Transaksi – Transaksi ATM Yang Gagal Bikin Takut

Transaksi - Transaksi ATM Yang Gagal Bikin Takut

Anda tentu mengenal mesin ATM singkatan dari Anjungan Tunai Mandiri. Anda dapat dengan mudah menjumpai berbagai gerai ATM di pusat perbelanjaan, di dalam mini market, sekitar bank, pinggir jalan dan tempat strategis lainnya. Adapun fungsi ATM untuk menarik sejumlah uang tunai secara cash dalam nominal tertentu sesuai yang diinginkan. Jika sebelumnya untuk mengambil uang tunai harus pergi ke bank dan bertemu dengan petugas teller maka sekarang tidak usah. Kehadiran ATM mampu menggantikan tugas teller di bank. Bahkan lebih dari itu. Dimana ATM selalu siap 24 jam, tersebar dimana mana, praktis dan dapat diambil uang di tabungan kapan saja dan dimana saja lewat mesin ATM.

Berdasarkan pengalaman penulis, saat ini mengambil uang di bank secara langsung akan lebih merepotkan harus disertai formulir yang harus disetujui customer service. Sebaliknya dengan mengambil uang tunai di ATM tanpa proses berbelit dan mudah sekali. Oleh karena itu, tak aneh jika saat ini hampir semua orang memilih menggunakan kartu ATM untuk mengambil uang tunai di bank. Simpel, praktis, tak perlu mengantri, cepat dan lancar itulah kelebihan mengambil uang di ATM. Hal ini tak terlepas dari kecanggihan mesin ATM sebagai kotak uang yang mutakhir.

Untuk segala transaksi perbankan seperti penarikan uang tunai, mengganti pin ATM, cek saldo, dan transfer uang bisa dilakukan lewat ATM. Proses tata cara pun sangat mudah dan cepat. Dengan cara memasukkan kartu ATM kemudian mengisi pin ATM rahasia. Lalu memilih menu sesuai yang diinginkan apakah Penarikan, Transfer atau Cek Saldo. Setelah memilih sub menu maka proses transaksi akan berjalan dalam beberapa detik hingga transaksi di ATM berhasil.

Baca Juga : Tutorial Cara Membayar Kartu Kredit Lewat ATM

Walaupun demikian, tak selamanya bertransaksi di ATM berjalan lancar. Seperti yang dialami oleh penulis dan rekan rekan lainnya mungkin termasuk anda. Dimana terjadi permasalahan atau kegagalan ketika bertransaksi di ATM yang membuat kita panik. Takutnya uang kita dalam ATM habis.Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa sebab yaitu kelalaian pemilik kartu ATM maupun sistem pihak lembaga perbankan yang sedang error.

Transaksi-Transaksi ATM Yang Gagal Bikin Takut

Banyak kerugian ketika bertransaksi di ATM mengalami kegagalan. Terutama keperluan anda menjadi tertunda. Berikut ini sejumlah kasus contoh transaksi transaksi ATM yang gagal bikin takut dan panik, antara lain :

1 Terblokirnya kartu ATM

Inilah salah satu contoh kejadian atau kasus yang kadang dialami oleh pengguna kartu ATM pemula. Disebabkan lupa akan pin ATM membuat pengguna mencoba memasukkan nomor PIN yang diingatnya. Sesudah tiga kali anda salah dalam memasukkan nomor PIN maka secara otomatis atau dengan sendirinya ATM terblokir. Hal ini bertujuan supaya kartu ATM tidak disalahgunakan oleh orang orang yang tak bertanggungjawab. Jika anda melakukan kelalaian hingga kartu ATM terblokir maka segera hubungi kantor bank bersangkutan untuk mengganti nomor pin baru. PIN sendiri singkatan dari Personal Identification Number yakni kumpulan angka sebanyak enam digit bersifat rahasia. Dengan memasukkan PIN rahasia maka anda bisa bertransaksi di ATM untuk penarikan, pengiriman dan cek saldo uang.

2. Tertelan kartu ATM

Kejadian lain yang bisa membuat transaksi di ATM gagal adalah tertelannya kartu ATM. Kadang hal ini membuat panik. Seperti halnya yang dialami oleh penulis. Biasanya kartu ATM tertelan diakibatkan oleh anda memaksakan diri untuk memasukkan kartu ATM. Jika anda mengalami kejadian ini maka segera hubungi kantor bank bersangkutan untuk meminta pemblokiran kartu dan meminta kartu baru dengan nomor PIN baru.

3. Uang tertelan

Contoh kejadian lain yang bisa anda temui adalah uang tertelan sedangkan saldo ATM terpotong. Untuk mengatasi kejadian ini anda bisa menghubungi call center dan mendatangi kantor bank cabang terdekat untuk membuat laporan pengaduan. Sehingga saldo yang terpotong bisa kembali lagi.

4. Transaksi tak bisa diproses

Kejadian ini berarti mesin ATM sedang mengalami gangguan jaringan. Lebih baik anda tak memaksakan diri untuk bertransaksi di ATM yang ada bacaan out of order atau transaksi tak bisa diproses. Lebih baik mencari mesin ATM lain terdekat yang berjalan baik. Daripada anda rugi waktu dan tenaga.

Demikianlah transaksi-transaksi ATM yang gagal bikin takut dan cara mengatasinya. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca semuanya.

Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebagai Pengguna Kartu Kredit Pertama Kali

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *