Beli Rumah atau Kontrak Rumah?

Beli Rumah atau Kontrak Rumah?

Salah satu dilema yang kadang dialami oleh para pasangan muda yang baru menikah adalah membeli mobil atau membeli rumah? dan beli rumah atau kontrak rumah? Mengingat kebutuhan rumah merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi sebuah keluarga. Maka seseorang harus memprioritaskan untuk membeli rumah. Mengingat rumah adalah tempat berlindung dari kepanasan dan kehujanan. Dan harga rumah mengalami kenaikan dari hari ke hari. Sehingga anda membeli rumah sama saja dengan anda memutuskan untuk berinvestasi yang menguntungkan.

Kebutuhan dasar manusia terdiri atas kebutuhan sandang (pakaian), pangan (makanan) dan papan (rumah). Ketiga hal tersebut harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum kebutuhan lainnya yang bersifat sekunder. Sehingga jika anda telah menikah maka langkah pertama adalah memenuhi kebutuhan dasar tersebut. Salah satunya membeli rumah. Sebagai tempat yang paling banyak dihabiskan oleh manusia dalam satu hari penuh. Rumah pula dijadikan sebagai tempat untuk membina rumahtangga, mendidik anak tercinta dan tempat untuk menempa kedamaian dan kemandirian.

Beli Rumah atau Sewa Rumah

Namun mengingat harga rumah yang dari tahun ke tahun meningkat pesat terutama di daerah perkotaan membuat hanya sebagian kecil saja orang yang bisa mempunyai rumah. Yaitu orang yang memiliki penghasilan besar. Dengan adanya fasilitas KPR sedikit membantu masyarakat untuk memiliki rumah. Tapi tetap saja hanya orang yang mempunyai pendapatan besar yang bisa mencicil rumah lewat KPR. Mengingat uang muka dan cicilan rumah yang harus dibayarkan cukup besar.

Selain membeli rumah secara kredit atau KPR maka cara membeli rumah bisa dilakukan dengan cash atau tunai. Namun harga rumah baru dan bekas di perkotaan sudah mencapai ratusan juta rupiah per unit membuat banyak orang lebih memilih untuk menggunakan fasilitas kredit pemilikan rumah dari lembaga perbankan. Pilihan lain untuk memenuhi kebutuhan dasar akan tempat tinggal yang bisa dilakukan oleh seseorang adalah mengontrak rumah.

Beli Rumah atau Kontrak Rumah?

Bagi orang yang mempunyai kemampuan finansial yang baik tentu akan menjadi dilema apakah harus beli rumah atau kontrak rumah? Mengingat keduanya bisa dilakukan. Namun berdasarkan pengalaman penulis, hal tersebut sesuai situasi dan kondisi anda. Jika anda ingin memenuhi kebutuhan dasar akan tempat tinggal secara cepat dan mudah maka mengontrak atau menyewa rumah menjadi pilihan utama. Apalagi jika sobat sering berpindah-pindah kota dalam rangka dinas kantor maka pilihan menyewa rumah pilihan yang bijak.

Untuk kalangan yang masih mempunyai penghasilan yang terbatas seperti buruh pabrik dan karyawan swasta maka uang untuk membeli rumah hunian secara tunai pastinya belum terkumpul dengan baik. Maka pilihan menyewa rumah kontrakan menjadi opsi yang banyak dilakukan. Ada banyak rumah kontrakan yang bisa anda sewa. Baik dalam bentuk ruangan kos-kosan sangat sederhana, rumah kost mewah, sampai apartemen.

Baca Juga : Supaya KPR Disetujui 99% Tanpa Ada Penolakan Dari Bank Manapun

Bagi kalangan masyarakat berpenghasilan rendah jika dikemudian hari seiring dengan meningkatnya penghasilan maka diusahakan untuk bisa membeli rumah secara cicilan atau KPR baik dibantu oleh pihak perusahaan tempat ia bekerja atau sistem mandiri. Sehingga tidak perlu lagi membayar biaya sewa rumah bulanan yang semakin hari semakin meningkat pesat seiring dengan laju inflasi.

KPR

Berdasarkan analisis dan pengalaman penulis, jika anda mempunyai kelebihan keuangan maka jangan pernah memilih opsi untuk menyewa rumah. Karena dengan anda menyewa rumah maka rumah itu selamanya tidak akan menjadi milik anda dan adanya biaya sewa bulanan yang harus anda bayarkan setiap bulan atau per tahun. Lebih baik anda membeli rumah yang berada di tempat strategis dan tak jauh dari tempat anda bekerja.

Dengan membeli rumah maka anda secara langsung telah melakukan sebuah investasi yang sangat menguntungkan di masa datang dan tidak akan pernah mengalami kerugian. Sebab harga rumah dari tahun ke tahun mengalami kenaikan yang sangat pesat. Terutama di wilayah perkotaan yang sedang berkembang maupun sudah padat oleh penduduk dan berada di daerah strategis. Selain anda bisa menjual rumah kembali dengan selisih harga lebih tinggi maka anda bisa pula menyewakannya kepada orang lain yang membuat anda mempunyai penghasilan pasif dalam jumlah lumayan.

BI Checking Untuk PNS

Namun yang menjadi kelemahan ketika anda memutuskan untuk membeli sebuah rumah maka anda harus mengeluarkan biaya perawatan untuk rumah tersebut secara berkala. Oleh sebab itu, anda bisa merubah pengeluaran biaya perawatan rumah menjadi pemasukan. Dengan cara menyewakannya. Anda bisa membeli rumah yang lain jika rumah tersebut sudah bisa mencicil rumahnya sendiri. Robert T Kiyosaki, seorang pakar keuangan mengatakan bahwa salah satu jalan menuju kekayaan dengan cepat adalah berinvestasi rumah.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan. Setelah membaca artikel ini diharapkan para pembaca dapat mengambil keputusan yang sangat tepat antara beli rumah atau kontrak rumah?

Baca ini Dijamin Punya Rumah , Mau Banget Punya Rumah?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *