5 Manfaat Kartu Kredit Bagi Nasabah Yang Perlu Diketahui

5 Manfaat Kartu Kredit Bagi Nasabah Yang Perlu Diketahui

Selain ATM, perbankan juga mengeluarkan kartu kredit bagi para nasabahnya. Kartu kredit dikeluarkan dengan berbagi manfaat bagi para nasabah saat melakukan transaksi. Selain praktis kartu kredit juga menawarkan berbagai tawaran menarik seperti promo ataupun cashback terhadap pembelian barang. Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas lebih jauh mengenai manfaat kartu kredit bagi para nasabah yang memakainya, berikut ulasannya.

5 Manfaat Kartu Kredit Bagi Nasabah

1. Praktis

Saat melakukan transaksi dengan menggunakan uang cash akan diributkan dengan penghitungan jumlah uang maupun kembalian uang. Namun  Dengan menggunakan kartu kredit para nasabah tidak perlu membawa uang cash yang mungkin akan memakan tempat di dompet.  Selain itu para nasabah bisa melakukan transaksi tanpa menggunakan uang cash di mana saja dan kapan saja. Kartu kredit juga akan mempermudah saat melakukan transaksi Online baik dalam maupun luar negeri.

2. Berbagai Tawaran Menarik

Dengan menggunakan kartu kredit biasanya akan mendapatkan berbagai promo yang dapat mengurangi banyaknya jumlah pembayaran. Bahkan dengan menggunakan kartu kredit sering kali mendapatkan cashback, poin, bahkan diskon menarik terhadap beberapa produk. Selain praktis, kartu kredit juga akan menghemat pengeluaran dengan banyaknya diskon yang ditawarkan.

Kartu kredit Tinggal gesek

3. Sebagi Dana Cadangan

Saat situasi darurat sering kali tidak ada uang simpan di rumah. Bahkan untuk mendapatkan pinjaman uang dengan cepat juga sangat sulit untuk mendapatkannya. Dalam situasi tersebut, kartu kredit dapat dijadikan sebagai solusi untuk mendapatkan uang dengan cepat. Karena kartu kredit dapat digunakan kapan saja asalkan tidak melebihi batas limit yang diberikan oleh pihak bank. Walaupun pada akhirnya kita mencicil kartu kredit di kemudian hari dengan ketentuan dari pihak perbankan terkait.

4. Keamanan

Dengan menggunakan kartu kredit, nasabah tidak perlu membawa uang cash dalam jumlah besar. Sering kali kita cemas saat membawa uang dalam jumlah banyak karena maraknya pencopetan di mana-mana.  Saat uang yang dibawa hilang maka tidak dapat ke bali lagi, namun jika menggunakan kartu kredit tetap aman dari bahaya tersebut.  karena jika kartu kredit hilang atau kecopetan kita dapat melapor kepada pihak bank penerbit agar kartu kredit tersebut di blokir. Sehingga siapa yang menemukan kartu kredit tidak dapat menggunakan kartu tersebut untuk melakukan berbagai  macam transaksi.

Kartu kredit Aman

5. Mudah Dalam Mengetahui Jumlah Pengeluaran

Dalam setiap tagihan kartu kredit akan disertakan lembar transaksi yang dilakukan. Hal tersebut akan memperjelas seberapa banyak pengeluaran yang dilakukan dengan menggunakan kartu kredit. Selain lebih terperinci, kita juga dapat menargetkan pengeluaran berikutnya agar lebih hemat dibandingkan bulan sebelumnya.

Baca Juga : Cara Menjaga Reputas i BI Checking Dengan Cara Ini

Selain berbagai manfaat kartu kredit yang dihadirkan, kartu kredit juga memiliki kelemahan yang dapat merugikan nasabah jika tidak digunakan dengan semestinya. Dengan adanya berbagai promo menarik akan membuat nasabah mudah tergiur untuk berbelanja menggunkan kartu kredit. Jika dengan kartu kredit kita menjadi  konsumtif dapat menyebabkan pengeluaran lebih besar daripada pendapatan yang diperoleh. Selain perekonomian kacau, hutang yang ditanggung juga akan semakin bertambah banyak. Hal tersebut terjadi karena kartu kredit adalah pembayaran yang dilakukan di lain hari secara kredit atau mencicil. Selain adanya bunga pinjaman, kartu kredit yang pembayarannya melebihi batas tempo akan dikenakan denda yang cukup besar.

Baca Juga : Dampak Negatif Kartu kredit ada 7

Pemakaian kartu kredit secara bijak dapat mendatangkan banyak manfaat bagi nasabah, baik dari segi keamanan maupun fungsinya. Dan yang perlu diingat adalah gunakan kartu kredit dengan bijak dan bedakanlah antara kebutuhan dengan keinginan. Dengan menahan keinginan menggunakan kartu kredit hanya untuk kesenangan maka dapat terhindar dari banyaknya tagihan yang harus dibayar.  Tagihan yang terlalu banyak akan memperburuk perekonomian keluarga, dan nasabah akan kesulitan dalam melakukan pembayaran tiap bulannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *