Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Ketika Buka Puasa dan Sahur

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Ketika Buka Puasa dan Sahur

Allah SWT berfirman : “Wahai orang-orang yang beriman telah diwajibkan kepadamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan kepada umat sebelum kalian supaya kalian bertakwa.” Dari dalil ayat Al Quran itulah pada bulan Ramadhan umat Islam diwajibkan menunaikan ibadah saum atau puasa yang berarti menahan diri dari makan dan minum serta berhubungan badan suami isteri dari subuh sampai maghrib. Dan menghindarkan diri dari perbuatan terlarang dan sia sia.

Dibalik perintah Allah SWT tersebut, setelah melalui riset mendalam ternyata berpuasa mempunyai banyak manfaat dan khasiat baik secara fisik maupun rohani. Jika secara fisik puasa bisa meningkatkan kesehatan tubuh manusia, meningkatkan imunitas dan memperlancar pencernaan. Dalam segi rohani, puasa bisa meningkatkan jiwa sosial, kesabaran, pengendalian diri, meningkatkan keimanan dan ketakwaan. Namun semua itu selama menjalankan ibadah puasa dengan baik dan benar. Yakni menjalankan ibadah puasa dengan keimanan dan kehati hatian.

Salah satu cara menjalankan ibadah puasa yang baik dan benar adalah memilah dan memilih jenis makanan dan minuman yang bagus untuk dimakan ketika buka puasa dan ketika sahur. Dan menghindari makanan dan minuman yang berbahaya jika dikonsumsi ketika buka puasa. Misalkan saja orang yang menderita sakit lambung dan sedang berpuasa. Pastinya perutnya kosong dalam hitungan lebih dari 12 jam. Ketika buka puasa atau sahur maka ia tak bisa sembarangan memilih makanan dan minuman untuk dikonsumsi. Tapi ia harus menyeleksi makanan dan minuman yang baik bagi dirinya.

Pendek kata, pastikan anda tidak memakan makanan yang bisa mengganggu ibadah puasa dan meningkatkan asam lambung. Karena bisa membuat lambung perih dan berpuasa agak terganggu. Hal ini dirasakan oleh penulis yang ketika buka puasa makan sembarangan. Sehingga ketika sedang menjalankan ibadah puasa perut terasa nyeri dan perih. Oleh sebab itu, selektiflah dalam memilih makanan dan minuman untuk buka puasa dan sahur.

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Ketika Buka Puasa dan Sahur

Untuk lebih lengkap, berikut ini, makanan dan minuman yang harus dihindari ketika buka puasa dan sahur, antara lain :

1.Makanan yang digoreng

Janganlah berbuka puasa dengan makanan yang digoreng seperti gorengan, bala bala, gehu, combro dan lain-lain. Karena makanan gorengan apabila dikonsumsi ketika buka puasa akan memperberat kinerja organ pencernaan. Sehingga tubuh seseorang gampang letih dan lesu. Untuk mengkonsumsi gorengan bisa dipindahkan ke waktu makan malam.

2.Minuman bersukrosa seperti teh manis, air jeruk, susu full cream dll

Pada waktu buka puasa maka anda harus meningkatkan kadar gula dengan mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu. Karena pada saat berpuasa sehari penuh kadar gula menurun drastis. Makanan yang bisa meningkatkan kadar gula adalah yang mengandung banyak fruktosa dan glukosa. Seperti kurma, jus pepaya, jus pisang, jus mangga dll. Jadi anda tidak cukup hanya mengkonsumsi teh manis, air jeruk dan susu ketika buka puasa.

Tips sahur dan buka puasa

3.Kopi dan minuman berkafein

Buka puasa dengan meminum kopi bisa menimbulkan efek buruk bagi kesehatan karena mengandung kafein dan gula. Hindari makanan dan minuman yang terlalu manis atau terlalu asam dan terlalu pedas. Sebab hal itu bisa merangsang kerusakan pada pencernaan dan lambung.

4.Makanan dan minuman yang mengandung gas

Kuliner lain yang harus dihindari ketika buka puasa dan sahur adalah makanan dan minuman yang mengandung gas. Misalnya minuman bersoda dan berkarbonasi yang jika dikonsumsi bisa mengakibatkan nyeri pada lambung ketika berpuasa di siang hari. Selain itu, makanan yang mengandung gas adalah durian, kol, nangka, sawi, kendondong dan sejenisnya.

5.Makanan berbau

Makanan yang mengeluarkan bau jika dikonsumsi antara lain bawang, pete, jengkol dan lain-lain. Hal itu bisa membuat mulut anda bau dan mengganggu orang di sekitar anda. Alangkah lebih baik ketika berpuasa menghindari makanan yang berbau.

Demikianlah makanan dan minuman yang harus dihindari ketika buka puasa dan sahur. Hal itu perlu dilakukan supaya puasa yang anda jalani selama satu bulan penuh dapat berjalan lancar dan khusyuk tanpa hambatan berarti. Pilihlah menu sahur dan buka puasa yang memenuhi kandungan protein, karbohidrat, serat, buah, sayur yang seimbang dan lengkap. Dan sebaiknya menghindari makanan yang berkalori tinggi yang bisa membuat seseorang dehidrasi.

7 Meme Sahur Anak Kosan Modal Rp 5 Ribu, Miris nan Praktis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *