Ingin Melakukan Perjalanan Ke Luar Negeri? Inilah Tips Penggunaan Kartu Kredit Saat Travelling Ke Luar Negeri

Inilah Tips Penggunaan Kartu Kredit Saat Travelling Ke Luar Negeri

Tips Penggunaan Kartu Kredit Saat Travelling Ke Luar Negeri – Melakukan perjalanan ataupun travelling ke luar negeri bisa menjadi salah satu hiburan untuk melepas penat akan kesibukan aktivitas sehari-hari. Kita bisa merasakan suasana kota di luar negeri yang kita impikan untuk dikunjungi. Namun, sebelum memulai perjalanan, ada baiknya bila memikirkan budget yang akan dikeluarkan selama melakukan travelling. Misalnya seperti biaya penginapan, makan, transportasi, dan jalan-jalannya. Biasanya, untuk alasan kemudahan, banyak para traveller yang pergi keluar negeri menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayarannya. Terlebih lagi saat ini penggunaan kartu kredit bukanlah hal yang asing lagi, malah sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat menengah ke atas.

Ingin Melakukan Perjalanan Ke Luar Negeri

Selain itu, bila melakukan transaksi di luar negeri lebih aman menggunakan kartu kredit ketimbang membawa uang tunai yang berlebihan. Apalagi bila di negara tujuan rawan dengan kejahatan. Membawa uang banyak bisa menimbulkan resiko seperti pencopetan. Menggunakan kartu kredit juga bisa mempermudah transaksi dan ini jauh lebih praktis, sebab hanya tinggal gesek saja dan barang yang diinginkan bisa didapatkan. Namun, perlu diingat jangan terlalu berlebihan dalam berbelanja saat travelling ke luar negeri. Karena, bila sampai lepas kontrol, bisa-bisa tagihan kartu kreditnya akan membengkak di akhir liburan dan ini malah dapat menimbulkan masalah baru bila tak sanggup membayarnya. Memang, di balik kemudahannya, penggunaan kartu kredit di luar negeri untuk travelling juga dapat menimbulkan masalah bila tidak digunakan dengan bijaksana. Untuk itu, agar tidak terjadi masalah, anda perlu memperhatikan tips penggunaan kartu kredit saat travelling ke luar negeri.

Baca Juga : 7 Tempat Musim Dingin Terbaik

 Adapun tips penggunaan kartu kredit saat travelling ke luar negeri yang dapat anda jadikan perhatian untuk dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Pertama, ketahui biaya transaksi yang dikeluarkan. Pada umumnya bank penerbit kartu kredit mengenakan biaya transaksi non rupiah berkisar 1-3% dari nilai transaksi. Biaya transaksi tergantung dari kebijakan bank penerbit kartu kreditnya. Selain itu, harga nilai tukar mata uangnya pun juga biasanya lebih mahal. Sebaiknya, sebelum melakukan travelling ke luar negeri, anda mengetahui biaya transkasi no rupiah saat ini supaya nantinya tidak kaget dengan besarnya tagihan yang diterima.
  • Mengingat pada point pertama diatas, selanjutnya sebaiknya konsultasikan ke bank penerbit kartu kredit anda sebelum perjalanan dilakukan agar anda bisa mengetahui tentang biaya transaksi dan nilai kurs (tukar mata uang) yang digunakan. Sebaiknya pula ajukan kenaikan limit sementara agar nantinya saat melakukan travelling di luar negeri anda bisa lebih leluasa melakukan transaksi.
  • Berhubungan pula dengan point kedua diatas, jangan lupa untuk mengecek limit atau batas penggunaan kartu kredit yang anda miliki. Jangan sampai setibanya di luar negeri kartu anda tidak bisa digunakan karena kelebihan limit. Bila seperti itu, selain bisa membawa masalah kekurangan uang juga bisa memalukan bila terjadi di depan umum.
  • Jangan lupa periksalah tanggal berlaku kartu kreditnya yang dapat dilihat di depan kartu kreditnya. Ini mungkin hal sepele. Namun, bila diabaikan, terlebih lagi bila lupa tanggal berlakunya hampir habis, maka dapat menimbulkan masalah pula.
  • Tips penggunaan kartu kredit saat travelling ke luar negeri selanjutnya, saat melakukan transaksi untuk pembayaran di luar negeri, jangan lupa untuk selalu memperhatikan saat kartu kreditnya digesek pada mesin EDC (Electronic Data Capture). Anda harus waspada agar tidak mengalami penipuan dari pihak yang nakal. Jangan sampai terjadi penggesekan sebanyak dua kali.
  • Simpan nomor kartu kredit dan call center di tempat khusus untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.
  • Simpanlah bukti transaksi untuk dicocokkan dengan tagihan kartu kreditnya nanti. Bukti transaksi dapat digunakan sebagai klaim apabila anda merasa dirugikan, misalnya jika terjadi perbedaan tagihan.
  • Gunakan ATM yang aman bila mengharuskan melakukan penarikan uang tunai. Perlu diingat pula bahwa penarikan uang tunai akan dikenakan biaya transaksi dan jangan lupakan nomor PIN kartu kredit anda.
  • Jagalah kerahasiaan nomor PIN kartu kredit yang anda miliki.
  • Tips penggunaan kartu kredit saat travelling ke luar negeri yang penting lainnya adalah bijaksanalah dalam berbelanja. Perlu selalu diingat bahwa penggunaan kartu kredit sama dengan hutang yang nantinya harus dibayar saat tagihan bulanan datang. Sebaiknya prioritaskan membeli barang kebutuhan yang diperlukan. Perhatikan pula harga barang dan jasa yang dibeli. Ini untuk menghindari banyaknya tanggunggan yang harus dibayarkan nantinya.
  • Mengantisipasi hal-hal tak terduga dengan mempersiapkan kartu kredit lainnya.
  • Selalu membawa salinan kartu kredit dan kartu identitas. Jangan sampai anda lalai atau lupa. Bila tejradi hal yang tak terduga, adanya salinan tersebut dapat mempermudah dalam membuat laporan ke pihak yang berwajib.

Itulah tips penggunaan kartu kredit saat travelling ke luar negeri. Anda bisa mengingatnya dan menerapkannya saat anda melakukan perjalanan ataupun travelling ke luar negeri. Demikian yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

7 Tips Liburan Ala Backpacker Yang Harus Anda Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *