Cara Mengelola dan Melunasi Hutang Secara Efektif

Cara Mengelola dan Melunasi Hutang Secara Efektif

Cara mengelola dan melunasi hutang secara efektif – banyak  orang yang sedang dalam keadaan terdesak atau terhimpit oleh kebutuhan ekonomi memilih jalan pintas untuk meminjam uang kepada orang lain atau badan lembaga tertentu. Meminjam uang tentunya bukan sesuatu yang tabu dan sudah banyak dilakukan oleh kebanyakan orang. hanya saja kadang masih ada juga orang yang melakukan hutang tanpa mempertimbangkannya terlebih dahulu. Terutama jika berhutang pada pihak bank tertentu, tentu cukup beresiko jika tidak dipertimbangkan matang – matang sebelumnya. Berhutang itu memang dibolehkan, tetapi membayar hutang itu wajib. Jika tidak segera dibayar, yang ada hutang malah akan semakin menumpuk dan di akhir malah akan terasa berat untuk membayarnya. Apalagi jika berhutang pada sebuah badan usaha atau lembaga tertentu yang memberlakukan bunga per bulan, hal itu tentu sangat beresiko untuk diambil jika anda tidak segera melunasi tagihannya setiap bulan.

cara mengelola & melunasi hutang secara efektif

Banyak yang mengira bahwa dengan meminjam uang kebutuhan ekonomi bisa terpenuhi dan masalah selesai. Padahal hutang sendiri merupakan awal masalah ekonomi yang baru yang menuntut anda untuk melunasinya di saat yang sudah disepakati. Sebaiknya ketika hendak berhutang pastikan dulu bahwa jumlahnya memang cukup dalam artian jangan berhutang terlalu berlebihan. Selain itu, sebelum berhutang pastikan juga anda memiliki kemampuan untuk membayar kembali hutang tersebut di waktu yang sudah ditentukan. Jika anda tidak berhati – hati, bisa – bisa hutang anda menumpuk. Untuk menghindari hal tersebut, yuk simak ulasan tentang cara mengelola dan melunasi hutang secara efektif.

Hidup sederhana

Ingin tampil mewah dan berkelas sampai meminjam hutang ke sana – sini? Banyak yang seperti itu. Dan tipe orang yang seperti ini kadang juga banyak yang sampai memiliki pinjaman menumpuk di mana – mana. Jika memang tidak memiliki uang cukup untuk hidup sok bergaya seperti kaum sosialita, lebih baik tidak usah sampai melakukan pinjaman ke sana – sini. Hidup sederhana apa adanya jauh lebih nyaman dan tenang dari pada hidup mewah tetapi dikejar – kejar hutang setiap hari. Jika ingin bebas dari hutang menumpuk, lebih baik anda menahan ego anda untuk bisa menikmati kemewahan. Toh hidup sederhana saja sudah membuat anda bahagia, kenapa harus meniru hidup orang lain? yang ada bukannya senang, tetapi justru merasa resah setiap hari.

Mencari pekerjaan tambahan

Hutang memang bisa membantu menyelesaikan masalah keuangan sekalipun juga dapat memberikan masalah keuangan baru. Anda yang tak mau memiliki hutang yang sampai menumpuk, lebih baik segera melunasinya saja. Jika penghasilan anda rasa cukup untuk memenuhi kebutuhan anda sehari – hari saja, maka anda bisa mencari pekerjaan tambahan. Anda bisa melakukan kerja freelance misalnya. Meski hasilnya mungkin tak sebesar penghasilan anda, tetapi setidaknya penghasilan dari kerja freelance anda bisa anda gunakan untuk melunasi hutang sedikit demi sedikit.

Baca Juga : Nasib Mujur itu Ternyata ada Rumusnya

Mengapa Anda Perlu Bayar Hutang

Jangan boros

Salah satu yang menjadi penyebab munculnya masalah keuangan ialah karena sifat boros yang anda miliki. Jika anda ingin bebas dari hutang, maka jangan menghambur – hamburkan uang untuk kebutuhan yang tidak penting. Sebaliknya, utamakan memenuhi kebutuhan yang menjadi prioritas anda dulu. Di sini anda harus menentukan skala prioritas kebutuhan anda seperti apa lalu gunakan uang anda untuk memenuhinya dengan bijak. Berapa pun uang yang anda miliki, selama tidak ada sifat boros atau konsumtif maka anda akan tetap aman dari masalah keuangan.

Sisihkan uang setiap hari

Menyisihkan uang tidak harus dengan nominal besar seperti 50 ribu hingga 100 ribu. Tetapi sisihkan uang kecil seadanya yang anda miliki. Sekalipun jangan pernah meremehkan uang 500 rupiah yang anda miliki. Nominal uang berapa pun jumlahnya meski hanya sedikit lebih baik simpan di dalam celengan penyimpan uang dan lama – kelamaan jumlahnya pun akan meningkat. Meski memakan waktu tidak sedikit, setidaknya ada uang yang terkumpul dan bisa digunakan lagi sewaktu – waktu ketika terdesak.

Baca Juga : Tips Ampuh membebaskan diri dari Hutang

Jangan terlalu sering melakukan hutang

Meminjam uang itu memang sah – sah saja. Tetapi jangan anda jadikan hutang sebagai kebiasaan anda setiap kali anda terhimpit masalah ekonomi. Sebisa mungkin hindari hutang karena jika hutang sudah terlanjur menumpuk, anda akan lebih kesulitan untuk membayarnya kembali.

Menjual aset yang anda miliki

Cara mengelola dan melunasi hutang secara efektif yang nomor enam ini boleh anda lakukan jika anda memang sudah benar – benar dalam keadaan terhimpit oleh tempo pelunasan hutang. Jika memang sudah tak ada jalan lain, maka satu – satunya yang tersisa ialah menjual aset yang anda miliki. Jika anda memiliki perhiasan anda bisa menjual sekedarnya untuk melunasi hutang dan jangan sampai sisanya anda gunakan untuk berfoya – foya.

Itulah 6 cara mengelola dan melunasi hutang secara efektif. Sebisa mungkin hindarilah hutang karena hutang justru malah memulai masalah baru.

5 Poin Medical Check Up Keuangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *