Perbedaan BPJS Dan Asuransi Kesehatan Swasta Komersial

Perbedaan BPJS Dan Asuransi Kesehatan Swasta Komersial

Salah satu kebutuhan utama manusia modern saat ini adalah asuransi. Dengan adanya asuransi mampu memberikan proteksi diri dari kerugian akibat kejadian tak terduga. Ada banyak jenis asuransi seperti asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kecelakaan, asuransi kesehatan dan lain sebagainya. Namun yang paling digemari orang saat ini adalah asuransi kesehatan.

Kesehatan merupakan hal nomor satu yang paling banyak diperhatikan orang. Sebab apalah arti jika hidup kaya raya namun badan dalam kondisi sakit. Oleh karenanya, biaya sebesar apapun rela dikeluarkan orang supaya badan sehat. Dan berbagai upaya dilakukan orang supaya badannya sehat dan bugar. Seperti makan buah-buahan dan sayuran, berolahraga secara rutin dan lain sebagainya. Tapi juga apabila semua usaha di atas telah dilakukan dengan baik sangat mungkin anda masih bisa sakit akibat sebab lain.

BPJS Kesehatan

Biaya pengobatan saat ini terbilang cukup mahal. Dari tahun ke tahun biaya pengobatan di rumah sakit semakin naik dan mahal. Apalagi biaya operasi. Hal ini tentu saja bagi yang mempunyai penghasilan terbatas tentu saja sangat merepotkan jika salah satu anggota keluarga sakit. Misalnya, isteri tercinta penulis diklaim menderita tumor. Kemudian untuk mengangkat tumor tersebut memerlukan biaya Rp 9 juta. Bagi penulis yang mempunyai penghasilan terbatas maka uang sebesar itu sulit didapatkan.

Baca Juga : Prinsip Keuangan Dengan Pola 10 20 30 40 Cara Unik Mengelola Keuangan

Di sinilah pentingnya sebuah asuransi kesehatan dalam bentuk BPJS ataupun asuransi kesehatan swasta komersil untuk memberikan perlindungan kesehatan maksimal dan meringankan biaya keuangan untuk pengobatan. Lalu manakah asuransi yang terbaik untuk meringankan biaya pengobatan kelak? Apakah asuransi kesehatan swasta komersial atau BPJS kesehatan yang harus dipilih? Untuk mengetahuinya secara lengkap, kita perlu memahami apa itu BPJS dan asuransi kesehatan swasta beserta manfaat dan kesulitannya.

Perbedaan BPJS Dan Asuransi Kesehatan Swasta Komersial

Anda tentu sudah mengenal BPJS kesehatan yang dikenal sebagai asuransi kesehatan yang diluncurkan pemerintah diperuntukkan bagi seluruh rakyat Indonesia dengan biaya terjangkau. BPJS bersifat tolong menolong. Asuransi kesehatan yang dikelola oleh lembaga pemerintah ini mempunyai premi bulanan yang sangat murah berdasarkan kelas yang dipilih. Dengan premi bulanan yang cukup murah membuat banyak orang di tanah air yang telah menjadi anggota atau pengguna BPJS kesehatan.

BPJS_Kesehatan

Dengan adanya BPJS kesehatan premi murah membuat banyak orang terheran-heran apakah asuransi kesehatan swasta komersial masih dibutuhkan saat ini. Mengingat fungsinya yang hampir sama sebagai asuransi kesehatan. Namun berdasarkan pengamatan dan penelitian penulis, asuransi kesehatan swasta komersial masih tetah dibutuhkan walaupun seseorang telah mempunyai BPJS kesehatan. Disebabkan BPJS dan asuransi kesehatan swasta memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing yang saling melengkapi.

BPJS merupakan jenis asuransi yang melengkapi asuransi yang telah ada. Seperti asuransi ASKES yang diperuntukkan bagi ABRI dan pegawai negeri. Hingga ada asuransi kesehatan swasta komersial. Dengan banyaknya jenis asuransi membuat kita masyarakat lebih banyak pilihan. Jika sobat bukan PNS ataupun karyawan swasta yang tak memiliki fasilitas asuransi kesehatan dari tempat bekerja (kantor) maka sobat wajib untuk mengikuti asuransi kesehatan untuk melindungi biaya berobat yang semakin tinggi.

Asuransi Kesehatan Swasta Komersial

Anda pastinya akan kebingungan antara memilih asuransi kesehatan swasta seperti Manulife, Allianz atau BPJS. Manakah yang paling baik? Hal ini tentu saja berbeda-beda sesuai kebutuhan masing-masing.

BPJS singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ditetapkan berdasarkan Undang Undang No 24 Tahun 2011 yang melayani dua fasilitas asuransi yakni asuransi tenaga kerja dan asuransi kesehatan. Untuk peserta BPJS Kesehatan yaitu semua orang warga negara Indonesia yang sudah membayar premi bulanan.

Sementara itu, bagi para peserta BPJS Kesehatan akan mendapatkan beberapa fasilitas pelayanan, antara lain :

  1. Pelayanan Rehabilitatif dan Kuratif. Yang meliputi bahan medis, obat, rawat inap di ruangan non intensif dan intensif, dan rawat jalan dengan fasilitas dokter spesialis atau subspesialis.
  2. Pelayanan Preventif dan Promoti yang meliputi skrining kesehatan, keluarga berencana, imunisasi campak dan polio, dan penyuluhan.
  3. Fasilitas non medis berupa ambulans dan akomodasi

Untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan maka anda bisa mendaftar secara langsung di kantor BPJS Kesehatan terdekat atau mendaftarkan diri secara online melalui website resmi BPJS. Setelah mendaftar kemudian diwajibkan untuk membayar premi sehingga memperoleh kartu peserta BPJS Kesehatan.

Ada perbedaan BPJS dan asuransi kesehatan swasta komersial, antara lain :  BPJS mempunyai iuran premi sangat murah sekitar puluhan ribu perbulan dibandingkan asuransi kesehatan swasta yang bisa mencapai Rp 300 ribu perbulan. Adapun yang menjadi kekurangan untuk mendaftar sebagai peserta BPJS memerlukan proses dan antrian yang panjang dan banyak rumah sakit yang tak bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Sedangkan asuransi kesehatan swasta pembuatannya sangat mudah, tidak berbelit, cepat dan semua rumah sakit menerima asuransi kesehatan swasta.

Pengertian Manajemen Risiko Keuangan Pribadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *