Trik dan Tips Supaya Pengajuan KTA Lolos Dari BI Checking

Trik dan Tips Supaya Pengajuan KTA Lolos Dari BI Checking

Mungkin Anda adalah salah satu contoh dari banyak orang di luaran sana yang sedang kebingungan mencari tambahan untuk modal usaha.

Tak usah khawatir, saat ini ada fasilitas peminjaman uang ke bank tanpa agunan atau akrab kita kenal dengan sebutan Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Meskipun pinjaman ini begitu mudah untuk dilakukan ke bank, tetapi masih saja banyak yang kesulitan untuk menjebolkan pengajuan pinjamannya ke bank.

Padahal, jika mereka telah memenuhi persyaratan dokumen yang diajukan oleh pihak bank.

Dokumen yang disyaratkan bank bukanlah merupakan satu-satunya persyaratan yang wajib dipenuhi.

Masih banyak lagi persyaratan yang wajib dipenuhi sebagai calon nasabah supaya bank tersebut mau mengucurkan sejumlah dana.

BI Checking
BI Checking

Salah satunya adalah riwayat atau histori atau jejak rekam finansial dan kredit yang pernah dilakukan dilembaga keuangan perbankan ataupun di non-perbankan yang biasa kita kenal dengan sebutan BI Checking atau Sistem Informasi Debitur (SID) historis.

Jika riwayat pada BI Checking jelek, maka pihak bank terkait akan berpikir beberapa kali untuk meminjamkan dananya kepada calon nasabah tersebut.

Maka hasilnya, untuk pengajuan pinjaman pastinya akan ditolak. Untuk menghindari hal yang demikian tersebut, ada baiknya coba ikuti tips di bawah ini.

Catatan Rekening

Jika Anda merupakan karyawan tetap dari sebuah perusahaan, saat anda akan mengajukan aplikasi pinjaman maka pihak bank akan meminta slip gaji sebagai bukti penghasilan tetap atau sama setiap bulannya.

Meskipun demikian, pihak bank tersebut tidak lantas begitu saja percaya dengan slip gaji yang diberikan.

Biasanya pihak bank akan meminta buku tabungan atau laporan catatan rekening koran yang Anda punya.

Maka dari itulah anda segera perbaiki catatan rekening Anda mulai dari sekarang. jika Anda menerima gaji secara tunai, biasakan langsung menyetorkannya atau ditabung ke rekening bank Anda, pihak bank akan melihat catatan tabungan tersebut selama 3-6 bulan terakhir.

Jangan Telat Bayar Utang

Siapa yang sangka pengajuan kredit bisa ditolak mentah-mentah hanya karena Anda sering telat membayar utang?

Apalagi Anda mempunyai utang dengan pihak lembaga perbankan lainnya. Sebab, status utang Anda akan mudah diketahui melalui skor di BI Checking.

Di situ akan terlihat secara detail dan jelas apakah kamu mempunyai status kredit macet atau tidak. Dengan status yang demikian, bisa saja permohonan pinjaman Anda di masa depan akan ditolak secara mentah-mentah.

Data Faktual

Dalam mengisi lembaran formulir pengajuan aplikasi pinjaman, Anda harus menggunakan data yang detail dan faktual sesuai kenyataan.

Tak hanya itu, data-data yang Anda berikan kepada pihak bank juga harus disertai dokumen pendukung yang asli.

Sebab pihak bank terkait berhak menolak aplikasi Anda jika menemukan data yang diberikan palsu atau tidak valid.

Hitung Cicilan

Sebelum mengajukan aplikasi pinjaman kepada bank, ada baiknya Anda berhitung sendiri terlebih dahulu apakah total cicilan utang akan melebihi dari sepertiga penghasilan setiap bulannya.

Jika memang iya, maka urungkanlah niat Anda untuk mengajukan pinjaman tersebut, Karena pihak bank akan menolak aplikasi karena tidak menginginkan Anda akan mengalami kesulitan dalam membayar kebutuhan pokok lainnya, sehingga Anda harus mengambil porsi yang sudah diposkan untuk cicilan utang.

Misalnya, jika Anda mempunyai penghasilan saat ini Rp 3 juta, maka usahakan tidak mempunyai total cicilan utang diatas dari Rp 1 juta.

Kurangi Porsi Penggunaan Untuk Kartu Kredit

Jika Anda menggunakan porsi limit kartu kredit melebihi dari 80%, hal ini menyebabkan akan mempengaruhi penilaian bank terhadap aplikasi.

Ada baiknya Anda mengurangi porsinya terlebih dahulu. Selain itu pula jangan lupa untuk selalu membayar cicilannya tepat pada waktunya supaya bank dapat melihat komitmen Anda dalam melunasi tagihan tepat waktu.

Tidak Sulit Dihubungi

Saat mengisi aplikasi pinjaman, usahakan Anda selalu memberikan nomor telepon yang mudah dihubungi dan sering Anda gunakan.

Sebab kemungkinan besar pihak bank sewaktu-waktu akan menelpon Anda untuk dapat mengkonfirmasi aplikasi pinjaman yang telah diajukan.

Jika sekali saja Anda tidak dapat dihubungi, kemungkinan besar pihak bank terkait dapat menolak pengajuan aplikasi pinjaman Anda.

Tips dan Trik Keuangan

Jika Anda sudah mengikuti trik dan tips di atas, maka kemungkinan besar pengajuan aplikasi pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA) Anda tidak akan ditolak.

Jadi, usahakan pertimbangkanlah setiap langkah finansial Anda demi masa depan yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *