Pengertian Kartu Kredit, Kegunaan, Ciri-ciri dan Jenis-Jenis Kartu Kredit

Pengertian Kartu Kredit, Kegunaan, Ciri-ciri dan Jenis-Jenis Kartu Kredit

Di tengah jaman modern saat ini siapa sih yang tidak mengenal kartu kredit? Pasti setiap orang mengenalnya bahkan ada yang telah memilikinya. Kegunaan kartu kredit sangatlah banyak. Walaupun sebagian orang antipati terhadap keberadaan kartu kredit yang menganggapnya bisa menjadi penyebab kesulitan keuangan. Namun masih banyak orang yang menggunakan kartu kredit untuk konsumtif maupun kegiatan produktif. Kartu kredit adalah alat untuk melakukan pembayaran terhadap suatu produk barang atau jasa. Dalam arti, pengganti uang cash.

Pengertian Kartu Kredit, Kegunaan, Ciri-ciri dan Jenis-Jenis Kartu Kredit

Saat ini banyak merchant atau tempat yang menerima pembayaran memakai kartu kredit. Hal ini mengingat jumlah pengguna kartu kredit di Indonesia sangat besar dari perkotaan hingga pedesaan. Dari kalangan mahasiswa, karyawan hingga pengusaha. Dengan banyaknya merchant yang menerima pembayaran menggunakan kartu kredit sehingga memudahkan manusia dalam transaksi penjualan dan pembelian atas suatu produk atau barang.

Berdasarkan Peraturan Bank Indonesia N0 7/52/PBI tahun 2005 pasal 1 angka 4 yang direvisi oleh Peraturan Pemerintah No 10/8 tahun 2008 bahwasanya pengertian kartu kredit merupakan alat pembayaran yang sah dipakai untuk melaksanakan transaksi pembayaran dari aktifitas perdagangan. Selain untuk melakukan pembelian atau pembayaran, kartu kredit bisa pula digunakan untuk menarik uang tunai. Yang pada akhirnya, pengguna kartu kredit akan dikenakan keharusan untuk melaksanakan pembayaran atau pelunasan terhadap hutang kartu kredit sebelum jatuh tempo.

Baca Juga : Mengungkap Cara Kerja Kartu Kredit Yang Kompleks

Bank mempunyai berbagai bentuk pelayanan dan jasa yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Seperti pelayanan deposito, rekening tabungan, setor biaya naik haji, KPR, tabungan emas, reksadana, kredit peminjaman uang tunai yang sifatnya konsumtif maupun produktif. Salah satu kredit konsumtif adalah kartu kredit. Karena kebanyakan pengguna kartu kredit menggunakannya untuk berbagai kebutuhan hidup yang sifatnya konsumtif.

Untuk membuat kartu kredit BRI, BCA, BNI dan Mandiri relatif gampang dan proses persetujuan sangat cepat. Anda tinggal menghubungi kantor bank bersangkutan terdekat. Lalu utarakan niat membuat kartu kredit. Maka anda akan diminta untuk memenuhi dokumen persyaratan sebagai berikut, antara lain : foto copy identitas diri KTP, surat keterangan masih bekerja dan mempunyai pendapatan tetap, slip gaji, pas foto dan dokumen surat lainnya yang diminta bank.

Kegunaan Kartu Kredit

Kegunaan Kartu Kredit

Manfaat kartu kredit sangatlah banyak terutama bagi mereka yang membutuhkan uang dalam jumlah besar untuk biaya pengobatan. Selain itu, kartu kredit sangat bermanfaat bagi mereka yang sedang melaksanakan perjalanan wisata dan bisnis. Sebab sudah banyak merchant yang menerima pembayaran melalui kartu kredit baik di dalam negeri maupun luar negeri. Kemudian manfaat lain yakni kartu kredit bisa pula digunakan untuk membeli barang-barang di internet secara online.

Perkembangan kartu kredit di Indonesia sangat pesat. Saat ini hampir setiap orang di perkotaan mempunyai kartu kredit. Dan berdasarkan analisa penulis di masa depan penggunaan kartu kredit akan semakin massif. Hal ini terlihat saat ini dimana dari tahun ke tahun pengguna kartu kredit bertambah besar setiap tahunnya. Disebabkan kartu kredit sangat praktis, aman dan nyaman sebagai alat untuk mengambil uang cash dalam jumlah besar maupun sebagai alat pembayaran untuk membeli barang atau produk apapun.

Baca Juga : Bagaimana Kalau Tidak Bisa Bayar Penuh Untuk Tagihan Kartu Kredit

Ciri-Ciri Kartu Kredit

Setiap barang pasti mempunyai ciri dan karakteristik tersendiri. Begitupula dengan kartu kredit. Adapun ciri-ciri kartu kredit tampak tampilan muka tercantum nomor kartu, nama pemegang kartu, masa berlaku, hologram 3 dimensi, nomor identifikasi bank penerbit, nama bank penerbit beserta logonya. Untuk tampilan belakang tercantum nomor yang ditenggelamkan, magnetic stripe dan panel tanda tangan.

Jenis-Jenis Kartu Kredit

Jenis-Jenis Kartu Kredit

Sementara itu, mengenai jenis-jenis kartu kredit terbagi ke dalam berbagai golongan berdasarkan fungsinya, antara lain :

1.Credit card

Kartu kredit yang dipergunakan untuk membeli suatu produk atau jasa. Dimana kartu kredit ini mempunyai batas limit. Selepas digunakan selanjutnya pihak pengguna harus melakukan pelunasan atau pembayaran atas penggunaan uang dalam kartu kredit beserta bunga. Pembayaran atau pelunasan utang kartu kredit berdasarkan perhitungan biaya pokok plus bunga yang dilakukan secara mencicil.

2.Change Card

Fasilitas kartu pembayaran untuk membeli barang dan jasa. Dimana setelah digunakan maka pengguna kartu kredit harus membayar utangnya pada bulan berikutnya atau pada akhir bulan tersebut.

3.Debit Card

Kartu kredit yang digunakan untuk melakukan pembayaran atas suatu barang yang dibeli dengan mengurangi saldo yang terdapat dalam kartu kredit.

Baca Juga : Dampak Negatif Kartu Kredit

Untuk skala wilayah, pembagian jenis-jenis kartu kredit terbagi ke dalam kelompok, antara lain :

1.Kartu Kredit Nasional

Yang khusus dipergunakan di wilayah negara tertentu seperti Indonesia. Contohnya Garuda Executive Card, Golden Truly, Astra Card, Hero Card dan lain sebagainya.

2.Kartu Kredit Internasional

Kartu plastik yang bisa dipakai di seluruh dunia sebagai alat pembayaran yang sah. Seperti Master Card, American Express, Visa, Dinners Club, Carte Blanc, dan lain-lain.

Itulah pengertian kartu kredit, kegunaan, ciri-ciri dan jenis-jenis kartu kredit yang bisa penulis sampaikan. Mudah-mudahan dapat menjadi bahan referensi yang sangat berharga bagi anda semua.

Cara Menjaga Reputasi BI Checking [SLIK] dengan Cara Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *