Review Hasil SLIK Collect 4

Review Hasil SLIK Collect 4

Kali ini kita akan bahas mengenai Review Hasil SLIK Collect 4 yang artinya DIRAGUKAN adalah merupakan status kolektibilitas yang menandakan keterlambatan dalam membayar angsuran melebihi 120 hari sejak tanggal jatuh tempo bulanannya atau maksimum 4 bulan ke atas. Pada tahap status kolektibilitas 4 ini, bank sudah harus mengambil asumsi angsuran pokok dan bunga kredit tidak terbayarkan dan bersiap mengambil kesimpulan penyelesaian kredit bermasalah melalui pelelangan agunan. Pada tahap ini, secara manual kolektibilitas 4 dapat digeser ke kolektibilitas 5 apabila pihak bank sudah memperoleh keyakinan bahwa debitur tidak hanya tidak mampu membayar kewajiban angsurannya, tetapi tidak mempunyai itikad baik untuk menyelesaikan kewajibannya setelah diberikan surat peringatan (SP) pertama. Di tahap ini pula, pihak bank berkewajiban mengeluarkan surat peringatan (SP) ke 2 dan surat peringatan (SP) ke 3 kepada debitur.

Collect 4 aktif

SLIK_Collect 4_Kredit Leasing Motor aktif

Review :
Dapat kita lihat gambar diatas menunjukkan bahwa untuk pinjaman kredit Leasing sepeda motor di Bank Maybank Indonesia Cabang Maybank KC JKT Ekajiwa mempunyai
– Baki debet (sisa pokok pinjaman) sebesar Rp 11.146.050
– Jangka waktunya berakhir pada tgl 11 Juli 2019 (Tanggal jatuh tempo)
– kualitas pinjaman kredit disini menunjukkan angka 4 (Kolektibilitas 4) yang artinya Diragukan
– Untuk jumlah hari tunggakan disini dengan angka 170 (Seratus Tujuhpuluh) yang artinya ada 170 hari keterlambatan dalam membayar angsuran kredit dibulan september 2017 s.d maret 2018.
– Terdapat Rekam jejak histori pinjaman kredit sebelumnya kolektibilitas 2 dibulan Juni dan juli 2017 dengan keterlambatan 21 hari
– Terdapat Tunggakan pokok sebesar Rp 2.763.255 yang wajib diselesaikan dibulan berjalan
– Terdapat Tunggakan bunga sebesar Rp 700.647 yang harus diselesaikan dibulan berjalan
– Frekuensi tunggakan sebanyak 6 kali
– Kondisi fasilitas dalam keadaan Fasilitas aktif.

Kesimpulannya :
– Bahwa pinjaman kredit Leasing sepeda motor di Bank Maybank Indonesia Cabang Maybank KC JKT Ekajiwa dengan status Kolektibilitas 4 (Diragukan)
– Jika ada pengajuan kredit atas nama debitur pihak dari bank sudah pasti akan memberi keputusan Reject karena masalah kolektibilitas 4 tersebut
– Bank akan menyetujui jika debitur mengambil pinjaman di tahun depan , itupun harus menyelesaikan tunggakan pokok, tunggakan bunga yang harus segera diselesaikan dan juga sudah dibayarkan dibulan berjalan.
– Kondisi fasilitas dalam keadaan Fasilitas aktif.
– Jika belum ada penyelesaian di bulan berjalan maka dapat dipastikan dibulan depan kolektibilitas akan berubah menjadi kolektibilitas 5 (Macet) dan itu sudah dianggap blacklist dari lembaga keuangan (Bank)

Baca Juga : Pembahasan Lengkap mengenai Kolektibilitas

Sementara waktu untuk contoh kasus Collect 4 ini hanya case ini saja terlebih dahulu , jika dikemudian hari menemukan case collect 4 yang lain pasti akan kita update di artikel ini supaya menjadi referensi atau penilaian yang lain mengenai kasus collect 4 bagi pembaca.

Yang mau pesan atau cek SLIK silahkan klik gambar dibawah ini

Cara Pemesanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *