Punya Masalah Dengan Pembayaran Kartu Kredit

Punya_Masalah_Dengan_Pembayaran_Kartu_Kredit

Apabila Anda baru mulai mengajukan, sedang menunggu ataupun sudah mempunyai kartu kredit, banyak hal yang harus Anda perhatikan. Setelah Anda mengajukan untuk proses aplikasi kartu kredit, Anda akan disuruh menunggu hasil dari verifikasi aplikasi pengajuan kartu kredit tersebut, kemudian setelah itu akan mendapatkan persetujuan dan juga tentunya sekarang Anda sudah memiliki kartu kredit dan dapat menggunakan kartu kredit tersebut.

Masalah Pembayaran Kartu Kredit

Kemudian, selanjutnya apa lagi? Perlu diingat bahwa untuk penggunaan kartu kredit tersebut harus disesuaikan dengan limit kredit dan untuk kebutuhan serta keperluan Anda. Jangan dilupakan juga, setelah menggunakan kartu kredit, Anda wajib untuk dapat membayar apa apa saja yang telah ditagihkan sesuai apa yang anda belanjakan waktu lalu. Terkadang orang sering lupa untuk memahami bagaimana proses dan cara pembayaran kartu kredit ini.

Berikut ini ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan :

  • Ingat tanggal untuk cetak billing tagihan Anda. Biasanya waktu untuk jatuh tempo pembayaran berkisar 15 s.d 20 hari dari tanggal cetak tagihan tersebut. Apabila Anda mengalami masalah dalam pengaturan jadwal pembayaran sehubungan dengan tanggal jatuh tempo tersebut, Anda dapat meminta perubahan tanggal dicetaknya billing tagihan. Paling aman menerut saya adalah apabila tanggal tersebut disesuaikan dengan bersamaan tanggal gajian Anda.
  • Selalu cek n ricek dan pastikan juga Anda memahami dan mengerti cara membayar tagihan. Caranya cukup mudah kok, Anda hanya cukup mengisi nama beserta nomor kartu kredit Anda. Rata-rata bank penerbit kartu kredit bisa dibayar melalui disemua jaringan ATM yang sudah ada, misalnya via ATM Prima atau ATM Bersama. Pembayaran tagihan kartu kredit juga dapat dilakukan pembayarannya melalui m-banking. Anda hanya perlu menyertakan nomor kartu kredit Anda ke dalam daftar pembayaran dan setiap ada tagihan, Anda bisa langsung membayarkannya tanpa harus memasukkan lagi nomor kartu kredit Anda.
  • Bayarkan tagihan sesuai kesanggupan Anda, minimal tagihan minimum sebesar yang tercantum di dalam lembar tagihan.
  • Banyak bank penerbit sekarang yang menawarkan kemungkinan untuk mendapatkan tagihan (e-statement) via elektronik. Ini dalam bentuk email atau dapat diakses di website bank penerbit tersebut.
  • Pembayaran tagihan juga saat ini semakin real time apabila dilakukan melalui kanal yang direkomendasikan oleh bank penerbit. Pastikan untuk mendapatkan informasi tersebut sehingga Anda dapat merencanakan setiap pembayaran tagihan lebih baik. Apabila membayar via transfer, biasakanlah membayar sebelum jatuh tempo yaitu sekitar 2-3 hari dan sebelum batas waktu transfer di bank.
  • Apabila tanggal jatuh tempo tersebut jatuh pada tanggal merah atau hari libur, biasakan juga untuk membayar tagihan beberapa hari sebelumnya.
  • Apabila Anda memang terpaksa terlambat membayar tagihan, pastikan Anda masih sempat membayar di waktu hari jatuh tempo karena beberapa bank penerbit masih dapat memberikan toleransi yaitu sekitar 1 s.d 2 hari untuk toleransi keterlambatan sebelum dikenakan bunga (tergantung kebijakan masing masing dari internal bank penerbit, lebih baik dan bijaksana lagi jika Anda dapat memastikan hal ini dengan pihak bank penerbit kartu).
  • Jika sampai Anda memang terpaksa terlambat dalam beberapa waktu, minggu ataupun bulan, pastikan Anda mempunyai dan bisa menunjukkan itikad baik pada bank penerbit, terutama pada bagian deb kolekto. Secara proaktif, dan kominikatif diskusikanlah semua permasalahan tentang kesanggupan membayar Anda secara baik-baik dan pastikan juga dalam diskusi tersebut ada sebuah komitmen yang dapat Anda patuhi. Pastikan juga jika ada masalah dalam pembayaran tagihan, Anda tidak lagi sedang menggunakan kartu kredit. Mulailah dengan berhemat karena bunga dari kartu kredit cenderung besar.

Untuk memastikan bahwa Anda telat atau tidaknya dikarenakan kesibukan dan padatnya aktifitas kegiatan pekerjaan atau perjalanan keluar kota maka Anda bisa dengan cara melihat laporan BI Checking [SLIK] atau sistem layanan informasi keuangan, Anda bisa dapat melihat jelas berapa hari keterlambatan, berapa tunggakan bunga , tunggakan pokok, serta denda yang harus dibayar , oleh karena itu untuk pemesanan bisa klik disini 

SLIKSelain Untuk Memastikan masalah dalam Keterlambatan pembayaran kartu kredit/KPR/KTA/Leasing di bank tertentu kita pun dapat melihat manfaat dari cek BI Checking [SLIK] , Silahkan lihat Manfaat SLIK

Semoga tips diatas tentang pembayaran tagihan kartu kredit bisa bermanfaat untuk Anda. Selalu gunakan kartu kredit dengan bijak dan gunakanlah dengan seperlunya dan membayar secara teratur.

Cara Menjaga Reputasi BI Checking dengan Cara Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *