Inilah Ulasan Seputar Tips Sehat Menggunakan Kartu Kredit Bagi Pemula

Inilah Ulasan Seputar Tips Sehat Menggunakan Kartu Kredit Bagi Pemula

Tips Sehat Menggunakan Kartu Kredit – Di zaman dimana teknologi berkembang begitu pesat ini, ada banyak hal yang dapat kita gunakan untuk mempermudah kehidupan kita. Salah satu contohnya, untuk kemudahan dalam berbelanja, kita bisa menaggunakn yang namanya kartu kredit. Bagi masyarakat kalangan menengah ke atas tentunya sudah tak asing lagi dengan yang namanya kartu kredit. Malah, kartu kredit sudah menjadi bagian dari kebutuhan. Dengan menggunakan kartu ajaib ini, kita bisa berbelanja tanpa harus memegang uang tunai. Namun, karena kemudahan yang ditawarkan oleh kartu kredit tersebut, sering kali, bahkan banyak kasuus yang terjadi akibat dari ketidaktepatan dalam penggunaan kartu kredit, malah membuat masalah bagi pemegang kartu kreditnya sendiri dengan membuatnya mendapatkan masalah harus mengurus banyak tagihan yang muncul setelahnya dan membuatnya terlilit hutang yang menumpuk. Banyak orang yang gagal mengelola kartu kredit yang dimilikinya. Untuk itu, bagi anda para pemula yang baru memiliki kartu kredit perlu mengetahui tips sehat menggunakan kartu kredit. Tips-tipsnya tentu akan berguna bagi anda dalam mengelola kartu kredit yang  anda miliki.

tips sehat menggunakan kartu kredit

Sebelum ke tips sehat menggunakan kartu kredit, sebetulnya kita perlu menyadari bahwa semua transaksi yang telah dan akan kita lakukan dengan kartu kredit adalah hutang. sebab, setiap bulannya kita harus membayar tagihan yang datang atas penggunaan kartu kredit yang kita lakukan. Maka dari itu, bila kita memiliki kartu kredit, kita harus menggunakannya untuk keperluan yang penting saja. Jangan terlalu terbuai karena mentang-mentang memiliki kartu kredit bisa belanja apa saja. sebab, seperti yang dinyatakan di awal, itu semua akhirnya akan menjadi hutang yang harus kita bayarkan. Oleh sebab itu, kita harus berhati-hati dalam menggunakan kartu kredit.

Untuk anda para pemula yang memiliki kartu kredit, inilah tips sehat menggunakan kartu kredit yang bisa anda lakukan, yaitu:

  1. Jaga kerahasiaan data kartu kredit yang anda miliki dari orang lain. Hal ini penting dilakukan untuk mengantisipasi berbagai tindakan penyalahgunaan ataupun kejahatan seperti pembobolan yang bisa terjadi yang tentunya bisa merugikan anda di masa mendatang.
  2. Gunakan kartu kredit di tempat dan saat yang tepat. Maksudnya disini adalah, gunakan kartu kredit untuk kebutuhan yang penting-penting saja. Selain itu, biasanya setiap kartu kredit memiliki berbagai penawaarn dan diskon di waktu tertentu, misalnya bila ada promo. Saat itu, jangan lupa memanfaatkannya, sebab ini akan membantu anda berhemat dengan praktis. Anda bisa mengetahui berbagai penawaran yang disediakan oleh kartu kredit anda pada katalog yang biasanya dikirimkan bersamaan dengan datangnya tagihan bulanan anda. Tapi, perlu tetap diingat, gunakana penawarannya untuk hal-hal yang benar dibutuhkan yang sesuai dengan kemampuan keuangan anda.
  3. Telitilah saat melakukan transaksi, terutama saat melakukan transaksi secara online. Pilihlah tempat ataupun toko online yang terpercaya. Selain itu, selalu perhatikan dengan baik ketika penjaga kasir memegang kartu kredit anda dan melakukan penggesekan pada mesin EDC. Jangan sampai mereka menggesek kartu anda dua kali, apalagi bila dilakukan di mesin EDC yang berbeda.
  4. Hindari untuk melakukan tarik uang tunai, sebab biasanya setiap transaksi penarikan tunai dengan kartu kredit akan dikenakan biaya sebesar 4 % atau sekitar Rp. 50.000.
  5. Atur limit kartu kredit sesuai kemampuan keuangan anda. Sebaiknya atur dengan limit yang kecil agar pengeluaran bisa lebih diatur. Yang penting adalah sadari kemampuan keuangan anda dan gunakan kartu kredit dengan bijak.
  6. Berfikir panjanglah sebelum belanja agar tidak terjerat belanja hanya karena keinginan saja. Pikirkan dulu kegunaannya, apakah penting, bermanfaat, dan apakah harganya layak atau tidak.
  7. Pantau dan pakai point reward dari setiap point yang terkumpul setelah anda melakkukan belanja. Sebab, biasanya setelah jumlah poin terkumpul banyak, kita bisa menukarkannya dengan barang ataupun promo-promo menarik lainnya. Ini merupakan salah satu keuntungan dari kartu kredit. Namun, yang pasti anda harus memantau setiap point reward yang anda peroleh.
  8. Memiliki kartu kredit tidak perlu banyak-banyak. Maksimalnya 2 saja agar anda tidak dipusingkan dengan sejumlah tagihan dan tanggal pembayaran yang berbeda-beda.

Baca Juga : Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebagai Pengguna Kartu Kredit Pertama Kali

Tahu tips sehat menggunakan kartu kredit saja tidak cukup, tapi anda juga harus mengaplikasikannya agar keuangan anda bisa teratur dengan kebutuhan yang bisa terpenuhi. Anda juga perlu pintar dalam mengeluarkan uang dan menggunakan kartu kredit. Sebaiknya anda memiliki komitmen untuk menggunakan kartu kredit yang anda  miliki dengan baik dan bijak. Selain itu, hindari berhutang dengan disiplin membayar tagihan agar tidak terkena denda dan bunga yang lebih besar yang nantinya malah dapat beresiko memberatkan keuangan anda.

Itulah sekiranya yang dapat disampaikan mengenai tips sehat menggunakan kartu kredit. Semoga dapat bermanfaat.

5 Manfaat Kartu Kredit Bagi Nasabah Yang Perlu Diketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *