Makanan dan Minuman Pereda dan Penghilang Stres

Makanan dan Minuman Pereda dan Penghilang Stres

Di jaman canggih dengan seperangkat teknologi mutakhir yang ada kadang membuat seseorang bekerja dengan mesin. Dengan demikian dapat menimbulkan rasa stres. Akibatnya banyaknya informasi yang berseliweran secara cepat. Apalagi teknologi internet yang seringkali digunakan oleh orang sebagai tuntutan jaman. Hal ini membuat seseorang mesti bekerja cepat dan bisa memicu tingkat terjadinya stres apabila tak dapat bersikap sabar.

Sebenarnya bukan hanya faktor teknologi canggih yang membuat seseorang bisa stres. Tapi faktor lainnya juga yang mencakup kondisi rumahtangga yang berantakan, kenaikan harga barang kebutuhan pokok, tekanan pekerjaan dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, untuk mencegah terjadinya stres yang berkepanjangan maka anda memerlukan berbagai daya dan upaya untuk menghilangkan stres secepat mungkin.

Makanan dan Minuman Pereda dan Penghilang Stres

Berdasarkan pengalaman penulis, untuk menghilangkan stres bisa dilakukan dengan berbagai cara. Seperti mendekatkan diri kepada Allah SWT. Firman Allah SWT: “Ingatlah hanya dengan mengingatKu hati kalian akan menjadi tenang”. Selain itu, cara alternatif menghilangkan stres dengan mengkonsumsi makanan dan minuman sebagai obat penghilang stres. Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini makanan dan minuman pereda dan penghilang stres, antara lain :

1.Cokelat Panas

Anda tentu mengenal dengan cokelat panas. Ternyata kuliner ini bisa meredakan stres. Sebab zat yang terkandung dalam cokelat mengandung zat yang bisa membuat bahagia seseorang. Berdasarkan riset, dengan minuman cokelat panas maka otak kita akan merasakan kesegaran, ketenangan, tubuh kita akan jadi hangat dan nyaman. Dengan demikian, stres yang dialami akan segera berkurang dengan minum segelas cokelat panas.

2.Madu

Sudah terbukti madu mempunyai banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Karena madu mengandung banyak zat antioksidan dan vitamin. Yang bermanfaat untuk antibiotik, anti peradangan, anti stres, menambah imunitas tubuh, dan meningkatkan proses regenerasi sel. Madu yang mempunyai rasa manis tersebut jika dikonsumsi akan bisa memberikan energi tambahan dan memberikan rasa tenang kepada penikmatnya. Sehingga jika anda sedang mengalami stres tak ada salahnya untuk mencoba minum madu supaya stres reda.

3.Kismis, Aprikot, kacang hazelnut dan kacang almond

Itulah kumpulan makanan yang apabila dikonsumsi bisa mengobati stres. Karena kandungan zat di dalamnya seperti vitamin B2, vitamin E, magnesium, selenium dll yang terbukti dapat merelaksasi otot, meningkatkan imunitas  dan mengurangi stres.

4.Ubi

Tumbuhan ini sangat mudah kita jumpai di kebun. Namun tak banyak orang yang mengetahui jika ubi merupakan salah satu obat untuk menghilangkan stres. Karena kandungan serat di dalamnya dan memperlancar pencernaan tubuh manusia.

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Ketika Buka Puasa dan Sahur

5.Ikan Tuna dan Salmon

Ikan Salmon dan tuna mempunyai kandungan Omega 3 yang sangat bermanfaat untuk mempertahankan kestabilan tubuh, hormon kortisol, adrenalin dan mencegah seseorang dari penyakit jantung.

6.Jeruk

Jeruk merupakan salah satu buah-buahan yang kaya akan vitamin C. Berdasarkan penelitian, air jeruk jika diminum terbukti berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah dan menghilangkan depresi. Apabila anda sedang stres saat ini tak ada salahnya untuk mencoba minum air jeruk supaya stres hilang.

7.Pisang

Buah-buahan lain yang berguna untuk menghilangkan stres adalah pisang. Dikarenakan kandungan zat yang terdapat pada buah pisang sangat banyak yaitu kalsium, vitamin C, B, dan A serta mineral. Dengan kandungan ini berguna untuk menormalkan jantung dan meredakan stres. Ada banyak pisang yang bisa sobat konsumsi untuk meredakan stres seperti pisang ambon, pisang raja siam, pisang muli, pisang kapas, pisang nangka, dan lain sebagainya.

8.Alpukat

Buah tropis yang bisa mengurangi depresi lainnya adalah buah alpukat. Buah ini mengandung banyak kalium yang bisa memperkecil tekanan darah dan stres. Untuk makan buah ini bisa dijus maupun dimakan secara mentah.

9.Susu

Apabila anda sedang mengalami pikiran yang stres dan mumet maka anda bisa menenangkan diri dengan meminum susu segelas. Karena terbukti minum susu bisa menghilangkan stres dan meningkatkan rasa nyaman. Dengan kandungan mineral, kalsium, dan serotonin yang terdapat di dalam susu sangat bermanfaat untuk membuat suasana hati jadi tenang dan nyaman dalam masa tertentu.

10.Teh Hitam

Penelitian terbaru di negara Inggris membuktikan bahwasanya orang yang rajin minum teh hitam sekitar empat kali dalam sehari bisa menurunkan stres. Sehingga jika anda tengah menderita depresi atau stres untuk mengobatinya bisa minum teh hitam satu cangkir.

Demikianlah makanan dan minuman pereda dan penghilang stres yang bisa anda coba. Dan buktikan sendiri.

7 Meme Sahur Anak Kosan Modal Rp 5 Ribu, Miris nan Praktis

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *