Mau Berhutang Pinjam Ke Orang tua atau ke Bank ?

Mau Berhutang Pinjam Ke Orang tua atau ke Bank - Aidil Akbar

Utang menjadi salah satu jalan terbaik agar dapat membantu kondisi keuangan yang sedang dalam keadaan darurat. Tetapi utang juga harus diikuti dengan pengelolaan keuangan yang bijak.

Menurut Aidil Akbar pakar Perencana Keuangan menjelaskan bahwa dalam menarik utang calon peminjam harus dapat memperhatikan beberapa hal. Pertama adalah sumber peminjam, sebaiknya pinjam terlebih dahulu ke sanak family seperti orang tua atau saudara.

Menurut Aidil Akbar pakar Perencana Keuangan

Hal ini untuk meminimalisir adanya bunga, denda hingga proses yang cukup berbelit.

“Kalau saya disuruh memilih, pinjam ke bank atau orang tua maka saya akan memilih ke orang tua. Kenapa, karena kalau ke bank itu pasti ribet dokumennya banyak banget,” kata Aidil
Dia menambahkan, selain itu pihak bank juga pastinya akan memberlakukan bunga pinjaman dan biaya-biaya contohnya administrasi ataupun denda.

“Lebih baik pinjam ke orang tua, tapi ya harus komit dan profesional pinjamnya dan tepat janji. Kalau waktunya bayar ya dibayar, jangan mentang-mentang sama orang tua sendiri bayarnya jadi nanti nanti dan kapan-kapan,” ujar dia.

Menurut Aidil, jika memang meminjam dengan pihak orang tua dapat dikondisikan tanpa bunga, waktu cicilan yang relatif lebih panjang dan tidak memerlukan pengurusan dokumen-dokumen untuk pengajuan.

Mengapa Anda Perlu Bayar Hutang

Akan tetapi jika memang orang tua tidak mempunyai cukup uang alias tidak dapat memberikan pinjaman. Maka jawaban selanjutnya adalah bank yang bisa menjadi langkah alternatif. Dalam hal meminjam uang perlu juga diperhatikan bunga, tenor dan jangka waktu pinjaman hingga biaya-biaya yang mungkin akan dikenakan oleh pihak bank.

Selain itu pula kita harus memperhatikan masa jatuh tempo tagihan. Ini dikarenakan supaya tidak dikenakan bunga yang semakin membengkak disetiap harinya.

Jika hendak meminjam di bank dan Anda melakukan pembayaran secara teratur dan rutin hingga lunas. Maka pihak bank juga akan menurunkan risiko kredit si peminjam tersebut. Ini tentunya akan mempermudah bagi si peminjam jika ingin hendak meminjam lagi kebank ke depannya.

Selalu Terbelit Utang? Baca Tips Ampuh Membebaskan Diri dari Utang!

Namun, jika si peminjam ‘asal-asalan’ dalam hal membayar bahkan tidak sampai melunasinya. Maka bisa jadi pihak bank akan melaporkan riwayat pembayaran peminjam kredit ke sistem layanan informasi keuangan (SLIK) di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan ini tentunya akan sangat memengaruhi kualitas atau skor kredit peminjam.

Jika riwayat atau skor kredit buruk, maka bukan tidak mungkin lagi rencana untuk penarikan kredit di bank untuk ke depannya akan dipersulit. Makanya cepat-cepat lunasi utang jika memang ada tunggakan yang belum dibayarkan sebelum terlambat.

Tempat Penyedia Pinjaman Uang Online Terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *