Tips Agar Pengajuan KPR Subsidi Disetujui Bank

Tips Agar Pengajuan KPR Subsidi Disetujui Bank

Salah satu kebutuhan dasar manusia adalah rumah sebagai tempat tinggal dan beristirahat. Namun seiring dengan tingkat pertumbuhan penduduk Indonesia yang sangat tinggi membuat harga rumah saat ini sangat mahal. Hanya orang-orang yang berduit sajalah yang bisa membeli rumah. Akan tetapi, bagi orang yang memiliki penghasilan terbatas saat ini bisa juga mempunyai rumah sendiri dengan cara mengajukan kredit kepemilikan rumah (KPR) subsidi.

Untuk mengajukan kredit kepemilikan rumah kepada pihak perbankan tidak segampang yang anda pikirkan. Ada banyak proses dan prosedur yang harus dilalui. Disebabkan bank merupakan lembaga keuangan resmi yang mempunyai tata cara dan aturan sangat ketat dalam proses pengajuan KPR. Sehingga jika orang yang mengajukan KPR tidak memenuhi aturan bank tersebut pastinya akan mendapatkan penolakan kredit kepemilikan rumah secara berulang.

Aturan yang sangat ketat dalam pengajuan KPR membuat sebagian orang putus asa untuk mendapatkan rumah idaman. Padahal kebijakan dan aturan tersebut dibuat bukan untuk memberatkan seseorang untuk memiliki rumah impian. Namun dibuat berdasarkan fakta bahwa pengajuan kredit kepemilikan rumah melibatkan nominal uang dalam jumlah super besar sekali. Sehingga bank harus berhati-hati dalam mengucurkan uang bagi KPR.

Investasi Properti

Pengalaman penolakan adalah sesuatu hal yang menyakitkan. Begitupula ketika anda mengajukan KPR dan ditolak oleh pihak bank dengan alasan tertentu. Oleh sebab itu, sebelum mengajukan KPR maka anda hendaknya mempersiapkan segala sesuatu dengan matang dan efektif supaya proses pengajuan kredit kepemilikan rumah cepat disetujui oleh pihak perbankan.

Tips Agar Pengajuan KPR Subsidi Disetujui Bank

Berikut ini tips agar pengajuan KPR subsidi disetujui bank secara cepat, antara lain :

1.Mengumpulkan informasi sebanyaknya mengenai KPR

Jika anda berniat untuk membeli rumah secara KPR maka jangan tergesa-gesa menghubungi pihak bank. Alangkah baiknya anda mempelajari dulu seluk beluk KPR tersebut yang tersedia di pihak perbankan. Sehingga mempunyai pemahaman dan gambaran yang jelas mengenai besaran angsuran, besaran bunga, proses pengajuan, sejumlah penalti, persyaratan kredit rumah dan tatacara kredit kepemilikan rumah dari awal sampai akhir.

Untuk mengumpulkan informasi mengenai kredit kepemilikan rumah di suatu bank maka anda bisa mencari informasinya secara lengkap di internet. Ada banyak bank yang menyediakan fasilitas KPR beserta persyaratan dan cicilan maka anda bisa mempelajarinya satu persatu. Hingga didapatkan fasilitas kredit kepemilikan rumah yang cocok dan pas bagi anda disesuaikan kebutuhan dan budget keuangan yang anda miliki.

2.Melaksanakan perbandingan

Langkah selanjutnya melakukan perbandingan antara KPR di bank satu dengan KPR di bank lainnya. Dengan alasan setiap lembaga perbankan mempunyai kebijakan dan aturan masing-masing yang pastinya berbeda satu sama lain. Pilihlah 3 bank yang mempunyai fasilitas layanan kredit kepemilikan rumah yang cocok bagi anda. Sehingga jika bank yang satu menolak pengajuan KPR maka anda bisa mengajukan kredit rumah kepada bank kedua dan seterusnya.

3.Meyakinkan bank dengan penampilan

Tips berikutnya supaya pengajuan KPR subsidi disetujui pihak perbankan dengan cepat adalah anda mendatangi bank dengan penampilan rapi, berkelas dan meyakinkan. Sehingga proses pengajuan KPR bisa dinilai oleh pihak bank layak untuk di acc dalam waktu singkat. Penampilan yang tak meyakinkan, berantakan, dan merasa perlu dikasihani hanya membuat bank melakukan penolakan terhadap pengajuan KPR subsidi sobat.

Dengan bersikap penuh percaya diri dan santai maka anda bertanyalah langsung kepada pihak bank mengenai biaya-biaya apa saja yang harus dibayar jika proses pengajuan Kredit Pemilikan Rumah disetujui oleh pihak bank, besaran bunga yang berlaku, besaran uang muka yang harus disetorkan, jangka waktu yang dapat dipilih dan keuntungan yang anda dapatkan dengan mengajukan kredit kepemilikan rumah di lembaga perbankan itu. Semua informasi mengenai KPR tersebut harus diketahui secara lengkap termasuk sistem bunga yang diterapkan. Jangan sampai terjadi seperti yang dialami oleh adik penulis yang menyesal mengambil KPR sebab bunga yang diterapkan adalah jenis flat yang setiap bulan mengalami kenaikan yang cukup besar.

4.Memilih bank terpercaya dan reputasi bagus

Untuk mengajukan kredit kepemilikan rumah kepada pihak bank maka anda harus memilih salah satu bank terpercaya dan mempunyai reputasi bagus. Seperti Bank BTN, BRI, Mandiri dan lain sebagainya. Sehingga selepas pengajuan kredit rumah disetujui maka pelayanan KPR yang anda dapatkan sangat baik dan memuaskan.

5.Memenuhi persyaratan pengajuan KPR

Terakhir pastikan anda memenuhi persyaratan untuk mengajukan KPR yang meliputi fotocopy KTP suami isteri, rekening tabungan atau rekening koran, slip gaji, surat keterangan masih bekerja, fotocopy KK, NPWP dan dokumen lain yang diminta oleh pihak bank. Dengan melakukan demikian proses pengajuan KPR cepat disetujui pihak bank.

Tips agar pengajuan KPR subsidi disetujui bank di atas dapat anda terapkan ketika mengajukan kredit kepemilikan rumah di sebuah bank. Cara ini terbukti efektif. Silahkan anda mencobanya sendiri.

Syarat Pengajuan KPR BTN Subsidi 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *