Pengertian Dan Sejarah Asuransi Di Indonesia Lengkap

Pengertian Dan Sejarah Asuransi Di Indonesia Lengkap

Jika mendengar nama asuransi apa yang anda bayangkan? Tentu saja sebuah instrumen untuk melindungi diri sekaligus instrumen investasi. Ada dua jenis asuransi yakni asuransi umum dan asuransi khusus. Namun berdasarkan fakta yang ada, popularitas asuransi di Indonesia kalah pamor dibandingkan negara lain di dunia. Misalkan di Amerika Serikat. Hal ini tak terlepas dari kurangnya wawasan sebagian masyarakat Indonesia terhadap manfaat dan pentingnya asuransi.

Pengertian Asuransi

Pengertian asuransi itu sendiri yaitu sebuah cara kerja yang memindahkan resiko dari pihak tertanggung (peserta) pada pihak penanggung (perusahaan asuransi). Dalam arti, perusahaan asuransi memberikan kenyamanan dan keamanan keuangan bagi pihak  peserta asuransi. Sedangkan timbal baliknya, pihak peserta asuransi wajib menyetorkan premi bulanan yang besarannya sesuai kesepakatan bersama.

Pengertian Asuransi

Untuk mengetahui pengertian asuransi secara lengkap, kita dapat melihat UU Nomor 2 Tahun 1992 yang mengatakan bahwa asuransi adalah sebuah perjanjian pertanggungan antara kedua pihak bahkan lebih. Yang secara bersama-sama sepakat mengikatkan diri untuk memindahkan resiko. Dimana pihak tertanggung harus membayar biaya premi bulanan. Dan jika peserta asuransi mengalami kehilangan, kerusakan dan kerugian maka pihak penanggung harus membayar sejumlah uang sesuai biaya pertanggungan.

Sejarah Asuransi Di Indonesia Lengkap

Bisnis asuransi di Indonesia bukan hal baru. Bisnis asuransi di tanah air sudah ada sejak jaman dulu tepatnya jaman penjajahan kolonial Belanda. Namun pada waktu itu, popularitas dan peserta asuransi tidak sebanyak saat ini. Masih dalam fase yang sederhana. Kemunculan asuransi pada waktu itu dibutuhkan seiring berkembangnya bisnis perdagangan dan perkebunan di tanah air.

Dari hal ini sangat jelas, sejarah asuransi di Indonesia berdasarkan kurun waktu terbagi dalam dua fase yaitu masa penjajahan Belanda dan masa kemerdekaan Republik Indonesia tahun 1945.  Untuk perusahaan-perusahaan asuransi pada jaman penjajahan Belanda umumnya dimiliki oleh orang-orang Belanda yang merupakan cabang dari kantor pusatnya yang berada di negara Inggris, Belanda dan negara eropa lainnya.

Memilih Asuransi Berdasarkan Manfaatnya Di Indonesia

Manfaat asuransi di Indonesia pada jaman penjajahan Belanda hanya dinikmati oleh kalangan bangsa Belanda, Perancis, Inggris dan lainnya untuk melindungi kerugian dari usaha perdagangan. Sedangkan bangsa pribumi tidak merasakan sedikitpun manfaat dari adanya asuransi saat itu. Bahkan bangsa pribumi tidak mengenal sama sekali fungsi dan arti asuransi.

Pada waktu Indonesia dikenal sebagai Hindia Belanda saat itu, jenis asuransi yang tersedia masih terbatas sekali. Yakni hanya ada asuransi perkebunan, pengangkutan, kebakaran dan perdagangan. Selain itu tidak ada asuransi lain. Misalnya asuransi kendaraan bermotor mengingat jumlah kendaraan bermotor saat itu yang dipunyai oleh orang Belanda masih minim sekali.

Pada waktu perang dunia kedua yang melibatkan banyak negara. Salah satunya negara Belanda membuat aktifitas bisnis asuransi di tanah air menjadi berhenti total. Tidak ada kegiatan transaksi asuransi. Hal ini tak terlepas dari dampak penutupan perusahaan-perusahaan asuransi milik Belanda di Indonesia.

Sementara itu, kegiatan bisnis asuransi kembali menggeliat di tanah air seusai perang dunia kedua. Dimana banyak perusahaan asuransi milik Belanda, Inggris dan negara Eropa lainnya yang memulai beroperasi kembali. Pada tahun 1964, perusahaan asuransi milik warga asing tersebut menjalankan bisnis asuransi secara profesional, kolektif dan massif.

Pengertian Manajemen Risiko Keuangan Pribadi

Sejarah awal berdirinya perusahaan asuransi nasional di Indonesia dimulai tahun 1950 dengan didirikannya NV Maskapai Asuransi Indonesia sebagai perusahaan asuransi pengganti kerugian pertama.  Selanjutnya pada tahun 2004 berubah nama jadi PT MAI PARK. Perusahaan asuransi nasional ini mesti bersaing secara sehat dengan berbagai perusahaan asuransi milik warga asing yang telah lama berdiri dan mempunyai modal besar.

Hadirnya perusahaan asuransi nasional yang pertama tersebut membuat para pengusaha tanah air termotivasi untuk mendirikan berbagai perusahaan-perusahaan asuransi lainnya. Hal ini mampu meningkatkan perekonomian negara. Apalagi pemerintah saat itu mengeluarkan PP  yang mengharuskan setiap produk impor mesti diasuransikan di tanah air.  Membuat perkembangan perusahaan asuransi nasional terus tumbuh pesat di Indonesia.

Pada saat berlangsung perjuangan bangsa Indonesia untuk membebaskan Irian Barat dari tangan penjajah Belanda maka banyak perusahaan asuransi di tanah air milik Belanda dan Inggris dinasionalisasi. Sehingga jumlah perusahaan asuransi nasional bertambah besar.

Demikianlah pengertian dan sejarah asuransi di Indonesia lengkap. Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat bagi anda semua sebagai bahan referensi berharga.

Manfaat Asuransi Pada Kartu Kredit Membantu Anda Lebih Hemat

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *