Pentingnya BI Checking Untuk Warga Bagi Ketua RT

Pak RT CEK BI Checking

Tentu saja menjadi seorang pemimpin bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Hal tersebut dikarenakan pemimpin dituntut untuk melayani warga yang telah memilihnya, walaupun dalam skala yang kecil, seperti ketua RT. Untuk bisa tugasnya dengan baik, bijaksana dan amanah ada beberapa hal yang dilakukan oleh ketua RT untuk bisa menjalankan. Misalnya saja dengan menjadi panutan yang baik, melindungi serta merangkul semua warganya tanpa membeda – bedakan, melayani warga dengan tidak separuh hati dan ramah, menciptakan kenyamanan untuk warga yang dipimpinnya dengan cara menjaga kebersihan dan keamanan serta bermusyawarah untuk bisa mendapatkan keputusan yang baik untuk warganya.

Jika dilihat ketua RT merupakan salah pemimpin tertinggi di lingkungan sekitar kita. Kesimpulannya bisa dikatakan bahwa ketua RT merupakan salah satu bentuk pemerintahan yang langsung mendengar keluh kesah dengan warganya, terutama dalam sistem perbankan. Tentu semua hal surat menyurat akan sangat membutuhkan tanda tangan pak RT. Salah satunya saat ingin membuat KTP, SIM, KK dan lain tentu membutuhkan surat pengantar dari ketua RT. Sehingga pak RT menjadi salah satu orang yang akan menentukan kehidupan pribadi warganya untuk layak dan bisa terjun langsung pada masyarakat atau tidak. Itulah yang sedikit mengganggu pikiran bahwa mungkin tugas ketua RT sangat tidak efisien sebab hanya memberikan tanda tangan saja. Terlebih lagi pekerjaan dari ketua RT sendiri bukanlah pekerjaan utama mereka. Bahkan untuk bisa melakukan hal tersebut hanya dilakukan pada sore hari setelah beliau pulang dari kerjanya.

Hal tersebut tentu bisa membuka pikiran semua orang. Siapa sebenarnya seorang ketua RT itu? Mengapa ketua RT harus terlibat akan kehidupan pribadi orang? Terlebih lagi hanya dalam hal surat menyurat. Sebenarnya hal tersebut merupakan urusan pribadi bukan urusan ketua RT. Salah satu contohnya untuk membuat surat kelakuan baik saja harus datang ke ketua RT terlebih dahulu hanya untuk meminta surat pengantar. Kemudian dilanjutkan menuju ketua RW dan kelurahan yang akan memakan waktu. Hal tersebut tentu akan terlihat rumit untuk dilakukan.

Baca Juga : Penting Untuk Melakukan BI Checking Dalam Perekrutan Karyawan

Mengapa tidak langsung menuju ke kepolisian yang memang sudah memiliki nama dari orang – orang yang pernah masuk penjara atau terlibat di dalam pelanggaran hukum? Jadi saat ada orang yang pernah masuk penjara kemudian mengganti namanya, mungkin ketua RT tidak mengetahuinya. Mungkin salah satu contohnya apakah ketua RT mengetahui jika Gayus Tambunan sebelumnya adalah Sono Laksono? Pemikiran itulah menjadi landasan yang dasar akan kegunaannya adanya sosok ketua RT di dalam lingkungan masyarakat.

Dari hal tersebutlah yang menjadikan salah satu alasan yang mendasar untuk melakukan penelusuran akan ketidakefisienan dari adanya ketua RT. Kebanyakan lingkungan yang dipimpin oleh ketua RT merupakan lingkungan yang sudah teratur dan masih terikat dengan norma – norma dan aturan – aturan yang berlaku secara statis. Kebanyakan orang mengetahui bahwa keberadaan akan ketua RT akan pekerjaan beliau yang benar – benar bisa dirasakan adalah saat di mana diadakannya arisan atau kumpulan pada bapak – bapak. Dan biasanya hal tersebut dilakukan satu bulan sekali. Pikiran yang sedikit mengganjal mengapa bapak – bapak harus mengadakan arisan? Apakah tidak ada keperluan yang lainnya yang mereka kerjakan?

Sama halnya dengan certa berikut ini. Jadi singkat ceritanya yakni pada bulan November tahun lalu yakni 2016, di mana ada ketua RT yang sedang memanfaatkan  jasa kami dan beliau memberikan data para warganya yang berjumlah sekitar 70 KK, berlatar belakang maraknya kasus terorisme yang sedang terjadi pada waktu tersebut, maka ketua RT melakukan tindakan yang sigap dan cepat serta belum ada ketua RT lainnya yang pernah mengambil langkah yang berani ini. Langkahnya yaitu dengan melakukan pengecekan akan SID [BI Checking] pada setiap kepala keluarga dan pasangan mereka.

Tentu hal ini menjadi langkah yang mengagumkan dan cukup mengagetkan serta hal yang tidak biasa dilakukan oleh para ketua RT yang lainnya. Bisa dikatakan tindakan yang dilakukan cukup brilliant dan bisa diacung jempol oleh TEAM ini sehingga melakukan dukungan penuh dengan melakukan kerja sama yang sangat intens selama 2 bulan. Terlebih lagi data yang dihasilkan tidak mengecewakan banyak yang bisa di data di SID, kemudian hasil tersebut langsung sepenuhnya diserahkan pada ketua RT.

Alhasil beberapa bulannya lagi, ketua RT tersebut lakukan kontak lagi, tapi dengan adanya latar belakang yang berbeda yang dilakukan oleh ketua RT dibanding dengan sebelumnya. Jadi dengan kata lain, kerja sama yang dilakukan oleh TEAM ini dan ketua RT merupakan kerja sama yang kedua kalinya dengan adanya cakupan yang cukup luas. Jadi bisa dikatakan kerja sama yang dilakukan cukup bisa diacungi jempol dan apresiasi.

Baca Juga : BI Checking Membuat Rumit atau membuat aman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *