Tips Mengisi Waktu Luang Sebagai Umat Islam Yang Benar

Tips Mengisi Waktu Luang Sebagai Umat Islam Yang Benar

Waktu luang adalah waktu mungkin bingung untuk di isi oleh hal apa. Sehingga di perlukan tips mengisi waktu luang yang tepat. Sebenarnya ada banyak hal yang bisa dilakukan di saat waktu luang hanya kita yang bisa memanfaatkan dengan baik atau tidak.

Kebiasaan yang terjadi apabila kita tidak bisa memanfaat waktu luang kita bisa saja terbujuk oleh rayuan setan yang tidak baik. Apabila kita menjadi seorang umat muslim yang benar tentu kita tidak akan merasa memiliki waktu luang. Hanya saja karena kurang kuatnya iman kita kepada Allah SWT sehingga kita akan merasa memiliki waktu luang.

Sangat disayangkan banyak sebagian saudara muslim kita yang sudah terbujuk oleh rayuan setan yang sesat. Banyak yang melakukan perbuatan sesat seperti mencuri dan perbuatan zina bahkan sampai mereka lakukan.

Tips Mengisi Waktu Luang Sebagai Umat Islam Yang Benar

1. Perbanyak Membaca

Dalam aga islam di anjurkan untuk perbanyak membaca. Krena dengan membaca akan lebih mudah dalam menuntut ilmu. Ilmu akan lebih mudah masuk apabila di ucapkan sekaligus di dengar.

Ada dua kemungkinan yang bisa yang bisa di baca untuk menambah ilmu, diantaranya :

Al-Qur’an

Kitab suci umat islam yang paling agung hanya satu yaitu kitab suci Al-Qur’an. Kitab suci umat islam di anjurkan untuk selalu di baca baik di waktu luang maupun sempit. Sehingga tips mengisi waktu luang yang pertama ini adalah membaca Al-Qur’an.

Ilmu akan anda dapat dengan membaca Al-Qur’an sekaligus artinya. Selain itu akan menambah rasa keimanan kita kepada Allah SWT. Banyak ilmu yang dapat di raih , seperti halnya cerita tentang sejarah para Nabi yang berjuang dan lain sebagainya.

Hadits – Hadits

Hadits juga di anjurkan untuk selalu dibaca. Ada banyak hadits yang beredar di dunia ini, sehingga yang tepat anda baca carilah yang periwatannya di shihkan. Ilmu di dalam hadits juga beragam. Mulai dari ilmu tentang cara sholat yang benar, ibadah yang benar, dan tingkah laku yang benar dengan saudara. Sehingga selain anda bisa mengisi waktu luang juga bisa menambah ilmu.

Kitab – Kitab

Ada juga yang bisa kita baca untuk mengisi waktu luang selain Al-quran dan Hadits yaitu kitab. Kitab yang di baca ini ada beragam judulnya. Banyak sekali kitab dan jenisnya yang bisa anda baca. Oleh karena sangat tepat tips mengisi waktu luang ini anda praktekkan.

Perlu Kamu Ketahui, Ini 8 Kebiasaan Yang Membuat Kita Sukses

2. Perbanyak Berdzikir

Tips mengisi waktu luang yang kedua ini adalah berdsikir. Selain membaca kita juga bisa mengisi waktu luang dengan berdizikir. Ada banyak manfaat yang bisa di dapat dari berdzikir. Berdzikir bisa menambah rasa syukur kita dengan Allah SWT, bisa mempertebal keimanan kepada Allah SWT, dll.

3. Prioritaskan Perbuatan Yang Di Sunahkan Rasul

Di saat waktu luang kita mungkin bingung untuk melakukan hal apa yang bisa dilakukan. Salah satu ajaran islam yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan sesuatu yang di sunahkan. Seperti halnya kita bisa melakukan bersih – bersih di rumah.

Sesuai pepatah dalam islam yaitu “ Kebersihan Adalah Sebagian Dari Iman “. Sehingga dengan melakukan kebersihan kita bisa merasakan manfaat untuk dir sendiri dan orang lain. Dan tidak hanya itu saja, kita juga bisa menambah keimanan kita kepada Allah SWT.

4. Bersilaturahmi Kepada Saudara

Tips mengisi waktu luang yang terakhir adalah bersilaturahmi. Silaturahmi sebenarnya adalah hal yang di sunahkn oleh rasul, bahkan sudah di contohkan. Ketika kita bersilaturahmi maka akan menambah rasa cinta kita kepada saudara kita tanpa kita sadari. Jadi selain bisa mengisi waktu luang, rasa kebencian di antara saudara akan terhindarkan.

Tips dan Pilihan Pinjaman Tanpa Riba Dengan Mudah

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *