Penyebab Pengajuan KPR Ditolak Atau Tidak Disetujui Bank

Penyebab Pengajuan KPR Ditolak Atau Tidak Disetujui Bank

Kebutuhan dasar manusia terdiri dari sandang atau pakaian, pangan atau makanan dan papan atau rumah tempat tinggal. Dan kebutuhan dasar yang mempunyai harga yang sangat mahal adalah tempat tinggal atau rumah. Sehingga hanya sebagian orang yang bisa membeli rumah. Dan sebagian orang belum mampu mempunyai rumah hunian yang diimpikannya. Disebabkan harga rumah yang terlalu mahal bagi mereka.

Atas fakta itulah, beberapa lembaga perbankan atau bank mencoba membantu masyarakat golongan menengah ke bawah di tanah air dengan menyediakan fasilitas KPR atau Kredit Pemilikan Rumah dengan cicilan yang terjangkau. Ada banyak bank yang menyediakan fasilitas KPR seperti bank BTN, BRI, BNI, Muamalat, Bank CIMB Niaga, Bank Mandiri, Bank NISP, BCA  dan bank lain sebagainya. Anda bisa memilihnya sesuai keinginan dan budget keuangan yang dimiliki.

Sesuai keinginan dan budget keuangan yang dimiliki

Untuk mengajukan KPR ke bank tidaklah mudah. Diperlukan berbagai syarat yang harus dipenuhi oleh calon debitur. Apabila persyaratan yang ditentukan oleh pihak bank tidak dipenuhi maka pastinya pengajuan KPR anda akan ditolak bank secara mentah-mentah. Oleh sebab itu, sobat hendaknya memenuhi ketentuan dan persyaratan kredit rumah yang sudah ditetapkan oleh pihak bank supaya pengajuan KPR bisa diterima baik.

Penyebab Pengajuan KPR  Ditolak Atau Tidak Disetujui Bank

Untuk lebih jelas dan lengkap, berikut ini beberapa penyebab pengajuan KPR ditolak atau tidak disetujui bank, antara lain :

1.Dokumen tak komplit

Inilah penyebab klasik dan umum yang sering dialami oleh orang yang mengajukan KPR. Karena mereka tergesa-gesa sehingga tidak melengkapi berkas-berkas dokumen yang dibutuhkan dalam pengajuan kredit pemilikan rumah. Hal ini sangat fatal dan bank dengan mudahnya menolak pengajuan KPR anda dengan alasan dokumen tak cukup lengkap. Oleh sebab itu, sebelum mengajukan kredit kepemilikan rumah kepada pihak bank pastikan dokumen yang dibutuhkan sudah siap dan lengkap. Jangan ada yang terlewat satu dokumen persyaratan pun. Seperti fotocopy KTP, KK, NPWP, buku nikah dan lain sebagainya.

2.Pihak pengembang yang bercitra buruk

Pada umumnya, pihak perbankan sudah mempunyai beberapa mitra dari kalangan pengembang yang terpercaya dan mampu. Sehingga apabila sobat menggunakan pihak pengembang di luar pengembang yang telah bermitra dengan bank bersangkutan biasanya pihak perbankan akan melakukan pengecekan kualitas pengembang anda secara seksama dan berulang-ulang. Apabila pengembang anda berkualitas bagus maka proses kredit pemilikan rumah bisa berjalan lancar. Sebaliknya, apabila pihak pengembang yang anda gunakan termasuk dalam daftar hitam yang bercitra buruk maka pengajuan KPR anda pastinya tidak akan disetujui oleh pihak bank alias ditolak. Oleh sebab itu, alangkah baik anda menggunakan pihak developer yang sudah bekerjasama dengan pihak bank supaya pengajuan KPR cepat diterima dan disetujui pihak bank.

3.Rumah bermasalah

Penyebab lain tertolaknya pengajuan KPR anda oleh pihak bank bisa disebabkan oleh rumah yang hendak anda beli secara kredit adalah rumah bermasalah. Misalkan status rumah kepemilikan ganda yang umumnya terdapat pada rumah second. Tanah atau rumah yang dalam status sengketa membuat bank berpikir ulang untuk menyetujui pengajuan KPR anda. Bahkan besar kemungkinan mereka menolaknya secara mentah-mentah. Dengan alasan rumah dalam status sengketa.

Black List Nasabah

4.Black List Nasabah

Nama baik itulah yang menjadi pertimbangan bank selanjutnya untuk menyetujui  pengajuan KPR. Jika  sobat mempunyai citra sangat baik di mata pihak perbankan. Seperti selalu tepat dalam pembayaran. Maka bank tak akan segan-segan meloloskan pengajuan KPR anda. Sebaliknya, jika nama anda sudah buruk di mata bank disebabkan sering melakukan penunggakan angsuran rumah maka setiap pengajuan kredit kepemilikan rumah yang anda lakukan pastinya ditolak bank.

Baca Juga : Mau Mengajukan KPR Tapi Masih BlackList di SLIK , Bagaimana ?

5.Tidak memiliki kemampuan membayar

Penyebab KPR ditolak selanjutnya adalah anda dinilai oleh pihak bank tidak mempunyai kemampuan untuk membayar cicilan. Hal ini dilihat dari gaji atau penghasilan yang anda dapatkan setiap bulannya yang sangat minim. Patokan bank 30 persen gaji harus bisa membayar cicilan rumah perbulan. Sehingga banyak bank menerapkan syarat pengajuan KPR bagi perorangan adalah memiliki penghasilan minimal Rp 10 juta perbulan.

Setelah anda mengetahui beberapa penyebab pengajuan KPR ditolak atau tidak disetujui bank maka selanjutnya anda bisa mempersiapkan diri dengan baik sebelum mengajukan KPR di perbankan yaitu dengan cara menghindari penolakan bank dengan tips dan trik di atas.

Supaya KPR Disetujui 99%, Tanpa Ada Penolakan dari Bank Manapun

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *