Cara Meningkatkan Motivasi Minat Baca Pada Diri dan Keluarga

Cara Meningkatkan Motivasi Minat Baca Pada Diri dan Keluarga

Membaca merupakan kegiatan yang paling mengasyikkan bagi sebagian orang. Namun sebagian orang lagi menganggap kegiatan membaca terasa membosankan dan mereka malas untuk melakukannya. Padahal untuk menjadi keluarga yang maju, cerdas dan makmur dibutuhkan kebiasaan membaca yang baik. Lihatlah negara-negara maju di dunia, semua penduduknya mempunyai kuantitas dan kualitas membaca yang lebih baik ketimbang negara lain.

Berdasarkan data dari UNESCO bahwasanya penduduk Indonesia mempunyai tingkat membaca sebesar 0.001. Dalam arti dari 1000 orang di tanah air maka ada 1 orang yang mempunyai motivasi minat baca yang tinggi sekali. Selebihnya tidak. Ini membuktikan minat baca masyarakat Indonesia masih rendah dan jauh tertinggal dengan negara maju lainnya seperti Amerika Serikat. Di negeri paman Sam tingkat baca penduduknya sekitar 0,45 dan Singapura 0,55.

Cara Meningkatkan Motivasi Minat Baca

Dengan kualitas dan kuantitas membaca yang sangat tinggi di tanah air maka tingkat kesejahteraan penduduk akan tercipta dengan sendirinya. Oleh sebab itu, Allah SWT menurunkan ayat pertama kepada Nabi Muhammad SAW adalah Iqra yang berarti Bacalah. Sehingga jelas, saat ini sangat penting untuk menumbuhkan minat baca pada sebuah diri dan keluarga besar khususnya pada anak supaya negara Indonesia bisa sejajar dengan negara maju di dunia.

Cara Meningkatkan Motivasi Minat Baca Pada Diri dan Keluarga

Lalu bagaimana cara menumbuhkan minat baca? Berikut ini penulis jelaskan cara meningkatkan motivasi minat baca pada diri dan keluarga serta anak di masyarakat Indonesia, antara lain :

1.Membuat paradigma baru

Selama ini banyak orang yang menganggap kegiatan membaca sangat monoton dan membosankan. Sehingga mereka malas dan menghindarkan diri dari membaca. Oleh sebab itu, langkah awal untuk meningkatkan minat baca adalah membuat paradigma baru bahwasanya kegiatan membaca sangat menyenangkan. Sehingga membaca bisa menjadi sebuah kebiasaan sehari-hari.

2.Menyediakan waktu luang untuk membaca

Ditengah padatnya waktu dengan berbagai kegiatan dan beban pekerjaan tak jarang membuat seseorang lupa untuk membaca buku. Oleh sebab itu, untuk membiasakan diri membaca maka anda bisa mengalokasikan waktu sekitar 15 menit untuk membaca buku dalam satu hari. Dengan demikian, kegiatan baca buku menjadi sebuah kebiasaan dan bisa ditingkatkan terus kualitas dan kuantitas.

3.Belanja buku pada hari Minggu

Pada hari Minggu merupakan waktu libur untuk bekerja maka anda bisa menggunakan hari libur ini untuk pergi ke toko buku dan membeli beberapa buku berkualitas di toko buku tersebut. Lakukanlah hal ini secara rutin. Dengan demikian sobat akan terpaksa membaca buku yang telah dibeli tersebut. Karena berjalan waktu buku terus menumpuk dan ada perasaan sayang untuk tak dibaca buku buku yang telah dibeli tersebut.

4.Waktu menunggu digunakan untuk membaca buku

Dalam kegiatan sehari-hari, tak jarang kita harus menunggu sesuatu dalam beraktifitas. Misalkan menunggu isteri selesai belanja, menunggu angkot datang, menunggu kedatangan bis dan kereta api, menunggu pesawat terbang, menunggu kehadiran seseorang dan lain sebagainya. Daripada anda menggunakannya dengan duduk termenung. Alangkah baiknya dalam masa menunggu dipergunakan untuk membaca buku.

5.Membaca sebelum tidur

Ada banyak alasan yang dibuat oleh seseorang sehingga mereka tidak melakukan kegiatan membaca dalam satu hari. Seperti tidak ada waktu luang, sibuk dan lain sebagainya. Jika kenyataannya demikian maka ia bisa menyempatkan diri untuk membaca buku ketika hendak tidur.

6.Belajar membaca secara efektif dan sesuai target

Untuk menumbuhkan minat baca yang sangat tinggi bisa dilakukan dengan mempelajari teknik efektif membaca. Dengan mempunyai kemampuan membaca yang cepat dan efektif maka anda akan terbiasa untuk membaca buku. Bahkan kelak membaca menjadi sebuah kebutuhan. Selain itu, cobalah dalam soal kegiatan membaca sobat mempunyai target membaca seperti satu bulan harus tamat baca satu buku.

7.Gabung dengan Komunitas

Lingkungan sangat mempengaruhi kebiasaan baca seseorang. Untuk meningkatkan motivasi baca maka seseorang bisa bergabung dalam sebuah komunitas baca buku. Sehingga ikut termotivasi untuk membaca buku secara konsisten. Misalkan komunitas Forum Lingkar Pena yang setiap hari membedah suatu buku sehingga anda tertarik dan bersemangat untuk membaca buku setiap harinya.

Baca Juga : Tips Mengisi Waktu Luang

Cara meningkatkan motivasi minat baca pada diri dan keluarga ini dapat sobat terapkan pada keluarga tercinta anda. Sehingga menjadi sebuah kebiasaan yang baik. Sebab tak ada rugi dari aktifitas membaca. Justeru sebaliknya ada banyak keuntungan dari membaca buku. Bukan hanya bisa meningkatkan wawasan, pengetahuan tapi juga mencerdaskan bagi para pembacanya.

Perlu Kamu Ketahui, Ini 8 Kebiasaan Yang Membuat Kita Sukses

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *