari solusi supaya dapat segera melunasi semua hutang yang sudah menggunung dan pastinya tetap semangat

Baca juga : Jumlah Nominal Yang harus dibayar ketika terkena denda kartu kredit

Fokus Mencari Solusi
Seperti halnya problematika kehidupan yang lainnya, hutang mempunyai potensi bertumpu pada masalah. Maka rubahlah pola pikir anda yang tadinya fokus pada masalah menjadi fokus mencari solusi. Pikirin positif bisa membuat pikiran kita jadi jernih dalam menemukan cara yang inovatif dan kreatif untuk segera melunasi hutang-hutang kita.

Yakinlah Bisa Segera Melunasi Hutang
Mantabkan dalam hati bahwa Anda bisa terlepas dari jeratan hutang. Sebesar apapun jeratan hutang anda kalau sudah yakin 100% maka Allah SWT akan mendengar doa tersebut dan Allah SWT akan memberikan solusi yang tidak diduga agar bisa melunasi hutang-hutang tersebut. Maka yakinlah bisa segera melunasi hutang

Usaha Yang Maksimal
Semua doa yang sudah anda panjatkan sertakan juga dengan usaha yang maksimal. Bekerjalah lebih giat lagi supaya anda dapat mencicil hutang-hutang sedikit demi sedikit. Carilah penghasilan tambahan dengan bisnis sampingan yang anda kuasai.

Baca juga : Tagihan Dari Kartu kredit Yang Sudah Lunas dan Ditutup

Jangan Menunda Pembayaran
Jika sudah mempunyai cukup uang maka segeralah bayarlah cicilan hutang anda. Semakin cepat dibayar semakin cepat lunas. Jangan menunda pembayaran hutang anda. InsyaAllah dengan menyegerakan pembayaran cicilan hutang anda maka sedikit demi sedikit maka hutang anda jadi lunas.

LUNAS

InsyaAllah dengan mempraktekkan langkah-langkah diatas maka anda akan segera terbebas dari jeratan hutang dan hidup anda menjadi normal kembali. Aminnnnnn.

Pengertian Manajemen Risiko Keuangan Pribadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *