Definisi dan Ciri-Ciri Kelas Menengah di Indonesia 2018

Ciri Ciri Kelas Menengah Di Indonesia

Anda pastinya tidak asing lagi mendengar sebutan masyarakat kelas menengah. Kelompok masyarakat ini merupakan mayoritas di negeri ini. Ada tiga macam masyarakat berdasarkan tingkat gaji yakni masyarakat menengah ke bawah, masyarakat menengah ke atas, dan masyarakat menengah yang tidak ke bawah dan tidak ke atas. Berdasarkan data, pertumbuhan dan pendapatan kelas menengah di Indonesia terus bertambah banyak setiap tahunnya. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu kekuatan yang paling penting dalam menggerakkan roda politik dan ekonomi di tanah air.

Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah apakah anda termasuk kalangan menengah (middle Class) di Indonesia atau belum. Kalangan kelas menengah di Indonesia dapat dilihat dari pengeluaran perharinya. Untuk kalangan kelas menengah ke bawah maka pengeluaran perkapita perhari sebesar 2 dolar sampai 4 dolar. Dan untuk kalangan menengah pertengahan dikisaran 4 dolar sampai 10 dolar. Adapun kalangan menengah ke atas pengeluaran perkapita sebesar 11 dolar hingga 20 dolar perhari.

Definisi dan Ciri-Ciri Kelas Menengah di Indonesia 2018

Selain berdasarkan pengeluaran dan gaji perkapita perhari, definisi kelas menengah di Indonesia bisa dilihat ciri-cirinya berdasarkan aspek lain, antara lain :

1.Pemilikan kendaraan bermotor

Pemilikan kendaraan bermotor

Seseorang termasuk kelas menengah ataukah tidak bisa dilihat dari kendaraan bermotor yang dimilikinya. Jika ia belum mempunyai kendaraan bermotor maka dapat dipastikan ia termasuk kelas menengah ke bawah. Sedangkan orang yang berada di kelas menengah pertengahan pastinya ia mempunyai kendaraan bermotor seperti mobil dan sepeda motor. 

2.Kepemilikan rumah

Kepemilikan rumah

Tidak semua orang bisa memiliki rumah. Apalagi untuk mempunyai sebuah rumah yang nyaman di perkotaan sangat mahal harganya. Walaupun tersedia fasilitas KPR tidak semua orang bisa mencicil rumah secara kredit. Disebabkan beberapa persyaratan tertentu. Seperti gaji yang harus besar. Hal itulah membuat pemilikan rumah hanya bisa dilakukan oleh orang tertentu dan menjadi pembeda antara status kelas menengah atau belum.

Baca Juga : Persiapan Menikah , Problematika Masalah Keuangan – Medical CekUp Keuangan

3.Investasi dan tabungan

Investasi dan tabungan

Orang kelas menengah juga dapat dilihat dari kepemilikan investasi dan tabungan. Sobat tak dapat dimasukkan dalam kelompok kelas menengah di Indonesia apabila tak mempunyai investasi maupun tabungan.

4.Jaminan biaya pendidikan anak

Jaminan biaya pendidikan anak

Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan seseorang. Yang menentukan sukses tidaknya seorang anak di masa mendatang. Oleh sebab itu, sebagai orangtua akan berupaya sebaik mungkin supaya sang anak bisa mengenyam pendidikan setinggi mungkin. Namun untuk membiayai pendidikan anak hingga tingkat perguruan tinggi tidaklah mudah. Mengingat biaya pendidikan anak sangat mahal dan mengalami kenaikan dari tahun ke tahun seiring laju inflasi. Sehingga anda harus mempersiapkan biaya pendidikan anak seawal mungkin. Supaya tidak mengganggu biaya pengeluran rutin sehari-hari.

Baca Juga : Prinsip Keuangan Dengan Pola 10 20 30 40 Cara Unik Mengelola Keuangan

5.Jaminan masa pensiun

Jaminan masa pensiun

Masa pensiun adalah hal pasti yang akan dialami oleh setiap karyawan atau pekerja. Hal yang paling diidamkan banyak orang ketika masa pensiun dapat hidup nyaman, tenang dan berkelimpahan serta tak bergantung pada orang lain. Untuk mencapai hal tersebut, sedini mungkin seseorang harus mempunyai perencanaan pensiun yang tepat. Dengan melihat kebutuhan keuangan yang diperlukan di masa pensiun. Salah satu caranya dengan melakukan investasi dalam rangka mengumpulkan uang pensiun.

6.Perlindungan dan jaminan kesehatan

Perlindungan dan jaminan kesehatan

Masa muda akan berbeda dengan masa tua ketika pensiun. Ketika masa pensiun mungkin anda sangat rentan menghadapi berbagai penyakit. Hal tersebut bisa menguras keuangan anda. Untuk itulah diperlukan jaminan kesehatan. Salah satu bentuk konkritnya adalah mengikuti asuransi kesehatan swasta komersial. Atau untuk asuransi kesehatan yang lebih murah bisa memilih BPJS Kesehatan yang diadakan oleh pemerintah.

7.Liburan keluarga

Liburan keluarga

Salah satu hal yang rutin dilakukan oleh kalangan kelas menengah adalah liburan. Mereka paling sedikit satu tahun sekali mengadakan liburan jalan-jalan ke luar negeri atau luar kota. Hal inilah yang menjadikan definisi dan ciri-ciri kelas menengah di Indonesia 2018. Sebab tidak semua orang bisa mengadakan acara liburan keluarga secara rutin ke luar negeri.

Baca Juga : 7 Tempat Liburan Musim Dingin Terbaik

Apabila anda mempunyai tujuh tanda-tanda di atas berarti sobat sudah termasuk kalangan kelas menengah di Indonesia dan bisa ditingkatkan lagi menjadi kalangan atas. Kalangan kelas menengah memiliki pendapatan yang sangat besar sehingga mampu membeli kendaraan bermotor, rumah, tabungan, melakukan investasi, mengadakan liburan, membayar biaya pendidikan anak, membiayai masa pensiun dan membayar biaya kesehatan.

 

Gaji Pas-Pasan Tapi Gaya Hidup Selangit, Tetap Bangga Menjadi Orang Indonesia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *